free page hit counter
Hikmah Idul Adha
Hari raya Eid al Adha | Via pixabay.com

Hikmah Idul Adha Ini Harusnya Kamu Rasakan Ketika Lebaran Haji Tiba

Artikel diperbarui pada 5 Juli 2021.

Allah menjadikan amalan dan ibadah sebagai anugerah bagi orang-orang yang beriman. Setiap amalan ibadah pada hakekatnya selalu mengandung hikmah yang sangat besar. Termasuk hikmah Idul Adha yang perlu kamu  gali dan dalami sejak dini.

Hikmah Idul Adha
Hikmah Idul Adha | Via pixabay.com

Allah Mahabaik terhadap hamba-hambaNya. Allah melipatgandakan  kebaikan dan amal saleh manusia yang beriman. Kebaikan dan amal saleh yang kamu lakukan tidak ada yang sia-sia.

Semua orang beriman yang mau beramal akan memperoleh pahala dan derajat yang tinggi di sisi Allah. Termasuk Idul Adha ini membawa banyak hikmah yang sangat besar.

Idul Adha merupakan salah satu cara Allah agar manusia mau berbagi harta benda yang dicintainya kepada saudaranya sesama muslim.

Baca juga: Jangan Sampai Kamu Lewatkan Sholat Idul Adha

Hikmah Idul Adha

eid-al-adha
Hari raya Eid al Adha | Via pixabay.com

Bagi umat Islam hari raya artinya adalah perayaan, kegembiraan dan suka cita. Begitu juga dengan hari Raya Idul Adha, tempat bersuka cita dan bergembira.

Mengapa? Hari raya Idul Adha adalah bagian dari Idul Adha untuk bersuka cita serta bergembira. Mulai dari bertakbir, salat hari raya, menyembelih sapi, kambing dan membagikannya kepada saudara sesama muslim.

Ada banyak sekali hikmah dan manfaat dari kegiatan Idul Adha yang bisa kamu selenggarakan. Berikut beberapa hikmah dan manfaat Idul Adha:

Momentum untuk Berbagi

Idul Adha atau biasa dikenal dengan hari raya kurban adalah momentum bagi umat Islam yang mampu secara finansial untuk membeli kambing, sapi atau kerbau yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha.

Daging hewan kurban yang sudah disembelih ini dibagikan kepada saudara sesama muslim dalam rangka untuk memberikan kegembiraan kepada mereka.

Sehingga secara tidak langsung ini adalah sebuah cara Allah agar kamu lebih peka terhadap lingkungan sekitarmu.

Lewat Idul Adha ini kita mencoba memperhatikan orang lain yang secara ekonomi kurang mampu.

Idul Adha adalah momentum agar kamu jauh dari sifat pelit, kikir dan bakhil. Tentu saja sifat suka berbagi ini bisa kamu lanjutkan selepas lebaran Idul Adha.

Jangan mentang-mentang Idul Adha sudah usia, daging kurban sudah dibagikan, selebihnya kamu tidak mau bersedekah dan berbagi dengan orang lain? Jangan ya.

Meningkatkan Derajat Taqwa

Berkurban merupakan perintah Allah yang jelas dan nyata tertuang di dalam al Quran. Allah perintahkan kepada orang-orang yang mampu secara ekonomi untuk  berkurban.

Banyak sekali orang yang mampu secara ekonomi tetapi mereka tidak mau berkurban. Mereka merasa enggan untuk mengeluarkan uangnya membeli hewan dan dikurbankan pada hari raya kurban.

Mereka tidak mau berkurban karena merasa takut uangnya habis dan takut miskin. Padahal, Allah akan mengganti bahkan melipatgandakan harta  dan uang yang telah kamu gunakan untuk membeli hewan kurban.

Maka orang-orang yang mau dan rela berkurban adalah orang yang benar-benar mendapatkan petunjuk dan hidayah dari Allah.

Mereka adalah orang-orang bertaqwa yang akan berbahagia dunia ahirat karena mendapat rida Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Beroleh Limpahan Pahala

Berkurban dengan hewan sapi, kambing merupakan aktivitas ibadah dan dakwah yang bersifat sosial. Kamu perlu mengeluarkan uang untuk membeli hewan kurban ini.

Uang yang kamu keluarkan untuk membeli hewan ini akan Allah catat sebagai pahala yang berlimpah.

Bukan hanya itu, Allah akan mengganti dan melipatgandakan harta yang kamu keluarkan untuk membeli hewan kurban berlipat-lipat. Sekarang masalahnya apakah kamu yakin dan percaya dengan janji Allah ini?

Menumbuhkan Rasa Empati

Kurban adalah salah satu jenis ibadah sosial seperti sedekah, zakat. Kamu rela hati untuk mengeluarkan harta dengan menyembelih hewan kurban dan membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan.

Bahkan membagikannya kepada orang-orang  yang tidak mampu. Sungguh Allah telah mengetuk pintu hatimu, memberi cahaya dan rahmat-NYa. Mereka termasuk golongan orang-orang yang Allah lembutkan hatinya.

Baca juga: Jangan Lewatkan! Ini Takbir Idul Adha yang Berpahala Besar

Kesimpulan

Allah Mahatahu dengan sifat dasar manusia. Manusia maunya mengejar yang enak dan nyaman. Termasuk kamu, iya kan?

Sebaliknya, manusia selalu berusaha menjauhi sesuata yang nggak enak dan menyakitkan. Allah melipatgandakan pahala dan derajat orang-orang yang melakukan kebaikan dan amal saleh termasuk menyembelih kurban di hai raya Idul Adha.

Allah menampakkan hikmah Idul Adha ini agar kamu semangat dan antusias mengejar kebaikan dan amal saleh selama hidup di dunia ini.

Karena pada dasarnya Allah tidak pernah menghendaki keburukan pada manusia. Hanya saja terkadang manusia ragu dengan janji Allah.