free page hit counter

Cara Kredit HP di Lazada Lewat Alfamart: Syarat & Cara

Artikel diperbarui pada 9 Januari 2023.

Lazada PayLater menawarkan layanan kredit dengan syarat yang tidak ribet dan limit cukup besar. Cara kredit HP di Lazada lewat Alfamart ini menjadi solusi bagi pengguna yang tidak memiliki rekening.

Proses pembayarannya cukup cepat dan ditangani oleh kasir. Tentu pengguna harus mengikuti prosedurnya dengan tepat sebelum memilih metode pembayaran. Hal ini karena setiap metode pembayaran memiliki prosedur berbeda yang harus diikuti.

Pembayaran melalui Alfamart atau minimarket ini bisa dilakukan untuk transaksi pembelian serta membayar tagihan. Pengguna juga berkesempatan memperoleh promo diskon maupun cashback yang menguntungkan.

Inilah pembahasan selengkapnya mengenai cara kredit HP di Lazada dengan pembayaran via Alfamart sebagai berikut:

Mengenal Lazada PayLater

Lazada diketahui sebagai e-commerce yang menyediakan sistem pay later untuk memudahkan pengguna saat berbelanja. Lazada PayLater merupakan layanan pembayaran menawarkan sistem kredit tanpa kartu.

Nantinya pengguna akan mendapat limit kredit yang dipakai untuk mencicil pembelian di Lazada, termasuk HP. Besaran limit tersebut biasanya berbeda-beda tergantung aktivitas pengguna di Lazada. Pengguna juga bisa menaikkan limitnya dengan syarat tertentu.

Syarat untuk menaikkan limit kredit biasanya dilihat dari seringnya bertransaksi, membayar cicilan tepat waktu, dan lainnya. Selain itu, tenor cicilan yang berikan mulai dari 3, 6 hingga 12 bulan.

Bunga yang ditawarkan juga tidak besar, sehingga tidak memberatkan pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui cara kredit HP di Lazada lewat Alfamart setelah mendapat limit.

Syarat dan Cara Mendaftar Lazada PayLater

Pengguna diminta untuk mengaktifkan Lazada PayLater terlebih dahulu jika ingin memanfaatkan fiturnya. Syaratnya pun cukup sederhana yaitu dengan menunjukkan KTP serta melakukan foto selfie. Tentunya pengguna harus aktif bertransaksi di Lazada.

Pengguna bisa saja tidak disetujui apabila tidak mengikuti persyaratan serta gagal dalam proses verifikasi. Nantinya pengguna harus menunggu dalam jangka waktu tertentu agar dapat mendaftar PayLater kembali.

Cara mendaftarnya pun tidak rumit cukup membuka aplikasi Lazada di ponsel terlebih dahulu. Kemudian, pilih menu “Dompet Akun Saya” di bagian Beranda. Setelah itu, tekan opsi “Lazada PayLater” dan tekan “Mendaftar” untuk mulai mengaktifkannya.

Selanjutnya, masukkan informasi identitas diri serta melakukan verifikasi foto dengan jangka waktu sekitar 24 jam. Proses verifikasi ini dilakukan dengan menunjukkan foto selfie, KTP serta berfoto bersama KTP agar permohonan disetujui.

Pengguna akan menerima notifikasi serta limit kredit apabila permohonan disetujui. Persyaratan dan ketentuan ini harus diperhatikan supaya cepat memperoleh limit serta melakukan kredit di Lazada PayLater.

Cara Membeli HP dengan Lazada PayLater

Setelah menyelesaikan pendaftaran, pengguna akan mendapat limit yang dapat dipakai untuk berbelanja di Lazada. Pengguna juga bisa menggunakannya untuk kredit HP maupun alat elektronik lain. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diikuti, antara lain:

  • Buka aplikasi Lazada dan masuk ke akun yang sudah terdaftar. Pastikan pengguna telah mengaktifkan Lazada PayLater serta memperoleh limit kredit.
  • Selanjutnya, pilih barang yang hendak dibeli misalnya HP dengan tipe dan merk yang diinginkan.
  • Kemudian, masukkan informasi seperti nama penerima, alamat, nomor ponsel serta jasa pengiriman yang dipilih.
  • Lanjutkan dengan menentukan metode pembayaran dan pilih opsi “PayLater” serta tekan “Buat Pesanan” untuk memprosesnya.
  • Setelah itu, pengguna dapat memilih tenor pembayaran cicilan mulai dari 1-9 bulan.
  • Terakhir, tinggal klik opsi “Konfirmasi” untuk menyelesaikan proses pembelian.

Cara Kredit HP di Lazada Lewat Alfamart

Setelah barang sampai pengguna harus membayar tagihan di bulan selanjutnya sesuai tenor cicilan. Pengguna diberi kemudahan untuk membayarnya melalui ATM, m-banking, e-wallet hingga minimarket. Berikut ini tutorial cara kredit HP di Lazada lewat Alfamart, yaitu:

  • Langkah pertama, jalankan aplikasi Lazada, lalu login dengan email serta kata sandi yang terdaftar.
  • Selanjutnya, pergi ke menu “Akun” yang berada di bawah sebelah kanan.
  • Kemudian, buka opsi “Lazada Kredit” yang berisi informasi mengenai limit dari barang yang dibeli.
  • Tekan “Limit PayLater” untuk membayar cicilan HP. Pengguna juga dapat mengecek cicilan yang sudah jatuh atau belum pada menu “Tagihan Belum Ditagih”.
  • Setelah itu, pengguna akan mengetahui nominal tagihan yang harus dibayar. Pengguna bisa mengklik opsi “Percepat Pelunasan” jika ingin mempersingkat masa cicilan.
  • Nantinya pengguna akan otomatis menerima rincian tagihan, lalu tekan “Continue” untuk memilih metode pembayaran. Pengguna bisa memilih m-banking, ATM, OVO, Indomaret, Alfamart, dan lainnya.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi “Alfamart” dan tekan tombol “Buat Pesanan”.
  • Pengguna biasanya akan mendapat kode bayar yang bisa disimpan untuk ditunjukkan kepada kasir.
  • Jika sudah menunjukkan kodenya, kasir akan memeriksa tagihan serta menerima uang sesuai nominal yang tertera.
  • Terakhir, kasir akan memberikan struk pembayaran sebagai bukti bahwa transaksi selesai dilakukan.

Kelebihan Menggunakan Lazada PayLater

Lazada PayLater banyak dipilih sebagai alternatif untuk kredit tanpa kartu. Fitur ini memiliki sejumlah kelebihan yang bisa digunakan setelah diaktifkan. Berikut ini kelebihan dari fitur Lazada PayLater yang wajib diketahui, antara lain:

1. Proses Pendaftaran Mudah dan Cepat

Pengguna dapat mengaktifkan Lazada PayLater langsung melalui aplikasi maupun mitra seperti Kredivo. Pengguna cukup pergi ke menu Lazada Credit untuk mengaktifkannya. Setelah itu, tinggal ketikkan nomor ponsel untuk verifikasi dengan kode OTP.

Lalu, pengguna diminta mengisi data penting seperti nama, alamat, kontak darurat, pekerjaan serta mengunggah foto KTP. Pengajuan aktivasi Lazada PayLater akan segera diproses dalam waktu kurang lebih 24 jam.

Pengguna juga dapat mengajukannya lewat Kredivo dengan syarat dan ketentuan yang tidak jauh berbeda. Pastikan pengguna sudah memiliki akun di Kredivo, berstatus WNI dan minimal berusia 18 tahun.

Selain itu, pengguna harus memiliki penghasilan tetap minimal sekitar Rp3 juta tiap bulan. Informasi tersebut dapat ditunjukkan dengan mengunggah foto NPWP. Proses pengajuan biasanya berlangsung 24 jam tanpa survei.

2. Bunga Ringan

Lazada PayLater menawarkan cicilan dengan bunga 0% yang memberikan keuntungan. Bunga 0% ini bisa digunakan untuk cicilan 30 hari maupun 3 bulan. Pengguna dapat melakukan transaksi minimal Rp500.000 untuk pilihan cicilan 3 bulan.

3. Limit Kredit Cukup Tinggi

Pengguna bisa mendapat limit kredit lebih besar dengan menggunakan Lazada PayLater. Pastinya pengguna harus rajin bertransaksi serta membayar tagihan tepat waktu untuk meningkatkan limit. Bahkan pengguna berkesempatan mendapat limit maksimal Rp30 juta.

Demikian pembahasan tentang cara kredit HP di Lazada lewat Alfamart. Metode pembayaran melalui minimarket seperti Alfamart ini bisa menjadi alternatif terbaik. Jadi, pengguna dapat tetap bertransaksi meski tidak mempunyai rekening.

Pembayaran melalui Alfamart juga cukup praktis dan prosesnya. Pengguna hanya perlu menunjukkan kode bayar dari transaksi yang berhasil dilakukan. Setelah itu, kasir akan mengecek kode tersebut dan pengguna bisa langsung membayarnya sesuai nominal.

Kasir akan memberikan struk jika pembayaran berhasil dilakukan. Tentunya pengguna harus memperhatikan syarat serta ketentuan sebelum menggunakan metode pembayaran di Alfamart.

Perhatikan pula langkahnya untuk menghindari kesalahan saat transaksi. Terakhir, usahakan untuk menyimpan struk pembayaran jika dibutuhkan.