free page hit counter

Biar Gak Gagal Paham, Ini 3 Produk Bank yang Halal Kamu Gunakan

Artikel diperbarui pada 11 April 2021.

Bank manager holding a credit card Premium Photo
Ilustrasi | IPOPBA – FREEPIK

Jika disebut kata bank maka yang terlintas pertama kali di kepala adalah riba atau beberapa produk bank lainnya, terlebih jika kamu adalah muslim taat yang sangat hati-hati supaya tidak terjatuh dalam hal ribawi. Tidak sepenuhnya salah sih, tapi ternyata tidak seluruh produk bank itu riba, haram, dan tidak diperbolehkan. Karena ada beberapa produk bank yang boleh kamu gunakan.

Berikut 3 produk bank yang boleh digunakan oleh seorang muslim, yuk cek!

#1. Uang

Closeup of money bundle isolated on white background Free Photo
Ilustrasi. | RAWPIXEL.COM_FREEPIK

Iya uang, yang selalu kamu cari dan kamu butuhkan bahkan jadi “obat” pusing pada suatu kondisi. Gimana jadinya kalau uang termasuk dihukumi riba, apa gak tambah pusing nanti? Karena riba atau tidaknya sebuah transaksi muamalah tidak ditentukan dari jenis mata uang apa yang digunakan.

Memang uang yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia termasuk dalam jenis komoditas ribawi karena bersifat alat tukar dan bernilai sama seperti emas. Tapi nilai ribanya bukan karena uang adalah termasuk produk bank, karena bahkan emas yang bukan produk bank ternyata merupakan jenis komoditas ribawi nomor satu.

Yang menjadikan uang itu riba adalah bentuk transaksi dan bagaimana cara uang berputar, seperti hutang yang berbunga atau jual-beli emas dengan cara tempo. Tapi dzat dan identitas uang itu bukan sesuatu yang bernilai riba selama disepakati penggunaanya oleh masyarakat dan sah di mata undang-undang ataupun agama.

“Yang menjadikan suatu benda atau alat tukar dihukumi riba bukanlah identitas benda tersebut, tapi cara dan bentuk transaksinya yang berakibat riba atau tidak.”

Jadi sudah jelas ya kalau uang bukan termasuk riba dan boleh digunakan.

 #2. Menabung di Bank

Businessman holding a bunch of coins Free Photo
Ilustrasi | FREEPIK

Nah apakah selama ini kamu beranggapan jika menabung uang di bank termasuk riba? Eits… Nanti dulu, ternyata hukum menabung uang di bank tidak sesimpel hitam dan putih. Ada beberapa perincian yang dijelaskan oleh para ulama.

  1. Menabung hukumnya menjadi wajib jika dengan membawa dan menyimpan uang cash yang banyak di rumah atau di brankas membuat pemiliknya terancam bahaya, baik karena khawatir dirampok atau dicuri.
  2. Menabung dengan cara menyewa kotak penyimpanan brankas di bank, artinya kamu membayar sewa baik pertahun atau sesuai waktu yang ditentukan untuk sebuah brankas yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan harta berharga kamu.
  3. Menabung dengan akad Wadiah di bank syariah. Walaupun bank-bank syariah di Indonesia belum bisa menerapkan sistem syariah 100% tapi kamu bisa menggunakan jasa tabungan di bank dengan akad Wadiah, yaitu akad murni untuk menitipkan uang (wadi’ah). Walau actually-nya kamu tidak tahu apakah uang kamu diputar untuk bisnis atau memang benar-benar tidak digunakan sama sekali. Tapi hal itu di luar kemampuan kamu dan menjadi tanggungan bank sepenuhnya jika ternyata uang yang kamu simpan digunakan oleh pihak bank.

“Jika kamu terpaksa harus menabung di bank yang menggunakan akad riba, maka bunganya jangan diambil karena itu riba. Cukup gunakan uang yang kamu simpan di awal setelah dipotong biaya administrasi setiap bulan.”

#3. Transfer

Woman holding card ,using atm Premium Photo
Transfer Uang | USER8818949_FREEPIK

Layanan bank yang satu ini memang sangat memanjakan semua pengguna jasa bank. Hampir semua transaksi modern menggunakan layanan transfer, baik untuk membayar suatu barang atau jasa atau untuk melakukan top up ke dompet digital.

Transfer uang ada dua macam, yang pertama transfer ke rekening bank lain tanpa harus memiliki rekening dan yang ke dua transfer dari satu rekening ke rekening yang lain. Untuk hukum transfer uang maka boleh karena sifatnya adalah tahwil memindahkan, tapi para ulama lebih menyoroti jika harus membuka rekening dahulu, dan hal ini dikembalikan kepada sifat darurat yang kamu hadapi, apakah sebegitu urgent untuk membuka rekening atau tidak.

“Sifat transfer adalah memindahkan uang dari satu tempat ke tempat lain dan ini boleh, begitu juga biaya transfer juga diperbolehkan. Sama ketika kamu membayar jasa orang lain untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain.”

Itu tadi 3 produk bank yang boleh digunakan oleh seorang muslim. Semoga jadi tambahan wawasan buat kamu.

Tinggalkan Balasan