free page hit counter
kelebihan dan kekurangan line bank

Inilah Kelebihan dan Kekurangan LINE Bank yang Wajib Diketahui

Bank digital banyak dipilih terutama oleh kalangan muda karena kepraktisannya untuk melakukan pembayaran online. Salah satu bank digital yang baru diluncurkan dan menarik perhatian kalangan muda yaitu LINE Bank. Berikut ulasan tentang kelebihan dan kekurangan LINE Bank yang wajib diketahui.

LINE Bank merupakan hasil kerjasama dari perusahaan LINE Corporation asal Jepang dengan perusahaan jasa keuangan KEB Hana asal Korea Selatan. Ada beragam layanan yang ditawarkan oleh bank digital ini yang tak kalah pentingnya untuk diketahui. Pemaparan lengkapnya adalah sebagai berikut.

Layanan yang Tersedia di LINE Bank

Bagi calon nasabah, di samping mengetahui kelebihan dan kekurangan LINE Bank, ada baiknya mengetahui layanan yang tersedia di LINE Bank. Layanan yang disediakan oleh LINE Bank antara lain:

1. Savings Account

Nasabah yang ingin menyimpan uangnya dalam rekening berbeda-beda dapat memilih LINE Bank sebagai opsi utama. LINE Bank memungkinkan nasabahnya untuk membuat maksimal 8 rekening, dengan 7 subrekening di akun LINE Bank. Setiap rekening bisa dikaitkan dengan kartu debit yang terpisah.

Pemisahan rekening ini menjadi salah satu peningkat keamanan bagi nasabah ketika bertransaksi. Nasabah dapat memanfaatkan subrekening yang dimiliki guna bertransaksi dengan orang lain. Hal ini dapat meminimalisasi hilangnya seluruh dana di rekening utama ketika terjadi kebocoran data dan pengurasan saldo.

2. Kartu Debit yang Unik

Sebelum menyimak ulasan kelebihan dan kekurangan LINE Bank, perlu diketahui bahwa nasabah pengguna dapat memilih kartu debit yang diinginkan. Tersedia 4 macam kartu debit LINE Bank dengan karakter LINE Messenger, yakni Brown, Sally, dan Cony.

Masing-masing kartu debit memiliki fungsi tersendiri. Rincian fungsi dari setiap kartu debit adalah sebagai berikut:

  • Kartu Visa Brown, berlatar warna merah dengan logo visa serta stiker Brown di bawah kartu. Dapat dipakai untuk penarikan uang di ATM dan pembayaran online domestik serta luar negeri.
  • Kartu Visa Sally, berlatar warna kuning, ada logo visa serta stiker Sally. Fungsinya sama dengan kartu visa Brown.
  • Kartu Visa Cony, berlatar warna pink, terdapat logo visa dan stiker Cony. Fungsi kartu debit ini sama dengan kartu visa Brown dan Sally.
  • Kartu GPN Brown, berlatar warna biru, ada logo GPN dan stiker Brown. Kartu ini hanya dapat dipakai untuk penarikan tunai serta pembayaran domestik saja.

3. Deposito

Nasabah LINE Bank diberikan kesempatan untuk membuat hingga 10 deposito di waktu yang bersamaan. Minimun deposito adalah sebesar Rp 1 juta, maksimal sebesar Rp 1 miliar. Jangka waktu penempatan deposito yang bisa dipilih yaitu dari 1-12 bulan. Bunga yang ditawarkan sebesar 4,5% p.a.

LINE Bank juga tidak memberikan penalti kepada nasabah yang ingin mencairkan depositonya sebelum jatuh tempo. Hanya saja, perhitungan suku bunga nantinya akan berubah jika nasabah mencairkan deposito sebelum tibanya jatuh tempo. Suku bunga yang diterapkan adalah suku bunga tabungan reguler.

Kelebihan dari LINE Bank

Seefektif apapun sebuah bank didesain, pasti mempunyai kelemahan. Maka, begitu pula dengan LINE Bank. Ada kelebihan dan kekurangan LINE Bank yang perlu diketahui. Pertama, akan diulas terlebih dahulu terkait kelebihannya. Kelebihan LINE Bank di antaranya sebagai berikut:

1. Bebas Biaya Administrasi Bulanan

Hal yang wajar apabila sebuah jasa memberikan biaya administrasi bulanan kepada para pengguna jasanya, tak terkecuali jasa perbankan. Namun, LINE Bank memilih untuk membebaskan nasabahnya dari biaya administrasi bulanan. LINE Bank pun memberikan kebebasan ini kepada seluruh nasabah tanpa syarat.

2. Gratis Biaya Transfer

Semula, pihak LINE Bank memberikan gratis biaya transfer tanpa batas. Akan tetapi, per 11 April 2022, LINE Bank mengubah kebijakannya dengan memberikan gratis biaya transfer maksimal 25 kali dalam sebulan. Nasabah yang melampaui batas maksimal tersebut akan dikenai biaya transfer.

3. Gratis Pengiriman Kartu Debit

Kartu debit LINE Bank ada beberapa macam seperti yang telah diulas di awal, sebelum uraian kelebihan dan kekurangan LINE Bank ini. Nasabah dapat memilih kartu di aplikasi LINE Bank. Kartu debit akan dikirimkan kurir ke alamat tujuan dan bebas ongkir.

4. E-Statement yang Dikirimkan Bulanan

E-Statement merupakan informasi mutasi rekening yang lengkap dan memuat riwayat transaksi pada aplikasi LINE Bank. Setiap bulan, nasabah akan menerima E-Statement dalam bentuk pdf yang dikirimkan ke akun email nasabah. Maka, nasabah dapat mengetahui rincian transaksi yang dilakukan apa saja.

5. Mendukung Pembayaran Via QRIS

QRIS ialah metode pembayaran dengan cara scan kode QR di merchant ataupun toko yang dilengkapi logo QRIS. Pembayaran menggunakan QRIS lebih cepat, sebab pembeli tidak perlu mengeluarkan uang tunai atau menginput nomor rekening bank. LINE Bank mendukung pembayaran dengan QRIS.

6. Tidak Ada Saldo Minimum

Bank biasanya memberlakukan aturan berupa saldo minimum yang harus mengendap di tabungan. Lain halnya dengan LINE Bank yang tidak menerapkan aturan tersebut. Hal ini menjadikan nasabah LINE Bank dapat menarik seluruh dana yang mereka miliki hingga saldonya sebesar Rp 0,00.

Kekurangan dari LINE Bank

Tidak adil rasanya jika mengulas suatu hal dari sisi kelebihannya saja. Maka, untuk menyeimbangkan kelebihan dan kekurangan LINE Bank perlu juga diulas terkait kekurangannya. Berikut ini kekurangan dari LINE Bank yang perlu diketahui:

1. Pengiriman Kartu Debit Hanya Tersedia di Kota Tertentu

Hal pertama yang menjadi kekurangan LINE Bank adalah pengiriman kartu debit hanya dapat dilakukan di kota tertentu. Sejauh ini, pengiriman hanya dapat dilakukan di Pulau Jawa, Sumatra, dan Bali. Jadi, pengguna yang di luar jangkauan belum bisa menerima kartu debit.

Tidak seperti bank digital serupa yang mampu mengirimkan kartu debit ke banyak pulau di Indonesia. Kekurangan ini perlu dipertimbangkan bagi nasabah yang sering menggunakan kartu debit. Pasalnya, belum dapat dipastikan kapan LINE Bank dapat mengirimkan kartu debit ke seluruh wilayah Indonesia.

2. Tidak Dapat Mengambil Screenshot di Aplikasi

LINE Bank tidak mengizinkan nasabahnya melakukan screenshot terhadap halaman aplikasi serta riwayat transaksi atas alasan keamanan. Nasabah dapat memakai fitur share atau simpan sebagai bukti transfer. Kekurangan ini cukup menonjol dari rangkaian kelebihan dan kekurangan LINE Bank yang telah diuraikan.

3. Batas Limit Transaksi Rp 50 Juta per Hari

Nasabah yang hendak melakukan transfer di atas Rp 50 juta mau tidak mau harus melakukannya secara berkala. Hal tersebut karena LINE Bank menerapkan kebijakan limit transaksi. Maksimal nominal transaksi yang bisa dilakukan oleh nasabah setiap harinya adalah Rp 50 juta.

4. Belum Mendukung Penarikan Tunai di Retail

Biasanya, bank akan memudahkan penggunanya dengan ketersediaan layanan tarik tunai di retail semacam Alfamart dan Indomaret. Namun, LINE Bank belum menyediakan layanan ini, sehingga pengguna tidak dapat melakukan tarik tunai di retail. Pengguna hanya bisa melakukan tarik tunai di ATM.

5. Aplikasi Kerap Error

Keandalan aplikasi LINE Bank masih tergolong rendah. Aplikasi sering memunculkan notifikasi error ketika digunakan untuk melakukan transfer atau pembayaran tagihan tertentu. Bahkan, terkadang error pun terjadi ketika membuka timeline. Kekurangan ini patut untuk segera dibenahi mengingat tingginya tingkat transaksi nasabah.

Demikian ulasan tentang layanan serta kelebihan dan kekurangan LINE Bank yang penting diketahui nasabah. Setiap hal pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri, namun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan bahwa kekurangan yang menyertai tidak akan banyak menyulitkan nasabah di kemudian hari.