free page hit counter

Cara Kredit Motor Bekas Di FIF, Syarat Dan Keuntunganya

Artikel diperbarui pada 6 Januari 2023.

FIF merupakan instansi yang menawarkan jasa kredit barang yang salah satunya adalah motor bekas. Oleh karena itu, banyak juga orang yang ingin tahu cara kredit motor bekas di FIF sebelum melakukan kredit motor di FIF.

Harga motor yang terbilang tinggi membuat tidak sedikit orang yang tidak mampu membelinya secara cash dan baru. Oleh karena itu, tidak sedikit pula yang memilih untuk membeli motor bekas secara kredit di FIF.

FIF adalah suatu institusi yang menyediakan layanan kredit sepeda motor bekas. Selain motor bekas, di FIF juga bisa kredit barang rumah tangga lainnya. Berikut ulasan tentang cara kredit motor di FIF antara lain:

Syarat Yang Harus dipenuhi Agar Bisa Kredit Motor Bekas Di FIF

Untuk dapat melakukan kredit pasti orang yang dipilih adalah yang memiliki kualifikasi yang cocok dan dapat dipercaya oleh instansi. Oleh karena itu, setiap instansi perkreditan pasti membuat syarat sebagai patokan kriteria yang harus dipenuhi.

Menentukan kriteria tertentu agar bisa melakukan kredit juga dilakukan oleh FIF. Berikut ini adalah syarat seseorang diperbolehkan kredit motor bekas di FIF antara lain:

  • Orang yang mendaftar kredit harus terdaftar sebagai warga negara Indonesia.
  • Minimal usia saat memulai kredit 25 tahun, atau maksimal usia saat kredit selesai 55 tahun.
  • Punya penghasilan bulanan yang tetap.
  • Salinan dari kartu keluarga serta fotocopy dari kartu tanda penduduk.
  • Melampirkan slip gaji serta bukti pembayaran listrik.
  • Memenuhi pembayaran uang muka sesuai dengan yang ditentukan.

Cara Mendaftar FIF Agar Bisa Kredit Motor Bekas

Sebelum bisa melakukan kredit motor bekas di FIF, harus terlebih dahulu terdaftar di FIF. Untuk itu, perlu dilakukan pendaftaran terlebih dahulu di FIF baru bisa mulai mencari dan memilih motor bekas yang sesuai untuk dibeli.

Jika belum mendaftar di FIF maka proses kredit motor bekas tidak bisa dilanjutkan dan harus mengulang ke proses daftar dahulu. Berikut ini adalah cara mendaftar di FIF agar bisa kredit di FIF antara lain:

  • Pendaftaran dilakukan secara online sehingga langkah yang paling awal adalah mengunjungi website FIF.
  • Pada website FIF kemudian carilah tautan yang akan menuju ke pengajuan pinjaman.
  • Setelah masuk ke tautan tersebut, kemudian akan diarahkan ke halaman formulir yang mengharuskan untuk mengisi data-data. Isilah formulir tersebut dengan benar.
  • Setelah mengisi formulir, unggah lah berkas yang diminta sebagai syarat pendaftaran.
  • Kirim dan tunggulah proses konfirmasi dari FIF. Apabila konfirmasi selesai bisa saja akan ada agen FIF yang menghubungi.
  • Kredit motor bekas bisa dimulai ketika pendaftaran sudah disetujui.

Tips Mendapatkan Motor Bekas Yang Bagus Di FIF

Setiap motor yang dibeli pasti diharapkan bisa digunakan untuk jangka panjang oleh pemiliknya. Begitu juga dengan motor bekas yang dibeli di FIF. Oleh karena itu, pemilihan motor bekas di FIF juga harus dilakukan dengan cermat.

Dalam pemilihan motor yang mau dibeli dari FIF, terdapat beberapa tips agar motor yang dipilih tidak mengecewakan pembeli. Berikut cara memilih motor bekas yang bagus di FIF antara lain:

1. Memastikan Motor Masih Punya Berkas Yang Lengkap

Sebagian motor yang dijual secara bekas memang ada yang sudah tidak memiliki berkas yang lengkap. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika dalam membeli motor bekas bisa mendapatkan motor yang masih memiliki berkas surat yang lengkap.

2. Memeriksa Kondisi Motor

Selain kelengkapan berkas surat kendaraan, kondisi fisik motor juga perlu diperiksa. Hal ini bertujuan agar calon pembeli dapat memperkirakan apakah keadaan motor memang masih bagus atau sudah banyak yang membutuhkan perbaikan.

3. Membandingkan Harga Dari Motor-motor Yang Ditawarkan

Harga yang ditetapkan untuk setiap motor pasti juga disesuaikan dengan kualifikasi motor tersebut. Oleh karena itu, pembeli harus bisa memperkirakan motor dengan kondisi terbaik dan memiliki harga yang paling sesuai.

4. Minta Test Drive Untuk Lebih Mengetahui Kondisi Motor Ketika Digunakan

Setelah kondisi fisik motor sudah diperiksa, kondisi mesin juga tidak kalah penting untuk diperiksa. Oleh karena itu, pembeli juga perlu meminta tes kendaraan pada saat dikendarai sehingga dapat mengetahui kondisi mesin motor.

Cara Kredit Motor Bekas Di FIF

Calon pembeli harus tahu cara kredit motor bekas di FIF untuk mengetahui gambaran proses kredit motor di FIF. Dengan demikian, ketika melakukan pengajuan kredit calon pembeli motor telah mendapatkan gambaran jenis kredit yang akan dipilih.

Untuk mengajukan kredit motor bekas di FIF, tidak akan ada kesulitan berarti jika segala syarat sudah terpenuhi. Berikut cara kredit motor bekas di FIF antara lain:

  • Masuklah terlebih dahulu ke website FIF dan pastikan telah terdaftar sebagai anggota di FIF.
  • Input ciri yang memuat informasi motor yang akan dibeli.
  • Kemudian isi data-data diri dari yang mengajukan kredit.
  • Setelah itu pilihlah jenis kredit serta lakukanlah pembayaran uang muka sesuai dengan yang ditentukan.
  • Tunggu proses persetujuan dari FIF, jika FIF menyetujui pengajuan kredit yang diajukan maka FIF akan memberikan kode untuk mengakses pembelian motor di aplikasi FIF.
  • Setelah proses transaksi selesai dilakukan, motor bekas yang dibeli pun bisa didapatkan dan sudah bisa digunakan oleh pembeli.

Keuntungan Melakukan Kredit Motor Bekas Di FIF

Kredit motor bekas yang dilakukan di FIF tidak hanya menawarkan keuntungan bagi pihak FIF saja. Hal ini karena mulai dari sistem hingga metode kredit FIF lebih menguntungkan pembeli daripada mengajukan kredit motor di tempat lain.

FIF hadir menjadi sebuah instansi yang membantu banyak orang bisa memiliki motor dengan cara yang tidak sulit. Berikut adalah berbagai keuntungan yang bisa didapatkan oleh siapa saja yang kredit motor bekas pakai FIF antara lain:

  • FIF memberikan pajak yang lebih rendah dari instansi kredit motor lainnya.
  • Motor yang dibeli secara kredit dari FIF bisa langsung digunakan ketika kredit sudah disetujui.
  • Jenis dan kualifikasi motor bekas yang dijual di FIF masih berkualitas bagus seakan seperti masih baru.
  • Harga yang ditawarkan untuk setiap motor yang dijual di FIF memiliki harga yang lebih murah. Dengan demikian, cicilan kredit pun pastinya akan lebih ringan.
  • Syarat yang ditetapkan bagi oengaju kredit tidak sulit untuk dipenuhi.
  • Pembayaran sangat mudah dan semua motor yang dijual telah didaftarkan asuransi resmi.

Demikian penjelasan mengenai FIF dan cara kredit motor bekas di FIF. Informasi tersebut akan membantu siapa saja yang ingin kredit motor agar lebih mengenal FIF dan tahu apa saja syarat yang dipersiapkan sebelum kredit motor.

Kredit motor yang dilakukan melalui FIF akan mudah dijangkau oleh masyarakat Indonesia. Metode kredit serta pembayaran dari kredit motor bekas di FIF akan dapat dengan mudah dijalani oleh siapa saja yang kredit motor di FIF.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan kredit motor bekas di FIF juga tidak terlalu menyulitkan. FIF juga menyediakan banyak pilihan motor bekas yang masih bagus dengan penawaran harga yang masih sesuai dengan keadaan motor.