free page hit counter
Cara Buka Toko Shopee Pemula

Begini Cara Buka Toko Shopee Pemula Termudah

Artikel diperbarui pada 10 Agustus 2022.

Berjualan online di era modern ini dianggap sebagai salah satu hal yang lebih menguntungkan karena membuat barang dagangan lebih cepat terjual. Apalagi saat ini tersedia sejumlah platform penjualan online mulai dari Tokopedia hingga Shopee. Tidak mengherankan jika banyak pertanyaan tentang cara buka toko shopee pemula.

Padahal sebenarnya membuka sebuah toko di shopee terbilang sangat mudah dengan bantuan perangkat elektronik. Serta pastinya membuka toko di online shop ini juga tanpa modal alias gratis. Berikut sejumlah penjelasan terkait dengan pembuatan sebuah toko online untuk memulai berjualan di aplikasi orange ini:

Menentukan Sistem Penjualan

Sebelum memulai cara buka toko shopee pemula alangkah baiknya menentukan jenis barang yang nantinya akan dijual. Hal ini dapat menyebabkan toko yang dibuka oleh pengguna bisa dibedakan dengan yang lainnya. Misalnya pengguna bisa menjual produk sendiri, memilih sistem dropship atau reseller.

1. Menjual Barang Produksi Sendiri

Pertama pengguna bisa menggunakan online shop untuk menjual berbagai produk yang dihasilkan sendiri. Maka dari itu pastikan pengguna sudah siap melakukan proses produksi yang dapat diandalkan. Kemudian pastikan juga jika produk tersebut memiliki keunikan dan lebih unggul dari produk lainnya.

Karena hal tersebut nilai tambah bagi calon konsumen untuk membeli produk yang disajikan. Apalagi berbagai keuntungan dalam menjual produk sendiri contohnya saja bisa meningkatkan kualitas produksi. Tetapi juga ada kerugian, misalnya saja barang yang mungkin tidak terjual sehingga modal tidak kembali.

2. Menjadi Reseller

Pengguna baru juga bisa memanfaatkan fitur reseller dalam pembuatan sebuah online shop. Hal ini berarti pengguna berniat melakukan penjualan pada produk yang dihasilkan oleh pihak lain. Hanya saja pengguna harus menyetok barang tersebut misalnya dengan melakukan pembelian dari sejumlah supplier besar.

Setelah produk terkumpul pengguna bisa langsung menjual kembali kepada calon pembeli.  Keuntungan yang diperoleh menjadi seorang reseller ini berdasarkan potongan harga yang didapatkan dari supplier. Serta juga berasal dari beda harga saat pembelian serta penjualan kembali suatu barang.

3. Mendafatr Dropshipper

Pilihan terakhir dengan menjadi seorang dropshipper alias tanpa perlu menyetok barang. Langkah cukup mudah karena penggunaannya perlu untuk mencari pelanggan sebelum melakukan pembelian. Setelah adanya calon pembeli barulah pengguna bisa memesan pada supplier untuk mendapatkan potongan harga atau komisi penjualan.

Dengan melakukan cara ini tentu pengguna bisa menghemat modal awal saat berbisnis. Maka dari itu sangat penting untuk memilih barang berkualitas agar lebih disukai konsumen dan rajin mempromosikannya. Namun sayangnya keuntungan yang ditawarkan menjadi seorang dropshipper tidaklah sebesar yang diperoleh reseller.

Cara Membuka Toko Shopee

Setelah mengetahui jenis barang yang dijual maka masuk pada pembahasan cara buka toko shopee pemula. Ini merupakan pertanyaan dari banyak pihak untuk memulai sebuah bisnis terlebih pada online shop. Sebenarnya langkah ini tidaklah sesulit dari bayangan oleh orang lain.

Proses pembukaan atau pembuatan sebuah toko shopee bisa dilakukan lewat ponsel serta laptop. Sebenarnya kedua proses tersebut tidaklah berbeda jauh tetapi memang ada sedikit perbedaannya. Tapi berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara pendaftarannya lewat smartphone:

1. Pendaftaran Akun

Cara buka toko shopee pemula di urutan pertama adalah pengguna harus mendaftarkan akun. Hal ini sebenarnya bisa menggunakan sejumlah cara misalnya berupa akun Facebook serta nomor telepon. Selain itu untuk pendaftaran akun ini tidak bisa langsung terhubung dengan akun Google.

Tetapi sebelum itu pengguna pastinya harus lebih dahulu untuk menginstal aplikasi tersebut di smartphone. Bila menggunakan nomor ponsel nantinya akan ada kode aktivasi yang harus dikonfirmasi. Selanjutnya pengguna bisa memasukkan pesan yang user ke password yang bertujuan untuk identitas sebuah toko.

2. Login Shopee Seller 

Berikutnya sebagai cara buka toko shopee pemula adalah dengan mendaftar pada shopee seller Center. Pengguna bisa langsung mengunjunginya pada platform sesuai dengan nama shopee seller center tersebut. Cara ini juga termasuk dalam salah satu bagian pendaftaran akun khusus bagi penjual.

  • Kemudian nantinya pengguna diminta agar dapat menuliskan email atau tuliskan nomor telepon.
  • Serta juga bisa menggunakan username pada akun shopee yang sebelumnya telah didaftarkan tadi.
  • Hal ini berfungsi untuk mencocokkan data yang sebelumnya telah disimpan pengguna.

3. Melengkapi Profil Toko

Kemudian cara buka toko shopee pemula adalah dengan melengkapi profil toko. Hal ini penting demi memberikan informasi yang jelas pada calon konsumen terkait dengan barang serta toko. Untuk melengkapi hal ini pengguna bisa langsung mengklik pada bagian profil toko yang ada.

  • Jangan lupa untuk mengisi sejumlah form yang disediakan.
  • Contohnya nama toko, bagaimana deskripsi tokoh tersebut serta gambar yang sesuai dengan yang diminta.
  • Apabila telah selesai maka pengguna bisa langsung mengklik pada bagian tombol simpan untuk menyimpan semua informasi yang telah dibuat.

4. Atur Jasa Pengiriman 

 lalu yang tak boleh ketinggalan pada cara buka toko shopee pemula adalah mengatur jasa pengiriman. Fitur tersebut sangat membantu bagi calon konsumen dalam melakukan pembelian karena bervariasinya jasa pengiriman yang disediakan. Apalagi di setiap wilayah terkadang tidak semua jasa pengiriman tersedia.

  • Pengaturan fitur ini hanya cukup mengklik pada bagian jasa kirimku.
  • Setelahnya pengguna bisa memilih berbagai jasa pengiriman yang diinginkan untuk bisa diakses.
  • Saat memulai prosesnya jangan lupa klik pada bagian tombol ubah serta klik lagi pada bagian simpan Setelah semuanya selesai.

5. Setting Alamat 

Selanjutnya sebagai cara buka toko shopee pemula adalah dengan mengatur alamat. Pengguna harus memastikan bahwa alamat yang diisi sesuai dengan data yang tersedia. Karena hal ini berfungsi pada saat pengambilan barang jika ada pengguna atau konsumen yang memakai metode dropship.

  • Untuk mengatur alamat ini pengguna hanya perlu beranjak pada bagian menu alamat saya.
  • Lalu isikan sejumlah identitas yang dibutuhkan berupa nama alamat serta nomor telepon.
  • Jika semua data yang telah diminta sudah selesai diisi jangan lupa klik simpan.

6. Tambahkan Nomor Rekening 

Terakhir sebagai cara buka toko shopee pemula adalah dengan memasukkan nomor rekening. Langkah ini berfungsi sebagai salah satu media pembayaran dari calon konsumen. Sehingga uang yang nantinya akan disalurkan oleh pihak shopee langsung sampai pada rekening penjual.

  • Pengaturan tambahan nomor rekening bisa dilihat pada bagian fitur bank dan kartu.
  • Lalu pengguna bisa mengklik pada bagian tambahan kartu kredit baru atau juga tambahan rekening bank baru.
  • Tinggal masukkan sejumlah data yang diperlukan berupa data atau nomor rekening dan klik simpan.

Itulah sejumlah cara buka toko shopee pemula yang bisa dicoba mulai dari sekarang. Dengan perkembangan media digital yang semakin marak ini bisnis online dianggap salah satu peluang paling menjanjikan. Maka dari itu ayo coba mulai berbisnis untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Apalagi bisnis tidak akan pernah mati dan selalu mengalami perkembangan. Tapi pastikan juga jika produk yang dihasilkan atau dijual ini disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Jika ini dilakukan tentu akan sangat diburu pembeli.