free page hit counter
Review Aplikasi Webull: Platform Trading Saham Luar Negeri Bagi Pemula
Review Aplikasi Webull: Platform Trading Saham Luar Negeri Bagi Pemula. | via goodscoop.id

Review Aplikasi Webull: Platform Trading Saham Luar Negeri Bagi Pemula

Artikel diperbarui pada 24 Agustus 2022.

Aplikasi trading saham Webull sering digunakan oleh pemula untuk memulai transaksi saham di pasar luar negeri dan internasional. Berikut ini adalah review aplikasi Webull yang bisa kamu simak.

Aplikasi Webull memiliki kelebihan dan kekurangannya. Seperti platform trading saham untuk pemula pada umumnya, Webull membebaskan biaya transaksi jual beli.

Oleh sebab itu, aplikasi Webull sangat cocok bagi kamu yang trading saham secara rutin karena akan memangkas biaya transaksi secara signifikan.

Webull termasuk aplikasi investasi dan trading saham luar negeri gratis yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir ini.

Aplikasi trading saham gratis yang dimulai pada tahun 2018 ini menawarkan akun trader kena pajak dan akun pensiun personal kalau kamu sudah pensiun dan ingin mendiversifikasi portofolio investasi kamu di pasar saham luar negeri.

Webull juga menawarkan tool analisa grafik saham berbasis web di aplikasi untuk membantu menganalisis saham, sehingga trader mandiri memiliki kesempatan untuk trading saham dengan bantuan tools untuk mengambil keputusan dalam mengelola aset.

Webull juga menyediakan fitur yang memudahkan investor dan trader dengan berbagai latar belakang keahlian untuk trading secara gratis.

Karena tersedia dalam bentuk aplikasi, kamu bisa trading saham dan cryptocurrency melalui smartphone.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang layanan aplikasi trading saham luar negeri ini, silakan lanjutkan membaca review aplikasi Webull di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Trading Webull

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan aplikasi Webull:

Kelebihan:

  • Tersedia layanan jual beli saham, kripto, dan ADR gratis
  • Tidak ada biaya akun atau biaya manajemen akun
  • Terdapat tool analisia trading bagi trader level menengah
  • Dasbor yang enak dilihat dan bisa disesuaikan dengan preferensi kamu
  • Menyediakan akses berbayar ke kutipan NASDAQ

Kekurangan:

  • Hanya ada beberapa pilihan investasi yang tersedia dibandingkan aplikasi sejenis
  • Tidak ada bunga yang diperoleh dari saldo yang mengendap di akun
  • Materi belajar trading saham yang disediakan oleh aplikasi ini kurang lengkap dan masih dasar

Review Aplikasi Webull: Apa itu Webull?

Webull adalah aplikasi trading saham yang diluncurkan pada tahun 2018. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android, dengan platform web yang juga menyediakan akses lengkap dengan fitur yang sama dengan smartphone.

Melalui Webull, kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk trading saham, ETF, opsi, ADR, dan mata uang kripto tanpa biaya transaksi, tanpa biaya pemeliharaan akun, dan tanpa biaya manajemen.

Selain itu, kamu bisa mendaftar akun Webull secara gratis dan tidak dikenai biaya. Menariknya lagi, juga tidak ada syarat minimum deposit.

Aplikasi ini bukanlah aplikasi yang pertama hadir di dunia trading online. Sudah ada aplikasi lainnya yang lebih digemari dan lebih populer, yaitu Robinhood.

Namun hal ini tidak membuat Webull rendah diri dan terus berinovasi di bidang trading saham online dan membuat berbagai promo untuk untuk meningkatkan daya tarik bagi investor baru, terutama anak muda.

Aplikasi ini memiliki UI yang bersih, mudah digunakan, dan memiliki tools untuk riset sebelum melakukan investasi. Fitur ini tentunya membuat trader pemula lebih nyaman karena adanya tools bantuan.

Review Aplikasi Webull: Fitur Utama Aplikasi Trading Saham Webull

Webull menawarkan fitur dan layanan unik yang belum banyak ditawarkan oleh aplikasi trading saham luar negeri lain.

1. Trading Saham, ETF, Option, Kripto, dan ADR Gratis

Melalui aplikasi Webull, kamu bisa bertransaksi saham, ETF, option, kripto, dan ADR secara gratis tanpa biaya transaksi dibandingkan aplikasi lain sejenis yang umumnya hanya menawarkan bebas biaya transaksi untuk jual beli option.

Selain itu, Webull juga menawarkan fitur trading cryptocurrency gratis dengan besaran hanya mulai dari $1.

Tim goodscoop.id hanya merekomendasikan kamu menggunakan Webull untuk bertransaksi saham dan kripto saja yang sudah dinyatakan halal dan sesuai dengan prinsip keuangan syariah.

2. Mudah Digunakan Oleh Trader Pemula, Trader Menengah, dan Trader Berpengalaman 

Aplikasi trading saham luar negeri ini menawarkan UI yang mudah dimengerti oleh trader pemula, namun juga bisa dikustomisasi oleh trader menengah dan trader berpengalaman yang memerlukan berbagai fitur lanjutan lainnya.

Untuk artikel review aplikasi Webull ini, tim goodscoop.id menemukan ada banyak tools analisis saham dan berbagai tools riset pasar untuk trader.

Aplikasi ini tentunya menjawab kebutuhan pasar dan memperluas daya tarik pengguna dengan transaksi saham luar negeri gratis namun memiliki toolsyang bisa digunakan oleh trader dari berbagai latar belakang, mulai dari trader pemula hingga trader profesional.

Bagi trader pemula, aplikasi ini akan menampilkan informasi keuangan, indikator teknis, dan fakta serta angka dan statistik saham lainnya. Aplikasi ini mudah digunakan bagi pemula karena UI yang intuitif dan sederhana.

Karena desain antarmuka yang jelas, bersih, dan mudah dipahami inilah para trader pemula yang ingin trading saham di pasar luar negeri sebaiknya mulai trading dengan Webull.

3. Gratis Langganan Trading Quote Level 2 untuk 3 Bulan Pertama, dan Hanya Dikenai Biaya $1,99 (Rp 30 ribu) Per Bulan Setelahnya

Berdasarkan review Aplikasi Webull, tim goodscoop.id menemukan artikel yang menyebutkan bahwa Webull menyediakan akses gratis ke trading quote Level 2 ketika kamu pertama kali membuka akun di aplikasi ini.

Trading quote ini berisi informasi mengenai arah pasar, harga dan sentimen terhadap saham.

Meskipun fitur ini memang menarik bagi investor dan trader saham level menengah dan lanjutan, trader pemula umumnya belum memerlukan informasi ini.

Tapi, kamu bisa mempelajari cara membaca informasi tersebut dan meningkatkan keterampilan kamu dalam trading saham agar bisa memahami data keuangan ini dengan baik.

4. Biaya Trading Margin Kompetitif, dan Biasanya Selalu Tersedia

Webull memiliki tarif trading margin yang kompetitif, tanpa biaya tambahan untuk pemegang akun margin.

Biaya tarif margin ini sedikit lebih rendah daripada aplikasi lain. Selain itu, layanan ini juga tersedia secara gratis untuk semua pengguna Webull yang memiliki saldo $2.000 (Rp 30 juta) atau lebih.

Sebagai pembanding, aplikasi lainnya seperti Robinhood memiliki biaya margin lebih tinggi.

Perlu diingat bahwa trading menggunakan margin mungkin akan dilihat sebagai kekurangan jika kamu adalah trader atau investor yang kurang pengalaman. Sebab, trading menggunakan margin ini sangat berisiko.

Tim goodscoop.id sendiri tidak pernah menyarankan untuk trading saham baik luar negeri maupun dalam negeri menggunakan margin karena risiko yang luar biasa tinggi dan berpotensi melemahkan finansial kamu selama beberapa tahun ke depan.

Saking tingginya risiko trading margin ini, banyak broker saham yang langsung melarang praktek trading margin. Salah urus sedikit saja, akun margin bisa hilang ditelan pasar dan hanya menyebabkan kerugian besar bagi pengelola akunnya.

Sebelum kamu memutuskan untuk trading dengan akun margin, pastikan kamu memahami seluruh risiko trading margin. Tim goodscoop.it tidak merekomendasikan kamu untuk menggunakan margin dalam trading, baik kamu trader pemula maupun profesional.

Review Aplikasi Webull: Apakah Webull Bagus untuk Pemula?

Webull memiliki nilai jual yang sangat menarik bagi investor dan trader retail. Alasannya, aplikasi Webull dapat digunakan dengan baik oleh trader pemula maupun trader kawakan.

Memang, ada bebebrapa fitur yang mungkin berada di luar ilmu yang dimiliki oleh investor pemula. Namun, aplikasi ini memberi kesempatan pada trader pemula untuk untuk menguji pemahaman mereka mengenai trading saham luar negeri di akun trading trial namun real-time.

Dengan fitur ini, kamu bisa mencoba trading saham luar negeri sesuai dengan jam buka pasar saham, tanpa harus menghadapi risiko dengan uang nyata.

Selain itu, kamu juga bisa trading Penny Stock di Webull. Penny Stock adalah pasar saham dengan satuan harga sen. Dengan cara ini, sebagai trader pemula, kamu bisa belajar cara trading saham luar negeri dengan jumlah uang minimal yang tentunya meminimalisir risiko.

Biaya transaksi yang gratis membuat trading saham Penny Stock semakin menarik karena kalau kamu salah mengambil keputusan, kamu hanya akan kehilangan sejumlah uang kecil yang kamu gunakan untuk membeli Penny Stock.

Penutup

Kesimpulan dari review aplikasi Webull ini, tim goodscoop.id menemukan bahwa aplikasi trading saham luar negeri ini cocok untuk trader pemula hingga profesional yang ingin menjajaki trading saham luar negeri.

Tentunya, aplikasi Webull sendiri memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, keputusan kembali ada di tangan kamu, apakah kamu ingin trading saham luar negeri dengan aplikasi Webull, atau dengan aplikasi kompetitornya, yaitu Robinhood.