free page hit counter
Komunitas Bisnis di Indonesia
Gabung dengan komunitas bisnis di Indonesia ini. | @8photo - freepik.com

5 Komunitas Bisnis di Indonesia Paling Mantap Buat Belajar

Artikel diperbarui pada 21 September 2022.

Bergabung dengn komunitas bisnis di Indonesia artinya membuka peluang baru untuk belajar dari mereka yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia enterpreneurship. Apa saja komunitas bisnis yang ada di Indonesia?

Komunitas Bisnis di Indonesia
Gabung dengan komunitas bisnis di Indonesia ini. | @8photo – freepik.com

Sebagai seorang pebisnis/entrepreneur, tentu kamu perlu pebisnis lain dalam lingkaran bisnis kamu. Entah untuk berbagi ilmu, saling berbagi pengalaman, ataupun saling memotivasi.

Selain itu, dalam dunia bisnis, banyaknya relasi sangat dibutuhkan untuk menunjang bisnis kamu. Nah, disinilah pentingnya keberadaan sebuah komunutas bisnis.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak komunitas bisnis yang dapat menjadi wadah untuk kamu dalam bertukar pemikiran, pengalaman, dan lain-lain yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Berikut adalah lima komunitas bisnis di Indonesia.

Baca Juga: Cara Jualan Online di Instagram: Panduan Terlengkap UMKM

#1. TDA/Tangan Di Atas Community

Rekomendasi komunitas bisnis di Indonesia adalah komunitas bisnis bernama Tangan Di Atas (TDA). Komunitas ini digagas oleh para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

Komunitas bisnis ini merupakan salah satu komunitas bisnis terbesar di Indonesia. Banyak kegiatan yang diadakan oleh komunitas ini, seperti workshop, seminar, bahkan bootcamp yang  semuanya bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skill berbisnis kamu.

Event yang pernah TDA adakan adalah Pesta Wirausaha Nasional pada tahun 2019, HARBOLNAS Pesta Wirausaha 2019, dan Expo Pesta Wirausaha

Baca Juga: Siapa Hafsah Faizal? Wanita Bercadar Berhasil Masuk Majalah Forbes Karena Ini

#2. GEPI/Global Enterpreneurship Program Indonesia

Komunitas ini didirikan pada tahun 2011. Jaringan komunitas bisnis ini sangat luas, yang pastinya akan membantu kemajuan bisnis kamu dan akan menambah relasi bisnis kamu.

Komunitas ini bergerak di bidang start-up business atau bisnis start-up. Komunitas ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menekuni bisnis ini.

Komunitas ini ada untuk membantu kamu yang sedang menekuni bisnis dari sektor teknologi. Komunitas ini memberikan wadah dalam mengembangkan diri pebisnis untuk menggali ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ini adalah pelatihan-pelatihan dan inkubasi.

Selain itu, komunitas GEPI ini juga menawarkan pendanaan bagi bisnis kamu dari para angel investor.

Sekarang waktunya kamu untuk memulai bergabung di komunitas ini atau komunitas  yang lain yang untuk tetap produktif di masa pandemi covid.

Selain menambah wawasan dan pengalaman serta juga menambah pemasukan ketika semuanya serba mahal.

Baca Juga: Tak Disangka! Dari Jualan Mukena Jenis Ini, Mardiyah Bisa Cuan Lebar! Tiru Resepnya

#3. Yukbisnis

Komunitas bisnis di Indonesia yang ketiga adalah Yukbisnis. Komunitas ini bisa disebut sebagai marketplace, karena komunitas ini pada dasarnya memasarkan produk-produk dari para anggotanya.

Komunitas Yukbisnis mempunya sebuah misi yaitu “Mengedukasi UKM untuk melek online dan pentingnya brand, bukan sekadar menjual”

Anggota komunitas ini kebanyakan adalah para pelaku Usaha Kecil dan menengah, pebisnis pemula, hingga wirausahawan. Kegiatan yang sering dilakukan adalah bertukar informasi dan mengadakan forum diskusi mengenai dunia bisnis.

Selain sebagai komunitas, Yukbisnis juga termasuk toko online yang menggeluti bidang jasa sehingga sangat cocok ketika kamu akan bergabung.

Bagi kamu yang merasa bosan ketika di rumah dan tidak berpenghasilan maka sangat tepat jika mencoba yukbisnis untuk mengawali usaha kamu di masa pandemi seperti ini.

Baca Juga: Wow! Kamu Segera Bisa Dapat Uang Dari Twitter!

#4. Boeatan

Boetan adalah sebuah komunitas bisnis yang bergerak di bidang kerajinan tangan atau handmade. Komunitas ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menekuni bisnis di bidang tersebut, khususnya para pengrajin Indonesia.

Di komunitas ini, kamu bisa berbagi informasi dan tips menarik mengenai tren yang sedang berkembang di dunia senia kriya.

Tak hanya itu saja, di komunitas ini, kamu juga bisa mengikuti pelatihan dan workshop mengenai hal-hal menarik sesuai dengan kebutuhan dalam duni seni kriya.

Tentu dengan adanya komunitas boeatan akan semakin membuat kamu produktif selama masa pandemi ini, karena bisnis boeatan sangat cocok ketika dikerjakan di rumah.

Apalagi jika kamu merupakan orang yang kreatif dalam membuat suatu kerajinan.

Baca Juga: 5 Hal yang Paling Banyak Dipelajari dari Google Selama Pandemi

#5. JDA Community

Komunitas bisnis selanjutnya adalah JDA Community. Komunitas ini mempunyai prinsip action-oriented. JDA Community berpegang teguh pada aksi kamu untuk memulai bisnis yang kamu mulai.

Karena sebagus apapun ide bisnis kamu, jika kamu tidak memulainya, maka akan sia-sia. Oleh karena itu, komunitas ini sangat cocok bagi kamu yang ingin serius menekuni sebuah bisnis dengan step by step dan segala upayamu.

Selain itu, komunitas ini juga menjanjikan pendanaan bagi bisnis kamu dan siap memberikan pendampingan bagi bisnis yang kamu tekuni.

Baca Juga: Cara Jualan Online di Facebook: Organik dan Iklan