free page hit counter
Cara Menutup Rekening Jenius Online Offline Tanpa ke Bank
Cara menutup rekening Jenius secara online maupun offline. | via goodscoop.id

Cara Menutup Rekening Jenius Online & Offline [+ Alasan Tutup Rekening]

Artikel diperbarui pada 11 Agustus 2022.

Bagaimana cara menutup rekening Jenius? Ada berbagai alasan yang membuat kamu ingin menutup rekening bank Jenius. Kamu bisa menutup rekening jenius secara online maupun offline. Berikut ini adalah cara-cara menutup rekening jenius beserta alasan penutupan rekening yang bisa kamu sampaikan jika ditanya oleh layanan pelanggan bank Jenius.

Menutup rekening jenius bagi sebagian orang memang diperlukan. Ada beberapa alasan yang mendasarinya. Di antaranya sudah tidak memakai lagi rekening jenius dalam berbagai keperluan. Untuk cara menutup rekening jenius, lebih jelasnya simak penjelasan ini.

Ada 2 cara utama untuk bisa menutup rekening jenius. Cara pertama dengan datang ke kantor cabang BTPN di lokasi paling dekat daerah pengguna. Cara kedua yakni dengan menghubungi Call Center bank. Lebih jelasnya simak penjelasan yang berikut ini:

Cara Menutup Rekening Jenius ke Bank BTPN Terdekat

Apabila jangkauan kantor cabang dekat dari tempat tinggal pengguna. Boleh juga memilih opsi pertama ini. Namun, jika masih dikira jauh dan memakan waktu lebih baiknya ikuti opsi kedua nanti.

Tapi kalau kamu ingin tahu cara tutup rekening Jenius dengan datang ke kantor cabang Bank BTPN terdekat, maka ikutilah langkah cara yang berikut ini:

1. Ambil seluruh saldo sebelum tutup rekening.

Saldo yang lumayan baik banyak ataupun sedikit ambil saja seluruhnya. Hal ini untuk antisipasi saldo tidak bisa diambil ketika rekening ditutup. Caranya bisa menarik uang tunai di bank langsung maupun transfer ke rekening lain yang masih digunakan.

2. Pastikan tidak ada tagihan ke depan.

Tidak kalah penting sebelum menutup rekening jenius adalah memastikan tidak ada tagihan. Tagihan ini bisa bermacam-macam bentuknya. Baik tagihan harian maupun bulanan. Terpenting lunasi semuanya termasuk flexi cash sebelum tutup rekening.

3. Persiapkan berkas yang dibutuhkan.

Data yang perlu dilengkapi untuk menutup rekening jenius cukup banyak. Perhitungkan jauh hari agar persiapan lebih matang. Adapun berkas data tersebut adalah Kartu Identitas penduduk, nama ibu kandung, nomor rekening jenius, email, no HP, NPWP jika punya, nama koresponden, transaksi terakhir dan sering digunakan selama 3 bulan terakhir.

4. Datangi kantor cabang BTPN jenius paling dekat.

Apabila data penting dan bajan informasi pendukung lain sudah disiapkan. Maka, pengguna bisa langsung mengunjungi kantor cabang BTPN paling dekat dari tempat tinggal Ketika sudah sampai ambil nomor antri ke Customer service. Lalu tunggu sampai jatuh antriannya.

5. Sampaikan alasan menutup rekening jenius.

Usahakan setelah sampai di layanan pelanggan untuk mempersiapkan alasan yang logis. Bisa karena sudah tidak digunakan. Beban ekonomi yang tidak bisa melanjutkan rekening jenius. Bisa juga alasan lain yang sesuai dengan kondisi ekonomi pengguna.

6. Customer Service memproses penutupan rekening.

Setelah menyampaikan alasan yang logis. CS akan memproses penutupan rekening jenius pengguna. Asalkan berkas penting dan informasi pendukung lainnya sudah lengkap. Biasanya akan memakan waktu sampai 24 jam. Meskipun begitu, untuk cek bisa dengan logis ini aplikasi.

Cara Menutup Rekening Jenius Secara Online

Selain datang langsung ke kantor cabang paling dekat. Di saat jarak tidak memungkinkan sampai ke sana, pengguna bisa menggunakan opsi kedua. Pengguna bisa menutup rekening jenius dengan menghubungi layanan call center. Selengkapnya simak langkah yang berikut ini:

1. Tarik seluruh saldo di rekening Jenius.

Sama halnya dengan langkah di cara pertama. Sebelum mengambil langkah untuk menutup rekening jenius. Terlebih dahulu pengguna mengosongkan rekening dengan menarik seluruh saldo di dalamnya. Caranya bisa dengan mengambil di bank atau ditransfer ke bak lain.

2. Siapkan pulsa yang cukup untuk hubungi Call Center.

Saat memilih opsi pada layanan online, pengguna harus mempersiapkan kesediaan pulsa. Biasanya bisa menghabiskan sampai biaya 24.000 rupiah. Namun, sebagai antisipasi entah sinyal putus-putus, pengguna bisa menyiapkannya hingga 30.000.

3. Sediakan berkas penting dan informasi penting lainnya.

Menyiapkan berkas penting dan informasi pengguna adalah langkah berikutnya. Segala persiapan teknik hingga nonton teknik harus disediakan. Kali ini pengguna perlu banyak data penting. Di antaranya ada KTP, no HP aktif saat daftar, nomor rekening, transaksi terakhir dan 3 bulan sebelumnya.

4. Hubungi dengan telepon no Call Center Jenius.

Apabila dirasa sudah siap, pengguna bisa langsung menghubungi Call Center. Caranya dengan ketik nomor 1500365 lalu klik menu panggil. Tunggu sampai mendapat jawaban dari pihak bank biasanya akan disapa terlebih dahulu.

5. Proses penutupan rekening jenius selesai.

Laporkan yang menjadi alasan menutup rekening jenius. Apabila pihak CS mengonfirmasi dengan periksa data penting yang tadi sudah disiapkan. Maka pengguna tinggal menunggu 24 jam dari pengajuan untuk tutup rekening. Cek di aplikasi apabila tidak bisa login berarti rekening sudah ditutup.

Baca Juga: Apa itu Motion Bank? Mengenal Aplikasi Bank Digital dari MNC Group

Alasan Kenapa Ingin Menutup Rekening Jenius

Cara tutup rekening Jenius secara online biasanya wajib menyertakan alasan penutupan rekening
Proses tutup rekening Jenius secara online biasanya wajib menyertakan alasan penutupan rekening. | via goodscoop.id

Saat memperhatikan langkah cara, pengguna harus menyampaikan alasan untuk menutup rekening jenius. Ternyata ada banyak alasan yang bisa disampaikan dan dipilih salah satunya. Hal ini bisa dirujuk dari referensi yang berikut ini:

1. Akses Aplikasi Jenius Lambat

Terjadi masalah saat membuka aplikasi yang tidak bisa. Bisa jadi juga karena sering terjadi error sehingga performanya di mata pengguna tidak baik. Apalagi saat ada kebutuhan dan jenius error tentu akan mengganggu penggunanya.

Adanya user interface yang banyak justru membuat bingung pengguna. Padahal seharusnya semakin mudah dan praktis. Namun di aplikasi cenderung merasa keberatan sehingga terjadi error. Atau jika tidak seperti itu, loading lama.

Baca Juga: Cara Mendaftar BNI Mobile Banking Lewat HP dan Fitur Unggulannya

2. Tidak Mau Terbebani Fee yang Dianggap Mahal

Fee yang ramah kantong sangat diminati oleh masyarakat. Namun, bagaimana jadinya jika fee administrasi termasuk mahal. Tentu, akan mengakhiri menjadi pelanggan atau pengguna.

Kasus ini seperti halnya terjadi di jenius. Biaya administrasi sampai sepuluh ribu rupiah. Tentu, masyarakat akan beralih ke rekening bank lain untuk meminimalisir adanya potongan yang banyak.

3. Tanggapan CS Lewat Sosmed Lambat

Aplikasi jenius berbasis digital identik dengan kemudahan dan kecepatan. Namun, ada sebagian pengguna yang tidak nyaman karena kurang tanggapan cepat dari CS. Biasanya lewat fitur chat ataupun media sosial.

Sering mendapatkan ketidakpuasan, dan dipersilahkan menghubungi Call Center langsung yang secara tidak langsung membutuhkan biaya pulsa. Maka, sekalian menghubungi untuk menutup rekening jenius agar bisa dialihkan ke bank lain.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar NeoBank & Cara Dapat Bonus Cuannya!

4. Dikenakan Biaya Apabila Gagal Transaksi Autodebet

Fitur aplikasi yang justru menguntungkan kini bisa berubah merugikan. Sebenarnya jika pengguna tidak sampai autodebet maka tidak dikenakan biaya denda sebesar lima ribu rupiah. Namun, jika gagal karena autodebet pengguna dikenakan denda.

Padahal, saat transaksi dengan kartu kredit virtualnya sangat mudah. Baik melakukan pembayaran di dalam maupun luar negeri. Apabila kurang hati-hati dan cermat saldo melebihi dari batas minimal, maka pengguna dikenakan denda.

5. Mau Upgrade Tabungan di Rekening Lain

Kebutuhan yang semakin banyak menuntut pengguna lebih upgrade terhadap rekening bank. Maka, di saat mau upgrade dan merasa harus pindah ke rekening lain ini bisa menjadi salah satu alasan.

Saat disampaikan kepada pihak CS katakan jika harus memilih salah satu rekening untuk upgrade dan fokus. Belum lagi, biaya yang dikenakan ada dan harus ditunaikan semua. Jadi pengguna memilih rekening lain yang dianggap lebih sesuai.

Penutup

Demikian penjelasan cara menutup rekening jenius beserta alasan yang menyertainya. Terlepas dari bisa dan tidaknya, kedua cara tadi bisa jadi opsi pengguna dalam menentukan pilihan. Informasi yang dijelaskan diharapkan bisa memahami dan tujuan pengguna tercapai.

Artikel Lainnya Terkait Bank Digital: