free page hit counter
Cara-dapat-duit-dari-Google
Ilustrasi. | FREEPIK

Cara Membeli Saham Google Lewat Broker Asing

Artikel diperbarui pada 24 Juni 2021.

Setidaknya ada 1 cara membeli saham Google yang bisa kamu lakukan. Yaitu dengan mendaftar di sekuritas Indonesia atau asing yang bisa bertransaksi di NASDAQ di mana Google listing dengan kode GOOG atau GOOGL.

Cara-dapat-duit-dari-Google
Ingin miliki saham Google? Gabung dengan perusahaan sekuritas yang bisa bertransaksi di NASDAQ Amerika. | freepik.com

Siapa yang tidak kenal dengan nama Google di zaman yang semakin maju ini?

Google LLC adalah perusahaan multinasional yang bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat yang memiliki produk paling dikenal sepanjang masa.

Yaitu mesin pencari.

Mesin pencari Google digunakan oleh jutaan orang setiap menitnya dan memperoleh untung $3,1 Milyar setiap detiknya.

Padahal di tahun 1999, Google memerlukan satu tahun untuk memproduksi keuntungan tersebut.

Tak heran kalau banyak orang ingin memiliki saham Google secepatnya, terutama untuk investasi jangka panjang.

Nah, buat kamu yang ingin punya saham Google untuk trading maupun investasi jangka panjang, perhatikan cara di bawah ini.

Baca Juga: Cara Beli Saham Facebook: Ini Langkah dan Syaratnya

Membeli Saham Google dari Indonesia

Saham adalah bukti penyertaan modal dari investor kepada perusahaan. Biasanya, saham bisa kamu peroleh ketika perusahaan tersebut listing di pasar atau bursa saham.

Google sendiri sudah listing di NASDAQ sejak 2004 dan setelah restrukturisasi perusahaan pada tahun 2015, Google kini berada di bawah naungan perusahaan bernama Alphabet Inc.

Saham Google merupakan salah satu saham blue chip terbaik untuk penjualan saham pada skala internasional dengan harga yang terus meningkat selama lima tahun terakhir.

Untuk harga saham Google saat ini telah mencapai angka di atas seribu dollar per saham atau sekitar dengan empat belas juta rupiah, dan harga ini akan terus meningkat seiring makin baiknya kinerja perusahaan Google.

Kenapa Kamu Harus Membeli Saham di Google?

Google
Google. | freepik.com

Performa saham ini terus meningkat sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Google termasuk perusahaan yang minim skandal dengan pemerintah sehingga jarang sekali sahamnya jatuh.

Karena perkembangan teknologi juga semakin positif, banyak investor dari berbagai negara di dunia membeli saham Google untuk investasi jangka panjang.

Alasan ini membuat sebagian besar orang yang memiliki uang nganggur puluhan juta menyimpan harta mereka dalam bentuk saham Google.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Investasi Deposito Syariah

Kenaikan saham Google relatif baik jika kamu menyimpan saham tersebut dalam jangka waktu setidaknya 3 tahun.

Agar kamu mendapat capital gain dari pembelian saham, pastikan kamu membeli saham Google di waktu yang tepat.

Memang, ada beberapa saham yang sebaiknya langsung HAKA alias Hajar Kanan atau langsung beli saja tanpa pikir panjang karena performa saham tersebut luar biasa baik.

Tapi kalau kamu ingin mengambil langkah ekstra dan lebih hati-hati, silakan analisa fundamental perusahaan Alphabet Inc dan cari tahu siapa pemegang saham mayoritasnya.

Cari tahu tentang mereka yang memiliki 5% lebih kepemilikan saham Google, dan pelajari bagaimana potensi saham ini kedepannya.

Setelah kamu yakin, langsung saja beli saham Google dan ikuti cara di bawah ini.

Baca Juga: Wajib Tahu! 18 Perusahaan Investasi Tanpa Ijin yang Ditutup OJK

Cara Membeli Saham Google

Saham
Ilustrasi saham Google. | @nicedream30 – freepik.com

#1. Carilah Broker atau Sekuritas Asing

Ketika kamu ingin membeli saham di Google, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari broker atau perusahaan sekuritas asing yang akan membantu dan memudahkanmu ketika membeli saham di Google.

Hati-hati dan teliti baik-baik ketika memilih broker asing. Carilah yang terdaftar di OJK.

Kenapa?

Di Indonesia saat ini banyak muncul broker-broker asing yang menawarkan pembelian saham Google dan investasi bodong yang sangat beragam, namun belum jelas kualitas aplikasi trading dan layanan transaksi saham yang mereka berikan.

Baca Juga: Wajib Cek! Daftar Investasi Halal Menurut MUI yang Bisa Kamu Mulai Hari Ini

#2. Lakukan Pendaftaran

Jika kamu sudah menemukan broker atau perusahaan sekuritas sesuai kebutuhan dan keinginanmu maka kamu wajib untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran baik secara online ataupun dengan langsung datang ke kantor sekuritas tersebut.

Sebelum kamu melakukan pendaftaran, kamu harus mengetahui dan mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dan dibutuhkan untuk pendaftaran seperti KTP/Paspor dan NPWP.

Baca Juga: Biayain Nikah dari Investasi, Bisa? Simak Dulu Aturannya!

#3. Lakukan Penanaman Deposit

Setelah melakukan pendaftaran, maka lakukan penanaman deposit pada broker yang sudah kamu pilih perhatikan juga jumlah deposit yang ingin kamu tanam.

Pertimbangkan pula keuntungan-keuntungan apa yang akan kamu dapatkan setelah menanam deposit tersebut.

Baca Juga: Sebelum Investasi, Perhatikan 8 Hal Penting Ini

#4. Lakukan Pembayaran

Jika kamu sudah melakukan penanaman deposit, maka kamu harus melakukan pembayaran untuk pembelian saham di Google.

Jangan khawatir ketika membeli saham di Google sebab nantinya akan ada banyak keuntungan-keuntungan yang tidak pernah kamu duga.

Tapi sebagai catatan, keuntungan ini hanya akan kamu peroleh ketika membeli saham Google di waktu yang tepat, dan menjual sahamnya kembali ketika harganya sudah naik.

Lebih amannya, kamu harus menyimpan saham Google setidaknya selama 5 tahun. Kenapa?

Karena dalam 5 tahun, saham Google kemungkinan akan terus naik dan naik.

Baca Juga: Delisting Hingga Hilang Uang 100%, Ini Resiko Gagal Cuan dari Saham

#5. Pantau Saham

Jika sudah melakukan cara-cara di atas, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah memantau perkembangan saham.

Dengan memantau saham ini kamu akan tahu peningkatan dan kenaikan jumlah saham atau uang yang berhasil kamu dapatkan dari kegiatan investasi ini.

Ketika kamu telah melakukan langkah-langkah pembelian saham Google dengan cara yang tepat tentu saja keuntungan yang banyak akan kamu dapatkan.

Sedangkan ketika kamu melakukan dengan cara yang salah maka kemungkinan akan mendapatkan kerugian baik sedikit maupun banyak.

Baca Juga: Main Saham Pakai Uang Pinjol, Ya Benjol! Simak Cara Main Saham yang Benar

Tips Membeli Saham Google

Jika kamu sudah memantapkan niat dan keinginan untuk membeli saham di Google, maka kamu harus membaca cara membeli saham Google di bawah ini:

  1. Lakukan pendaftaran dengan menggunakan data-data yang sesuai dengan identitasmu. Ini akan memudahkan proses perusahaan dalam memverifikasi data.
  2. Setelah mengisi form pendaftaran, deposit dana dengan menggunakan kartu kredit. Kamu bisa menggunakan bank lokal yang mengijinkan transaksi mata uang asing atau deposit menggunakan metode pembayaran yang disarankan oleh sekuritas pilihan kamu.
  3. Lakukan pembelian saham dengan masuk ke menu trade market. Ada dua saham Google yaitu GOOG dan GOOGL. Kenali perbedaan keduanya sebelum kamu membeli.

Baca Juga: Menabung atau Investasi? Ini Pilihan Tepat Mapan Finansial Sejak Muda

Sebelum membeli saham, pastikan bahwa uang yang kamu gunakan untuk transaksi adalah uang dingin. Saham tidak bisa memberi keuntungan singkat kalau kamu tidak tahu caranya.

Umumnya, investor saham memanen dividen tiap tahun dan mendapat capital gain setelah saham dijual 5 atau 10 tahun kemudian.

Kalau kamu ingin beli saham Google hari ini dan untung besok, rasanya ini cukup sulit dilakukan.

Akan lebih baik kalau kamu membeli saham Google hari ini dan jual kembali 15 tahun kemudian. Dengan cara ini, kamu memiliki kesempatan lebih untuk untung hingga 100% atua lebih.

So, jangan harap cepat kaya dari saham, ya?

Baca Juga: Hukumnya Halal, Jangan Ragu Investasi di Saham Syariah

Tinggalkan Balasan