free page hit counter

Gaji Pas-Pasan? Ini 7 Tips Atur Uang Belanja Anti Boros

Artikel diperbarui pada 30 April 2021.

Tips atur uang belanja
Belanja. | FREEPIK

Bahan makanan atau keperluan rumah tangga menjadi suatu hal penting dan pokok yang wajib dilakukan agar bisa terus menyambung hidup. Sayangnya, banyak yang masih berbelanja dengan anggaran lebih dari cukup karena belum mengetahui cara berbelanja yang tepat sesuai pemasukan.

Nah, untuk menghindari pemborosan yang tidak ada artinya, kamu bisa menyimak enam tips hemat uang belanja sesuai dengan gaji yang kamu miliki, berikut ini.

6 Tips Atur Uang Belanja Buat Gaji Pas-Pasan

1) Siapkan Daftar Belanjaanmu

Daftar belanja
Buat daftar belanja untuk menghemat anggaran. | @iliabondar – FREEPIK

Daftar belanjaan sangat penting kamu lakukan untuk mengetahui produk-produk apa yang mesti dibeli sesuai tingkat kebutuhan. Buatlah daftar harga secara rinci dan telusuri setiap penawaran yang ada di toko tempat barang tersedia, apakah terdapat diskon atau tidak.

Jika sudah memiliki daftar belanjaannya, kamu bisa langsung membeli produk paling utama dan paling penting, yaitu keperluan dapur. Ingat, jangan sampai pergi ke toko yang tidak ada daftar barang belanjaanmu agar tidak kalap dan mengeluarkan uang lebih.

2) Belanja Online di Toko Langgananmu

Belanja online
Belanja online. | @surasak.ch – FREEPIK

Jaman sudah modern dan banyak sekali toko-toko atau pusat perbelanjaan yang menawarkan layanan belanja online melalui aplikasi dan marketplace. Kamu bisa menggunakan layanan ini dengan melihat toko-toko online langgananmu tanpa perlu pergi ke luar rumah untuk berbelanja.

Terlebih, belanja online bisa membuat kamu mengetahui harga dan penawaran diskon dari setiap produk yang diinginkan. Apabila harga di keranjang virtualmu sudah melebihi batas anggaran, maka kamu bisa menghapusnya dengan mudah tanpa perlu menguranginya saat berada di meja kasir. Cukup simpel dan tidak membuat malu, bukan?

3) Perhatikan Harga Per Unit dari Setiap Produk

Produk
Produk. | @freepik – FREEPIK

Tips hemat uang belanja ini merupakan salah satu tips yang harus kamu perhatikan dan kuasai. Ingatlah, bahwa harga paling rendah bukan berarti merupakan harga termurah saat itu.

Sebagai contoh, kamu akan membeli saus tomat botol 32 ons dengan harga US$ 2,79, sedangkan saus tomat botol 38 ons memiliki harga US$ 2,99 botol. Dari sini, dapat kamu lihat bahwa botol dengan ukuran besar memiliki harga hampir 8 sen per ons-nya, tetapi harga saus botol kecil malah lebih besar, yaitu senilai 9 sen.

Nah, bisa kamu simpulkan sendiri bahwa kebanyakan barang yang lebih besar memiliki tingkatan harga yang lebih murah, ketimbang barang kecil. Itulah kenapa kamu harus mencari perbandingan harga per unit dari setiap produk agar tidak salah dalam mengeluarkan uang belanja.

4) Gunakan Bumbu Instan Untuk Memasak Agar Semakin Hemat

Bumbu
Bumbu. | @nehanikspix – FREEPIK

Bumbu instan kerap bisa ditemukan dari toko-toko yang menjual aneka masakan untuk kamu masak di rumah. Jika membeli rempah-rempah langsung, kamu bisa saja mengeluarkan uang lebih dari anggaran. Tetapi, jika membeli bumbu instan, tentunya kamu akan lebih hemat dan rasa dari masakanmu pun tidak berbeda jauh dari biasanya.

Satu bungkus bumbu instan biasanya dapat digunakan untuk beberapa kali masak. Kamu bisa menyimpannya untuk keperluan masak di hari besok, tanpa harus berbelanja lagi. Selain itu, menyediakan makanan cepat saji dan kemasan bisa dilakukan juga karena dapat disimpan dalam kulkas dalam kurun waktu lama.

5) Jadilah Pemburu Cashback

Viral-Redenominasi-Uang-Bergambar-Jokowi
Mata uang rupiah. | @johan111 – FREEPIK

Tidak ada salahnya untuk menjadi seorang pemburu cashbackdari toko yang memberikan layanan ini. Dengan cashback, uang belanjaanmu bisa kembali senilai 5% hingga 50% dan akan membuatmu semakin hemat setiap hari.

Selain cashback, kamu juga bisa memanfaatkan kartu member dan mengumpulkan koin untuk mendapatkan diskon lain yang luar biasa.

Dengan begitu, tips hemat uang belanja ini bisa kamu lakukan dengan baik, apalagi untuk kamu yang memiliki gaji pas-pasan.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan