free page hit counter

Panduan & Solusi Syari Bisnis Tanpa Modal, Cocok Buat Sampingan di Rumah

Artikel diperbarui pada 7 Juni 2021.

Male designer and leather tailor working at a factory Free Photo
Ilustrasi. | @senivpetro – freepik.com

Zaman teknologi seperti ini seharusnya mempermudah mobilitas dan penyebaran informasi, termasuk menggunakan layanan internet sebagai sarana untuk mengeruk pundi-pundi rupiah. Tidak perlu risau dengan keterbatasan modal, karena usaha dan ide bisnis yang tepat pada orang yang tepat bahkan tidak membutuhkan modal uang, cukup tenaga dan atau kuota internet serta aktif di media sosial ataupun di masyarakat, di jamin kamu bakal kebanjiran cuan.

Ini ide bisnis tanpa modal yang sesuai syari, cocok untuk usaha sampingan dan para ibu-ibu rumahan sambil ngemong anak.

#1. Wakalah

Hands of agent and client shaking hands after signed contract buy new apartment. Free Photo
Ilustrasi. | @jcomp – freepik.com

Bahasa muamalahnya adalah wakalah yang kalau diartikan harfiah adalah broker, makelar atau reseller, dropshiper. Jadi wakalah hanya butuh modal integritas dan kepercayaan pemilik barang, modal utama wakalah adalah amanah.

Agar sistem wakalah ini syari dan tidak terjatuh ke dalam larangan menjual yang bukan miliknya, maka harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik barang atau jasa. Jadi kamu tidak boleh serta-merta menawarkan suatu barang kepada konsumen dan begitu konsumen setuju untuk membeli lantas kamu baru meminta izin membelikan. Ini dilarang karena kamu menjual sesuatu yang bukan hak milik kamu sendiri.

Kamu bisa datang ke toko baju, sepatu, perabot rumah tangga kemudian meminta izin ke pemilik toko untuk menawarkan dagangan mereka di toko online milik kamu. Mudah bukan? Cukup bermodal mental untuk izin, hp dan kuota, kamu bisa berjualan tanpa modal.

#2. Akad Salam (pesanan)

Cyber monday retail sales Free Photo
Ilustrasi. | freepik.com

Mirip dengan wakalah, akad salam adalah jual beli dengan cara mengadakan barang ketika ada konsumen mencari sesuatu yang mereka butuhkan dengan sitem pembayaran di muka. Yang kamu jual adalah “diri kamu”, maksudnya orang akan spontan teringat kamu ketika mereka membutuhkan sesuatu.

Dengan sistem pembayaran di muka secara cash kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk membeli yang konsumen butuhkan. Modal yang kamu butuhkan selain kepercayaan konsumen adalah mental “PALUGADA” Pa yang Lu Mau Gua Ada.

#3. Syirkah Mudhorobah

Millennial asia businessmen and businesswomen meeting brainstorming ideas about new paperwork project colleagues working together planning success strategy enjoy teamwork in small modern night office. Free Photo
Ilustrasi. | @tirachardz – freepik.com

Syirkah itu berserikat atau diartikan sebagai kerja sama yang saling menguntungkan. Jika kamu memiliki jiwa bisnis dan tertantang dengan dunia usaha, kamu bisa datang kepada orang-orang yang harta mereka nganggur tidak beranak dan tidak pula diperanakan.

Modal yang kamu butuhkan untuk memulai syirkah adalah proposal bisnis yang jelas dan seni menarik investor agar mereka mau mengeluarkan setetes dari harta mereka yang menumpuk. Pastikan kamu sebutkan pembagian keuntungan di proposa yang sudah kamu buat.

Jika kamu minder untuk memulai bisnis dan lebih tertarik meneladani para Nabi semabari mencari keberkahan, kamu bisa datang ke pemilik ternak dan meminta izin untuk mengurus ternak mereka dengan ketentuan bagi hasil sekian persen sesuai kesepakatan.

Atau jika kamu hobi bercocok tanam, kamu bisa menawarkan diri kepada pemilik tanah untuk mengelola lahan mereka dengan sistem bagi hasil.

#4. Shina’ah (produksi)

Work of footwear repairman Free Photo
Ilustrasi. | @pressfoto – freepik.co

Selain mental palugada yang harus dimiliki oleh para tuna modal, hal selanjutnya yang bisa kamu jual adalah keahlian. Buat kamu yang memiliki bakat terpendam dan tertahan modal, kamu bisa menggunakan keahlian yang kamu miliki tersebut untuk memproduksi sesuatu kemudian kamu jual.

Karena  kamu tidak memiliki modal tentu saja kamu harus meminta pembayaran di muka seluruhnya atau DPnya saja, dan uang tadi bisa kamu gunakan untuk membeli bahan-bahan yang akan kamu produksi.

#5. Ijaroh

Confident mechanic at repair shop Free Photo
Ilustrasi. | @pressfoto – freepik.com

Solusi terakhir bagi kamu yang sudah mentok modal tapi butuh cuan agar dapur tetap ngebul dan susu anak tetap terbeli adalah ijaroh. Yaitu jual jasa dan tenaga kamu.

Ijaroh ini juga berlaku bagi para buruh dan karyawan yang menjual jasa dan tenaga mereka, tapi ketika kamu belum bisa menjadi pegawai seperti orang-orang tersebut kamu tetap bisa menawarkan jasa dan tenaga kamu kepada orang yang membutuhkan, menjadi buruh cuci, menjadi kuli bangunan.

Simpel bukan? Ternyata banyak juga usaha yang tanpa modal. Cukup bermodal keberanian mental dan kejujuran sikap kamu bisa mendapatkan cuan yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau dikumpulkan untuk modal usaha yang akan kamu rintis sendiri. Tetap semangat dan jangan putus asa!

“Usaha yang paling bagus adalah yang dikerjakan bukan yang dibicarakan.” anonim

 

Tinggalkan Balasan