free page hit counter

Ketahui Cara Cicil di Shopee Tanpa Kartu Kredit Dengan Mudah Dan Cepat

Artikel diperbarui pada 4 Januari 2023.

Baru-baru ini shopee memberikan fitur paylater bagi penggunanya, cara cicil di shopee tanpa kartu kredit juga mudah dilakukan. Pengguna hanya diharuskan untuk mempunyai akun dan mengaktifkan fitur paylater tersebut. Tentunya fitur ini akan sangat membantu dalam beberapa kondisi.

Sederhananya paylater ini bisa dikatakan hutang dalam transaksi, namun memiliki sistem online. Oleh sebab itu biasanya pemula masih belum mengerti apa itu paylater. Namun pastinya akan ada biaya admin apabila menggunakan sistem pembayaran ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Shopee Paylater

Cara cicil di shopee tanpa kartu kredit ini juga memiliki kelebihan serta kekurangan yang harus dipahami. Beberapa kelebihannya yakni tidak membutuhkan waktu lama dalam transaksi yang dilakukan, tenor pembayaran juga lama bisa sampai 12 bulan.

Selain itu terdapat banyak promo yang muncul, namun kekurangannya bisa membuat pengguna kalap dan terlilit hutang. Otomatis pengguna memang harus memiliki kesadaran penuh saat transaksi paylater ini agar tidak kesulitan nantinya.

Pengguna yang memiliki track record pembayaran yang macet maka akan berpengaruh pada status BI checking. Hal tersebut nantinya berpengaruh pada pengajuan pinjaman pada bank lainnya.

Cara Aktivasi Kredit Shopee

Hanya pengguna aktif shopee saja yang bisa menikmati fitur cicilan ini, tentunya memang dikhususkan untuk pengguna marketplace shopee. Ada beberapa syarat harus terpenuhi salah satunya yakni punya akun yang telah terverifikasi.

Selain itu akun shopee yang digunakan telah berstatus aktif minimal sekitar 3 bulan dari pembuatan akun. Pengguna yang aktif berbelanja maka akan punya kesempatan untuk mengaktifkan dan menikmati fitur cicilan ini. Pembaharuan sistem juga diperlukan untuk mengaktifkan fitur ini.

  • Pertama buka aplikasi shopee yang telah selesai dan terdaftar.
  • Selanjutnya alihkan pada akun yang berada pada pojok bawah aplikasi shopee.
  • Cari dan klik menu aktifkan sekarang untuk memulai prosesnya.
  • Kemudian pihak aplikasi shopee akan mengirimkan pesan konfirmasi lewat sms, berbentuk kode verifikasi.
  • Pengguna akan diminta untuk mengupload foto ktp yang dimiliki.
  • Selanjutnya isi identitas diri mulai dari nama, nomor ktp dan klik konfirmasi.
  • Kemudian bisa lanjutkan proses pengisian biodata pada informasi tambahan, lanjutkan dengan klik konfirmasi.
  • Aplikasi akan meminta pengguna dalam melakukan swafoto dengan tujuan verifikasi.
  • Selanjutnya pengguna perlu untuk menunggu proses pengajuan.
  • Tanda shopee paylater aktif maka menu tersebut akan muncul pada aplikasi shopee yang digunakan.

Cara Cicil Shopee Yang Bisa Dilakukan Tanpa Kartu Kredit

Selanjutnya untuk cara cicil di shopee tanpa kartu kredit ini bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa kesulitan yang berarti. Ada sekitar 5 cara yang bisa dilakukan untuk mencicil angsuran atau cicilan yang dimiliki.

Pengguna akan dimanjakan untuk membeli barang yang diinginkan namun tidak harus membayar pada saat itu. Otomatis pengguna juga tidak perlu repot menggunakan kartu kredit juga untuk transaksi pembayarannya. Oleh sebab itu pengguna tentu harus punya rem saat berbelanja.

1. Memakai Pembayaran Lewat Bank

Pengguna bisa melakukan cara ini untuk mencicil tanggungan yang ada di shopee. Tentunya cara ini cukup familiar dan tergolong sangat mudah, pengguna hanya perlu datang pada teller atau atm. Dengan begitu aktivitas mencicil akan terselesaikan.

Seluruh bank yang ada di Indonesia ini mayoritas sudah bisa digunakan pada shopee dan bisa dimanfaatkan. Dengan menyicil lewat shopee tanpa kartu kredit ini akan menghindarkan pengguna dari bunga yang tinggi. Tentunya resiko rugi kecil kemungkinannya.

  • Pengguna tentu harus menginstall aplikasi shopee terlebih dahulu.
  • Kemudian apabila telah selesai instalasi aplikasi, maka bisa lanjutkan membukanya.
  • Setelah itu pilih menu akun atau profil, cari pilihan shopee paylater.
  • Didalamnya akan muncul rincian hutang yang harus dibayar beserta tempo waktunya.
  • Klik bayar sekarang untuk memulai proses pembayaran.
  • Lanjutkan dengan memilih metode pembayaran, dan tentukan bank yang diinginkan.
  • Kemudian aplikasi akan memunculkan virtual account untuk transaksi pembayaran.
  • Pengguna bisa langsung memulai membayarkan lewat bank yang dipilih melalui atm, bank atau mobile banking.

2. Menggunakan Aplikasi Akulaku

Selain untuk kredit beberapa macam barang elektronik dan lainnya, akulaku ini bisa juga digunakan untuk membayar cicilan shopee tanpa kartu kredit. Pengguna bisa melakukan pembayaran lewat aplikasi ini sesuai dengan aturan yang berlaku.

Akulaku sendiri juga termasuk platform yang membantu penggunanya dalam aktivitas kredit uang. Jangka pembayaran yang disediakan pada aplikasi ini juga beragam sampai dengan 12 bulan. Tentunya aplikasi ini telah populer digunakan.

Pengguna juga tidak perlu lagi menggunakan kartu kredit untuk pembayaran dan bisa langsung lewat aplikasi ini. Hal tersebut tentu menjadikan akulaku sebagai tempat rekomendasi membayar cicilan.

3. Memanfaatkan Aplikasi Kredivo

Selanjutnya untuk cara cicil di shopee paylater tanpa kartu kredit yang bisa dilakukan yakni dengan aplikasi kredivo. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi akulaku, kredivo juga sebagai tempat pengguna bisa melakukan aktivitas kredit.

Aplikasi shopee paylater akan terhubung langsung dengan aplikasi kredivo dalam metode pembayaran. Oleh sebab itu apabila pengguna menggunakan cara ini maka pilih metode pembayaran tagihan dengan kredivo.

Dengan otomatis kredivo dan akun shopee paylater akan terdeteksi serta digunakan untuk membayar cicilan yang dimiliki. Oleh sebab itu pengguna akan dimudahkan dalam hal ini.

4. Memakai Aplikasi Dana

Dana memang populer digunakan sebagai alat transaksi keuangan antar bank tanpa biaya admin. Tidak heran jika aplikasi ini banyak yang menggunakan karena fitur yang disediakan membantu pengguna dalam transaksi.

Aplikasi ini terkenal menyediakan beragam metode e money yang cepat, mudah dan efisien digunakan dalam bertransaksi. Apabila pengguna punya saldo dana maka bisa gunakan fitur transfer dalam pembayaran cicilan. Tentu mudah bukan untuk melakukan pembayaran cicilan yang dimiliki.

Untuk penggunaannya juga cukup mudah yakni aplikasi dana yakni hanya dengan virtual account yang didapatkan saat menentukan metode pembayaran. Bisa salin terlebih dahulu untuk nomor virtual account dan tempel saat menggunakan aplikasi dana.

5. Memanfaatkan Merchant Terdekat

Beberapa contoh merchant yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran cicilan ini bisa yakni indomaret, alfamart, alfamidi dan masih banyak lagi. Tentunya pengguna hanya perlu mencatat nomor VA yang muncul saat metode pembayaran dipilih.

Oleh sebab itu tidak perlu khawatir untuk cara cicil di shopee tanpa kartu kredit lagi. Namun untuk metode ini pengguna dibebankan untuk biaya administrasi sekitar 2500 sampai 5000 ribu rupiah.

Selain itu, pengguna juga perlu memperhatikan waktu pembayaran yang ditentukan pihak shopee. Hal tersebut dikarenakan shopee akan memberikan batas waktu pembayaran yang ditentukan.

Uraian terkait dengan cara cicil shopee tanpa kartu kredit ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Selain itu pengguna juga harus mempertimbangkan kemampuan untuk menggunakan shopee paylater.

Hal tersebut agar meminimalkan denda atau bunga yang akan terakumulasi menjadi semakin besar dan tidak bisa terbayarkan. Oleh sebab itu saat menggunakan shopee paylater harus tahu kemampuan dan kebutuhan yang harus terpenuhi.