free page hit counter

Asuransi Menjamin Masa Depan, Benarkah? Ini Faktanya

Artikel diperbarui pada 11 April 2023.

Mungkin banyak dari kamu bertanya-tanya, bagaimana asuransi menjamin masa depan? Seperti diketahui ada banyak sekali jenis dari asuransi, mulai dari kesehatan, jiwa, pendidikan, kendaraan, dan masih banyak lainnya.

Banyaknya pilihan membuat orang-orang merasa bingung harus menggunakan yang mana. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa asuransinya, kamu harus memahaminya terlebih dahulu.

Lalu ada yang mengatakan asuransi menjamin masa depan, apakah hal tersebut benar adanya? Dapat kami katakan, dari banyaknya manfaat yang diberikan tentu saja hal tersebut akan memberikan keuntungan di masa depan.

Memahami Asuransi dan Sifatnya

Tidak sedikit orang berpendapat bahwa membayar asuransi (jaminan) hanya menambah beban keuangan. Pasalnya pelanggan harus membayarkan sejumlah uang dengan waktu yang telah disepakati bersama.

Padahal jika lebih memahaminya, kamu akan sadar bahwa asuransi menjamin masa depan. Bagaimanapun, jaminan yang dibayarkan tersebut akan sangat berguna untuk menghadapi risiko di masa akan datang, seperti sakit atau cacat tetap.

Asuransi (jaminan) adalah produk keuangan bertujuan untuk menanggung risiko yang akan dihadapi nasabah. Ada banyak sekali jenis dari jaminan, tergantung pada risikonya. Selain itu, dengan menggunakan jasa agen bisa membeli asuransi secara online untuk membeli produk asuransi.

Saat ini penyedia jasa asuransi telah menyediakan pilihan pembelian secara online agar lebih nyaman dan mudah.

Bagaimana Bisa Asuransi Menjamin Masa Depan?

Mungkin sebagian orang dengan memiliki BPJS, maka hidup akan terjamin kedepannya. Hal tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah, namun sebaiknya memiliki banyak jaminan agar hidup bisa lebih terjamin di masa akan datang.

Meskipun telah memiliki jaminan dari pihak berwenang, namun memiliki lebih banyak perlindungan akan lebih baik, misalnya asuransi. Cobalah untuk membuat perhitungan dan menjalankan perhitungannya.

Dengan begitu kamu akan tau seberapa besar risiko yang mungkin terjadi, sehingga lebih tahu berapa banyak jaminan yang dibutuhkan. Sudah waktunya membuang anggapan umum bahwa asuransi berarti membayar sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Karena pada dasarnya asuransi menjamin masa depan, bahkan menjadi kebutuhan. Tidak seorangpun yang tau kapan menghadapi risiko karena waktunya tidak dapat diprediksi. Dengan memiliki jaminan, akan membantu meminimalkan risiko finansial di kemudian hari.

Ingat selalu dengan pepatah mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, jangan menunggu terjerumus ke dalam masalah keuangan baru mencari solusinya. Alangkah lebih baik jika kamu telah menyiapkan kebutuhan asuransi dalam hidup.

Asuransi Menjamin Masa Depan, Apakah Ada Hal Lain yang Membuktikannya?

Mungkin sebagian orang masih merasa bimbang, lalu bertanya apakah tidak ada hal lain yang lebih meyakinkan untuk membuktikan jaminan tersebut? Berikut ini kami akan memaparkan beberapa alasan mengapa kamu harus menggunakan jaminan untuk hidup kedepannya.

1. Kecemasan akan Berkurang

Terdapat sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Development Economics, dengan memiliki jaminan dapat menenangkan pikiran seseorang dan mengurangi stres. Hal ini karena perusahaan jaminan tersebut dapat memberikan keuntungan.

Hal tersebut karena orang-orang yang memilikinya merasa bahwa kehidupannya di hari kemudian akan terjamin. Sehingga tidak perlu lagi merasa cemas berlebihan, bahkan meskipun risiko itu datang kapan saja.

2. Sebagai Tabungan di kemudian Hari

Hal tersebut bahkan dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk investasi untuk masa depan, baik secara kesehatan maupun finansial. Dari segi kesehatan, nasabah bisa mendapatkan jaminan dengan berbagai layanan yang ditawarkan.

Sedangkan dari segi finansial, asuransi mirip dengan tabungan berjangka dan keuntungan investasinya bisa diakses kapan saja. Dengan begitu, kamu bisa menganggap sedang menabung untuk kehidupan lebih sejahtera kedepannya.

3. Manajemen Keuangan

Perusahaan penjamin akan membantu meningkatkan manajemen keuangan pemegang polis. Misalnya, jika pengguna memiliki masalah kesehatan, tidak akan terbebani oleh biaya pengobatan. Maka tentu saja dapat dikatakan bahwa asuransi menjamin masa depan.

Hal tersebut karena semua biaya perawatannya ditanggung oleh perusahaan sesuai dengan polis pelanggan. Dengan begitu, maka tentu saja memberi pengguna kelonggaran finansial untuk mengantisipasi perubahan tak terduga di masa mendatang.

4. Salah Satu Bentuk Self-Love

Zaman sekarang kamu pasti sering mendengar betapa pentingnya melindungi kesehatan mental. Memiliki pola pikir yang sehat akan menjaga produktivitas dan kendali kamu. Maka dari itu tidak salah jika jaminan menjadi salah satu bentuk self-love.

5. Jaminan Kehidupan

Bahkan, seseorang dengan asuransinya dapat dikatakan telah memiliki pelindung hidup sepenuhnya. Sebagaimana diketahui bahwa sangat banyak manfaat jika memiliki jaminan. Seperti, santunan meninggal dunia, biaya Kecelakaan, biaya penyakit kritis, dan lainnya.

Dengan tersedianya banyak jaminan, memungkinkan penggunanya melindungi diri dari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi. Perlu diingat bahwa tidak hanya perlindungan kesehatan, tetapi juga finansial tergantung pada layanan yang dipilih.

Dengan memiliki jaminan di hari kemudian tentunya akan membuat kamu merasa tenang dalam menjalani hidup. Selain itu, dengan asuransi menjamin masa depan kamu juga tidak akan berpikir berlebihan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.