free page hit counter
Cara mulai investasi. | @master1305 - FREEPIK
Cara mulai investasi. | @master1305 - FREEPIK

Sebelum Investasi, Perhatikan 8 Hal Penting Ini

Artikel diperbarui pada 11 Juni 2021.

Hand holding money with plant growing on soil. Premium Photo
Apa yang harus diperhatikan sebelum mulai investasi? | @lovelyday12 – freepik.com

Buat kamu yang sedang menggebu ingin berinvestasi, pikirkan kembali dengan penuh kematangan sebab-akibat, dan untung-ruginya. Tidak cukup sekedar keinginan, semangat dan modal yang cukup, kamu juga perlu tahu hal-hal dasar ini.

Yuk simak apa saja hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk memulai investasi

#1. Punya Dana Nganggur

Jangan memaksa investasi jika memang kebutuhan harian saja harus banting tulang dan berkeringat setiap hari. Lebih utama uang yang ada digunakan untuk keperluan harian, pendidikan dan dana darurat.

Karena dengan investasi artinya kamu siap rugi dan kehilangan uang yang bisa saja kamu gunakan untuk keperluan lain. Jangan investasi menggunakan uang tabungan pensiun/modal kerja/uang sekolah dll.

#2. Pelajari Lebih Dulu

Jangan tergesa dan bermuluk-muluk berekpektasi, mulailah dengan mempelajari seluk beluk investasi dan detailnya. Belajar dari para mentor atau dari konten edukasi di You Tube.

Jangan memaksa investasi pada sesuatu yang kamu sendiri belum mengerti. Bisa tekor.

#3. Jangan Kucing-kucingan

Butalah investasi kamu transparan dan jelas, jangan menghindari pajak atau melakukan hal ilegal supaya bisa mendapat profit investasi lebih tinggi.

Kalau ketahuan bisa disita atau dibekukan, penyesalan pasti akan datang kemudian.

#4. Perusahaan yang Jelas

Yang namanya investasi tentu harus jelas core bisnis dan perusahannya. Pastikan tempat kamu berinvestasi sudah diverifikasi dan diaudit oleh pihak notaris atau pemerintah.

#5. Tergesa dalam Keputusan

Sesuatu yang tergesa selalu berakibat tidak baik, apalagi tergesa mengambil keputusan unuk join investasi. Jangan mengambil keputusan saat kamu dalam keadaan sangat sedih, sangat marah, sangat gembira, atau emosi tidak stabil.

Berilah waktu beberapa hari atau pekan dan meminta saran kepada keluarga atau pasangan, kemudian pertimbangkan.

#6. Jangan Buru-buru Ingin Cair

Memang tujuan investasi adalah mendapatkan keuntungan, tapi tetaplah ikuti alur. Jangan tergesa mengharap keuntungan yang banyak, apalagi dengan modal yang sedikit.

Jangan investasi hanya karena butuh uang atau cari untung dengan cepat, ini adalah investasi bukan restoran cepat saji.

#7. Jangan Sekedar Ikut

Investasi itu karena kesadaran dan kehendak bisnis, jangan hanya sekedar ikut-ikutan, sungkan dengan yang menawarkan, malu kepada teman dan kolega yang sudah join lebih dulu, atau sekedar coba-coba tanpa memahami resiko dan faham ilmu investasi.

#8. Jangan asal Marger

Jika investasi kamu sudah berjalan dengan laporan keuangan yang transparan, dan kemudian secara tiba-tiba ada perubahan kebijakan atau produk, jangan asal mengangguk saja.

Perjelas jenis produknya apakah ada riba atau tidak dan gali detail informasi berapa persen bagian yang akan kamu dapatkan, hati-hati denganucapan dan kata-kata njlimet yang penuh tafsir dan dipermainkan.

Semoga tips sederhana ini menambah wawasan kamu.

Tinggalkan Balasan