free page hit counter

Cara Kredit HP di Shopee Lewat Indomaret yang Ternyata Mudah Banget

Artikel diperbarui pada 12 Januari 2023.

Sekarang cara kredit hp di shopee lewat indomaret sangat mudah dilakukan. Metode ini membantu bagi masyarakat yang ingin memiliki HP dengan cara kredit namun tidak memiliki rekening bank. Lokasi gerai Indomaret yang menjamur juga membuat pembayaran semakin mudah.

Shopee menjadi platform yang populer dan menyediakan berbagai keperluan masyarakat, dari barang elektronik seperti HP hingga kebutuhan sehari-hari dan makanan pokok. Jenis pembayarannya pun sangat dimudahkan, apalagi sekarang bisa pembelian secara kredit.

Mungkin sebagian orang belum memahami bagaimana pembelian HP secara kredit lewat Shopee dan apa saja syaratnya. Untuk itu, berikut akan dibahas tutorial pembelian kredit lengkap dengan informasinya. Yuk, mari disimak disini!

Syarat Kredit HP di Shopee Via Indomaret

Sebelum membahas cara kredit HP di Shopee lewat Indomaret, ada syarat dan ketentuan yang harus diketahui pembeli jika ingin membeli HP secara kredit. Beberapa persyaratan harus dipenuhi agar proses berjalan dengan lancar. Berikut syaratnya:

  • Mengaktifkan Shopeepay Later dengan mensubmit KTP dan juga foto sebagai verifikasi.
  • Limit yang didapatkan dari Shopee Pay Later cukup atau melebihi harga HP yang ingin dibeli.
  • Akun yang dimiliki telah terverifikasi dan rajin melakukan pembelian barang melalui Shopee.
  • Pilih toko yang dapat menerima pembayaran Paylater.
  • Internet yang dimiliki lancar dan tidak lag.

Biaya dan Bunga Cicilan Kredit Barang di Shopee

Jika melakukan pembelian secara kredit di Shopee melalui Paylater, tentunya terdapat biaya penanganan serta bunga yang dikenakan dalam transaksinya. Agar dapat mengukur kemampuan bayar, sebaiknya pengguna mengetahui tingkat bunga yang dikenakan. Berikut ulasannya:

1. Beli Sekarang Bayar Nanti

Cara pembelian paylater yang pertama yaitu membeli barang sekarang, bayarnya di bulan depan. Jika pengguna mengambil cara pembayaran ini, maka bunga yang dikenakan adalah 0%, hanya terkena biaya penanganan saja.

Untuk persentase biaya tersebut adalah 1% dari nilai barang yang dibeli. Contohnya, HP yang dibeli seharga Rp 4.250.000,- berarti jumlah biaya penanganan yang ditanggung adalah Rp 42.500,-. Untuk jumlah pembayaran di bulan depan menjadi Rp 4.292.500,-.

2. Pembelian HP dengan Cicilan

Selain program beli sekarang bayar nanti, pembelian HP secara kredit juga bisa dilakukan dengan cara mencicil dengan jangka waktu 3, 6, atau 9 bulan. Untuk transaksi ini, pengguna akan dikenakan bunga 2,95% setiap bulan.

Perhitungan cicil beberapa bulan ini tentunya berbeda dengan pembelian yang pembayarannya bulan selanjutnya. Anggap harga HP yang dibeli sama, yaitu Rp 4.250.000,- dan dicicil 3 bulan. Transaksi ini juga akan terkena biaya penanganan, sehingga perhitungannya seperti ini:

  • Biaya penanganan 1% dari harga pokok, berarti Rp 4.250.000,- dikali 1% menjadi Rp 42.500,-.
  • Untuk pembayaran cicilan, karena mengambil tenor 3 bulan, maka cicilan per bulan yaitu Rp 4.250.000,- dibagi 3 sama dengan Rp 1.416.666,67,- setiap bulan.
  • Bunga yang dikenakan dari setiap cicilannya: 2,95% x Rp 4.250.000,- = Rp 125.375,-.
  • Sehingga jika di total, seluruh jumlah cicilan setiap bulan pembeli harus membayar Rp 1.416.666,67 + Rp 125.375,- = Rp 1.542.041,67,-.

Melakukan Kredit HP di Shopee Lewat Indomaret

Setelah mengetahui persyaratan serta simulasi cicilan, pembahasan selanjutnya adalah bagaimana cara kredit HP di Shopee lewat Indomaret. Berbeda dengan pembayaran lewat ATM yang agak ribet, pembayaran melalui Indomart sangatlah mudah. Berikut tutorialnya:

1. Mengaktifkan Spaylater

Sebelum melakukan pembelian secara kredit, pengguna perlu mengaktifkan Spaylater terlebih dahulu. Hal dilakukan supaya pengguna bisa menikmati layanan cicilan. Untuk pengaktifan, pengguna bisa mengikuti langkah berikut:

  • Pastikan pemakaian aplikasi Shopee untuk berbelanja minimal 3 bulan.
  • Tekan gambar profil Shopee yang berada di bagian bawah tampilan, kemudian pilih menu Spaylater.
  • Selanjutnya, sistem akan meminta pengguna mengunggah KTP serta pas foto sebagai verifikasi.
  • Jika sudah, tunggu beberapa menit, dan Spaylater akan aktif lengkap dengan jumlah limit yang bisa dibelanjakan.

2. Memilih Perangkat HP yang Akan Dibeli

Setelah Spaylater aktif, pengguna sudah dapat menikmati layanan cicilan dengan berbagai jangka waktu, mulai dari pembayaran langsung di bulan depan atau mencicil selama 3 bulan, 6, hingga 1 tahun. Bagi pemula, berikut tata caranya:

  • Buka Aplikasi Shopee, kemudian lakukan pencarian HP yang ingin dibeli pada kolom search.
  • Masukkan merk dan jenis HP, kemudian akan muncul beberapa toko yang menjual HP tersebut.
  • Selanjutnya, pilih gambar yang diinginkan, lalu tekan Beli.
  • Kemudian pilih metode pembayaran, tekan opsi Spaylater sebagai pembayaran lalu pilih jangka waktu cicilan.
  • Masukkan alamat pengiriman, lalu tekan Checkout, dan tunggu hingga barang sampai ke rumah.

3. Melakukan Pembayaran Lewat Indomaret

Setelah mengetahui cara memesan barangnya, selanjutnya pengguna perlu melakukan pembayaran cicilan lewat Indomaret. Metode pembayaran ini cukup memudahkan karena dilakukan secara tunai dengan bantuan petugas. Lantas, bagaimana membayarnya? Perhatikan langkah berikut:

  • Cek pembayaran Spaylater yang akan jatuh tempo melalui akun Shopee.
  • Setelah itu, akan muncul jumlah cicilan perbulan sesuai jangka waktu yang sudah dipilih, kemudian tekan bayar.
  • Pilih pembayaran melalui Indomaret, kemudian akan muncul kode pembayarannya.
  • Berikan kode tersebut kepada petugas kasir Indomaret, dan berikan uang tunai sejumlah pembayaran yang ada ditambah biaya admin Rp 1.500,-.
  • Pembayaran pun selesai dilakukan dan pembayaran cicilan selanjutnya dapat dilakukan dengan langkah yang sama.

Keuntungan Menggunakan Fasilitas Kredit di Shopee Melalui Shopeepay Later

Setelah mengetahui cara kredit HP di Shopee lewat Indomaret, pengguna setia platform ini tentu perlu mengetahui keuntungan atau kelebihan lainnya dari layanan kredit ini. Selain mudah pengaktifannya, syarat yang perlu diajukan tidak terlalu sulit.

Pengguna hanya perlu memasukkan foto dan KTP sebagai verifikasi data. Proses yang cepat pun menjadi keunggulan dari program Shopee ini. Kira-kira, kelebihan apalagi yang dimilikinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya disini!

  • Dapat dimanfaatkan ketika kondisi sedang mendesak dan limit yang akan bertambah jika sering berbelanja menggunakan metode cicilan.
  • Pengguna tidak perlu memberikan jaminan untuk cicilan yang dilakukan.
  • Cicilan dapat dilakukan 3 hingga 12 kali pembayaran.
  • Bunga yang diberikan tidak terlalu tinggi.
  • Dapat memilih tanggal jatuh tempo cicilan barang yang dibeli.
  • Bisa melakukan pembayaran lewat berbagai platform, mulai dari transfer bank hingga minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.
  • Biaya penanganan rendah, yaitu 1% dari harga pokok barang yang dibeli.
  • Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan bekerja sama dengan perusahaan yang terdaftar di sana.

Itulah cara kredit HP di Shopee lewat Indomaret yang ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Pilihan pembelian barang secara kredit ini tentunya memudahkan para pengguna Shopee untuk membeli kebutuhan tanpa jaminan yang ribet.

Proses yang cepat dan langsung tertera pilihan pembayaran kredit, pengguna tidak perlu berpindah-pindah aplikasi untuk melakukan konfirmasi. Selain itu, limit kredit yang diberikan bisa bertambah seiring dengan seberapa sering melakukan pembelian di platform ini.

Shopee juga memberikan keleluasaan dalam berapa lama cicilan yang akan dilakukan, mulai dari 1 bulan hingga satu tahun. Tidak hanya Indomaret, pembayaran cicilan juga bisa dilakukan melalui metode lain, seperti transfer bank, mobile banking, Shopeepay, dan dompet virtual lainnya.