free page hit counter
asuransi mobil aca syariah

Syarat Membeli Asuransi Mobil ACA Syariah dan Berbagai Aturannya

Artikel diperbarui pada 21 November 2022.

Saat ini, layanan asuransi mobil adalah hal yang wajib untuk dimiliki. Salah satu perusahaan penyedia yang sangat disarankan untuk asuransi ini adalah ACA Syariah. Dengan memanfaatkan asuransi mobil ACA Syariah, maka pengguna layanan akan mendapat banyak kemudahan.

Mengingat jumlah perusahaan asuransi sangat banyak, maka tidak menutup kemungkinan layanan ini juga diragukan oleh banyak pihak. Padahal, ketersediaan layanan ini harus dipahami dengan baik agar keyakinan penggunaannya menjadi jauh lebih besar.

Untuk itu, pada penjelasan kali ini akan diuraikan mengenai layanan asuransi ACA Syariah untuk mobil. Penasaran dengan segala penjelasannya? Simak uraian berikut ini secara lengkap dan menyeluruh agar bisa dipahami dengan lebih baik:

Syarat Membeli Asuransi ACA Syariah untuk Mobil

Pada bagian pertama, akan diuraikan mengenai apa saya syarat untuk pembelian asuransi mobil ACA Syariah yang sudah ditentukan. Jadi jika pemilik mobil ingin memakai layanan asuransi ini, dibutuhkan serangkaian syarat yang wajib untuk dipenuhi.

Jika diuraikan, setidaknya ada tiga syarat pembelian asuransi. Setiap sisi syarat tentu sama-sama penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Untuk mengetahui daftar dan penjelasannya lebih lanjut, simak detail uraian berikut ini secara menyeluruh:

1. Identitas Pribadi

Syarat pertama yang dibutuhkan adalah dokumen identitas pribadi milik pihak pengaju. Identitas yang dilampirkan harus sah dan tidak boleh ada susunan yang salah di dalamnya. Jika ada bagian yang sengaja dipalsukan, maka pihak penyedia asuransi tidak akan bisa menerimanya.

Susunan dokumen yang dibutuhkan untuk syarat ini adalah salinan KTP dan SIM. Dua dokumen ini harus diserahkan pihak pembeli polis asli WNI. Namun jika memiliki kewarganegaraan asing, maka harus melampirkan dokumen lain berua KITAS.

2. Surat Mobil

Selain informasi pribadi, pihak pembeli polis juga harus melampirkan surat mobil secara lengkap. Jadi semua dokumen yang memiliki keterkaitan dengan mobil harus dilampirkan. Salah satu dokumen yang dibutuhkan dari sisi ini adalah salinan STNK.

Pastikan untuk menyerahkan salinan STNK yang jelas dan bisa terbaca dengan baik. Nama yang tertera di STNK harusnya juga sesuai dengan dokumen KTP. Jika demikian, proses pembelian asuransinya akan jauh lebih mudah.

3. Formulir Pembelian

Dokumen syarat terakhir yang harus diserahkan adalah formulir pembelian polis asuransi. Untuk formulir ini sudah ada susunannya sendiri sesuai yang disediakan oleh ACA Syariah sebagai penyedia asuransi. Pihak pembeli hanya perlu melakukan pengisian secara menyeluruh.

Namun untuk proses pengisian ini tentunya tidak bisa sembarangan. Segala informasi yang dilampirkan harus sesuai dengan rincian kondisi yang ada. Jangan sampai ada susunan yang salah atau sengaja disalahkan agar proses pembelian bisa disetujui dengan mudah.

Aturan Klaim Asuransi ACA Syariah untuk Mobil

Untuk melakukan proses klaim asuransi mobil ACA Syariah, tentunya ada serangkaian aturan yang harus dipenuhi. Jika rincian aturan yang ada bisa dijalankan dengan baik, maka bisa dipastikan bahwa prosesnya akan jauh lebih terstruktur dan akan berjalan dengan baik.

Agar lebih mudah dipahami, pada bagian ini akan diberikan uraian penjelasan mengenai beberapa syaratnya. Pastikan untuk memahami semua penjelasannya dengan baik dan jangan ada bagian yang terlewat. Berikut penjabaran yang dibutuhkan:

  • Pastikan untuk melakukan pelaporan sebelum 5 hari dari kejadian kecelakaan atau kehilangan terjadi.
  • Segera kumpulkan bukti kerusakan dan simpan baik-baik. Saat pengajuan dilakukan, maka serahkan bukti ini.
  • Dokumen klaim harus diserahkan secara lengkap dan dua belah pihak harus melakukan proses kesepakatan terhadap proses penyelesaian klaim.
  • Prosedur klaim akan diakhiri dengan proses penandatanganan, dan harus dilakukan langsung oleh pihak yang terdaftar.

Empat aturan dasar ini tentunya harus dipahami sebelum melakukan klaim pada polis yang dimiliki. Jika semua aturan ini dijalankan dengan baik, maka bisa dipastikan prosesnya tidak akan menimbulkan masalah baru. Jadi jangan ada aturan yang ditinggalkan.

Keunggulan Asuransi ACA Syariah yang Jarang Ditemui di Asuransi Lain

Jika dibandingkan dengan asuransi lain, asuransi mobil ACA Syariah memiliki lebih banyak keunggulan. Informasi ini tentunya harus dipahami agar proses pembelian asuransinya menjadi lebih meyakinkan dan tidak ada keraguan lagi.

Ada empat keunggulan yang ada di ACA Syariah namun belum tentu ada di perusahaan asuransi lainnya. Setiap poin akan diuraikan agar bisa dipahami dengan baik. Simak susunan penjelasan berikut untuk mengetahuinya:

1. Ada Fasilitas Mobil Pengganti

Saat pembeli polis melakukan klaim untuk mobilnya dikarenakan kerusakan, maka mobil tersebut harus diambil untuk kemudian dibawa ke bengkel. Hal ini tentunya akan membuat mobilisasi pemilik mobil menjadi sedikit terhambat karena tidak ada kendaraan lain.

Namun jika memakai layanan dari ACA Syariah, maka pemilik mobil tidak perlu bingung. Akan ada mobil pengganti yang disediakan untuk membantu mobilisasi pemilik polis. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan karena kegiatan pemilik polis tidak akan terganggu.

2. Jenis Layanannya Banyak

Umumnya, layanan asuransi hanya akan menyediakan jenis TLO dan all risk untuk pembeli polisnya. Hal ini sebenarnya juga disediakan oleh ACA Syariah. Namun bedanya, ada jenis layanan yang yang sudah disediakan untuk memudahkan penggunaan layanan.

Jenis layanan ini antara lain otomate, otomate smart, dan otomate solitaire. Setiap layanan ini tentunya memiliki perlindungan berbeda dan harga yang berbeda pula. Sebelum melakukan pembelian, maka semua jenis ini akan diinformasikan oleh ACA Syariah.

3. Ada Service Mobil Darurat

Uniknya, perusahaan asuransi mobil ini juga menyediakan service mobil darurat yang bisa difungsikan sesuai kebutuhan pengguna jasa. Jenis mobil darurat yang tersedia adalah mobil derek dan juga mobil ambulance. Dua jenis ini bisa difungsikan sesuai dengan fungsinya.

Untuk bisa memanfaatkannya, maka pengguna jasa tidak perlu takut dengan biaya tambahan. Hal ini dikarenakan service mobil darurat sudah tersedia secara gratis. Layanan ini sengaja disediakan oleh penyedia jasa untuk memfasilitasi banyak kemudahan kepada pengguna.

4. Akses Informasi 24 Jam

Untuk mendapatkan informasi polis asuransi, maka ACA Syariah sudah menyediakan layanan 24 jam penuh. Jadi jika ingin bertanya mengenai asuransinya, maka proses panggilan bisa dilakukan tanpa ada batasan waktu.

Lakukan saja chatting atau panggilan di jam yang diinginkan, maka CS dari ACA Syariah akan menjawab dan akan memberikan tambahan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, segala bentuk informasi juga sudah tersedia di situs resmi ACA Syariah.

Semua penjelasan tentang asuransi mobil ACA Syariah di atas tentunya harus dipahami dengan baik. Karena sudah ada syarat pembelian yang dijelaskan, maka pihak-pihak yang memiliki mobil bisa langsung menyediakannya untuk kemudian dilakukan pembelian polis.

Kemudian, ada juga beberapa syarat yang dijadikan landasan untuk melakukan klaim asuransi. Seperti yang sudah dijelaskan, syarat klaim ini sangat penting. Jadi tersedia atau tidaknya syarat ini akan berpengaruh terhadap hasil klaim asuransi.

Terakhir, ada juga informasi tentang keunggulan produk asuransi dari ACA Syariah. Informasi ini tentunya bisa membuat pemilik mobil lebih yakin untuk melakukan pembelian. Semua informasi di atas tentunya penting, dan harus ditelaah dengan baik.