free page hit counter
Beda Idul Adha dan Idul Fitri
Perbedaan Idul Aadha dan Idul Fitri | Via pexels.com

Jangan Terbalik! Ini Perbedaan Hari Raya Idul Adha dan Idul Fitri

Artikel diperbarui pada 5 Juli 2021.

Hari raya adalah momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah. Walau pun pada hari raya kamu haram puasa dan boleh makan minum tetapi kamu perlu mengendalikan diri. Apa perbedaan antara Idul Adha dan Idul Fitri? Yuk, simak artikel ini hingga selesai.

perbedaan idul adha
Perbedaan Idul Aadha dan Idul Fitri | Via pexels.com

Hari raya adalah momentum untuk bergembira dan bersuka cita. Sehingga pada hari raya kamu haram puasa. Tetapi walau pun begitu, kamu tetap perlu bisa mengendalikan diri agar tidak berlebihan dan melampau batas dalam makan dan minum.

Umat Islam mempunyai dua hari raya yaitu hari raya Idul Adha dan Idul Fitri.

Mungkin kamu bertanya-tanya dalam hati, apa perbedaan antara Idul Adha dan Idul Fitri?

Ada beberapa perbedaan mendasar antara Idul Adha dan Idul Fitri. Berikut penulis sajikan kepada kamu beberapa perbedaan antara Idul Adha dan Idul Fitri.

Baca juga: Insya Allah Giliran Kamu, Pelajari Dulu Syarat dan Rukun Haji di Sini

Perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri

Walau pun sama sama hari raya, antara Idul Adha dan Idul Fitri mempunyai beberapa perbedaan. Secara sederhana ada 4 perbedaan antara idul Adha dan Idul Fitri. Simak artikel ini sampai selesai ya biar kamu tidak gagal faham. Inilah perbedaan Idul Adha dan Idul Fitri:

Beda Momentum

Momentum salat Idul Adha kamu laksanakan dalam rangka  memperingati jasa besar nabi Ibrahim yang ikhlas mengorbankan putranya, Ismail karena Allah.

Bisa kamu bayangkan bagaimana seandainya Allah perintahkan kamu untuk menyembelih putramu? Tentu ini berat sekali ya.

Dan dari awal Allah Mahatahu, tidak mungkin kamu mampu dan sanggup melasanakannya. Maka Allah memberikan contoh nyata kepada kamu bagaimana seorang Ibrahim yang rela hati melaksanakan perintah Allah menyembelih putranya.

Padahal ismail adalah anak semata wayang Ibrahim yang sangat diharapkan kehadirannya puluhan tahun sebelumnya.

Ketika dia punya anak tiba-tiba Allah perintahkan untuk menyembelihnya. Tentu ini sebuah ujian yang sangat berat bagi Ibrahim. Dan Ibrahim pun kuat dengan rahmat dan ijin Allah.

Beda Puasanya

Puasa Idul Adha berbeda dengan Idul Fitri. Dalam puasa Idul Fitri kamu berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadan.

Setelah melaksanakan puasa satu bulan penuh, kemudian kamu bisa berlebaran dan menjalankan salat hari raya Idul Fitri.

Sedangkan hari raya Idul Adha kamu bisa menjalankan puasa 2 hari sebelumnya. yaitu puasa tarwiyah dan puasa arofah.

Beda Durasi Bacaan Takbir

Durasi bacaan takbir yang kamu kumandangkan pada  Idul Fitri terbilang pendek bila dibandingkan dengan bacaan takbir Idul Adha.

Bacaan takbir idul fitri hanya boleh dibaca mulai dari ahir Ramadhan hingga sebelum salat Idul fitri.

Sedangkan pada salat Idul Adha durasinya jauh lebih panjang. Yaitu mulai dari maghrib hari Arofah sampai tiga hari pada hari tasyik.

Takbir ini bisa kamu baca hingga habisnya hari tasyrik tetapi hanya boleh dibaca setelah salat 5 waktu saja. Itu pun tidak dibaca secara umum, hanya setelah salat saja.

Baca juga: Twibbon Bingkai Foto Idul Adha 1442H/2021M [Download Gratis] 

Menahan Makan sebelum Salat Idul Adha

Menahan Makan Sebelum Salat Idul Adha
Menahan Makan sebelum Salat Idul Adha | Via pixabay.com

Salat Idul Adha berbeda dengan salat Idul Fitri. Pada Idul Fitri sunnah untuk menyegerakan makan sebelum berangkat salat Idul Fitri.

Mengapa? Untuk membedakan bahwa pada hari raya Idul Fitri kamu sedang tidak puasa.

Sedangkan pada hari Idul Adha sunnah untuk tidak makan dulu sebelum berangkat salat Idul Adha agar nanti bisa menikmati daging kurban.

Beda Waktu  mulai Salat

Pada hari raya Idul Adha sunnah menyegerakan salat ketika sudah terpenuhi syarat. Yaitu matahari sudah mulai meniggi  kira-kira setinggi sepenggalah.

Sedangkan pada hari raya Idul Fitri sunnah mengahirkan salat Idul Fitri. Artinya tidak segera salat untuk menunggu orang-orang yang belum berzakat hingga mereka menyelesaikan menunaikan zakatnya.

Mengapa begitu?

Karena ketika ada orang yang belum berzakat sedangkan salat Idul Fitri sudah didirikan, maka zakatnya tidak sah. Kasihan mereka, kan?

Sedangkan pada salat Idul Adha disegerakan salat agar cepat selesai dan bisa segera melaksanakan kurban hewan yang siap dieksekusi.

Baca juga: Tata Cara Khutbah Idul Adha dan Keutamaannya Agar Dilaksanakan

Kesimpulan

Ternyata ada perbedaan mendasar antara hari raya Idul Adha dan Idul Fitri. Perbedaan ini melekat pada masing masing hari raya. Dan perbedaan ini menjadi ciri khas dari hari raya itu sendiri.

Perbedaan ini menunjukkan betapa besar rahmat dan karunia Allah untuk kamu  yang jarang kamu sadari.

Dengan memahami kakekat dari pebedaan ini maka kamu akan mudah menikmati indahnya hari raya tanpa mudah menyalahkan orang lain yang beda pendapat dengan kamu.