free page hit counter

5+ Rahasia Investasi Saham Warren Buffett

Artikel diperbarui pada 7 Agustus 2022.

Jika kamu seorang investor saham, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Warren Buffet. Buffett menjadi salah satu orang terkaya di dunia yang berhasil karena kemampuannya berinvestasi di banyak perusahaan. Cara Warren Buffet berinvestasi kemudian dijadikan pedoman bagi investor.

Jika kamu ingin kaya, kamu harus bersabar dalam berinvestasi, terutama di pasar modal. Kamu juga harus konsisten dalam mempelajari cara berinvestasi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Berikut 5 Cara Investasi Warren Buffet

1. Tentukan Jenis Saham yang Akan Dibeli

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat daftar kriteria saham yang akan kamu beli. Misalnya, kamu memilih perbankan, pertambangan atau jenis saham lainnya. Kamu tidak boleh menjadikan harga sebagai ukuran utama dalam kriteria pembelian saham.

2. Investasi pada Perusahaan yang Familiar Bagi Kamu

Kamu harus berinvestasi di perusahaan yang kamu kenal. Hal ini untuk memudahkan kamu memahami dan mengikuti tren yang sedang berlangsung di industri pilihanmu. Jika kamu tertarik dengan perusahaan yang tidak kamu kenal, kamu harus mempelajari dengan baik tentang perusahaan tersebut dan berhati-hati dengan laporan keuangan dan rasio perusahaan. Apakah itu memberi kamu keuntungan atau bahkan bisa membuat kamu rugi.

3. Yakinkan Diri Saat Berinvestasi

Ini adalah salah satu cara untuk berinvestasi Warren Buffet. Jika kamu tidak yakin, jangan mulai berinvestasi. Sebaiknya kenali dulu dunia investasi dan risiko yang bisa muncul. Selain saham, kamu dapat menyimpan uangmu dalam investasi reksadana atau deposito bank. Ingat, jangan terburu-buru.

4. Tidak Ketinggalan Informasi Perusahaan yang Kamu Investasikan

Kamu tidak harus mengikuti pembaruan perusahaan setiap hari. Kamu bisa mengikutinya setiap bulan. Periksa secara rutin setiap bulan agar kamu memahami pergerakan perusahaan tempat kamu berinvestasi.

5. Jual Saham di Waktu yang Tepat

Jual saham kamu di waktu yang tepat. Jika kamu memutuskan untuk menjual saham saat harga turun di bawah harga yang kamu perkirakan sebelumnya. Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk menjual saham, kamu perlu mengikuti berita tentang saham tersebut. Jangan sampai kamu mengalami kerugian.

 

Strategi Investasi Warren Buffet

1. Temukan Mentor untuk Belajar Saham

Berinvestasi saham membutuhkan proses belajar dari orang-orang yang berpengalaman. Seperti Warren Buffet, belajarlah dari Ben Graham dengan bukunya The Intelligent Investor. Buffet juga memutuskan untuk menghadiri Columbia Business School. Menurut Buffett, setiap investor dapat mengembangkan metodenya sendiri. Namun, investor pemula tidak boleh berhenti mencari ilmu dan pembelajaran. Kamu bisa mengikuti forum investor dan komunitas investor untuk mendapatkan pengetahuan saham yang baik dan benar.

2. Jangan Jadikan Investasi Sebagai Beban

Warren Buffet mulai berinvestasi saham pada usia 11 tahun. Buffet adalah seseorang yang sangat konsisten dalam berinvestasi. Buffet belajar banyak dari buku, kuliah dan berinteraksi dengan investor. Jadikan investasi sebagai sesuatu yang kamu sukai karena akan lebih mudah bagi kamu untuk mengembangkan keterampilan berinvestasi dan menghadapi risiko investasi.

3. Sabar Dalam Berinvestasi

Berinvestasi membutuhkan kesabaran. Warren Buffet sudah terkenal sejak masa kuliahnya sebagai mahasiswa yang fokus dan sabar, terutama dalam berinvestasi. Kuncinya adalah jangan malas dan jaga emosi tetap stabil. Warren Buffet selalu belajar untuk selalu rasional dalam menghadapi situasi pasar.

 

Inilah strategi investasi menurut Warren Buffet. Apakah kamu siap untuk berinvestasi? Pastikan kamu berinvestasi pada alat yang tepat dan sesuai dengan tujuanmu. Juga, jangan lupa untuk berinvestasi dalam asuransi. Asuransi penting sebagai bentuk perlindungan diri di masa depan.