free page hit counter

9 Macam Jenis Asuransi yang Ada di Indonesia & Manfaatnya

Artikel diperbarui pada 25 Maret 2023.

Saat ini, sudah banyak jenis-jenis dari asuransi yang bisa dirasakan manfaatnya secara umum. Tidak jarang, asuransi bisa memberikan perlindungan keuangan dari berbagai musibah yang kita atau keluarga alami di kemudian hari.

Nantinya, pemegang polis berkewajiban untuk membayar premi setiap bulannya. Sementara pihak penyedia polis akan memberikan jaminan berupa pertanggungan atas musibah yang dialami penegang polis sesuai jenis asuransinya.

Dengan adanya pertanggungan tersebut, pemegang polis bisa terhindar dari berbagai risiko keuangan atas musibah tertentu yang kerap membutuhkan biaya besar. Untuk mengetahui apa saja jenis polis yang ada saat ini, langsung saja simak ulasan berikut!

Seperti penjelasan di atas, salah satu produk keuangan ini sangat berguna untuk memberikan perlindungan kepada seseorang dari risiko keuangan akibat musibah tertentu. Adapun jenis-jenisnya terdiri dari beberapa kategori, yaitu:

1. Asuransi Kesehatan

Jenis-jenis dari asuransi pertama adalah yang paling umum dan hampir di miliki oleh semua warga di Indonesia. Bahkan, pemerintah sendiri hadir sebagai penyelenggara untuk polis jenis ini karena memang sangat dibutuhkan.

Manfaat yang akan diterima oleh pemegang polis ini adalah biaya pengobatan atas penyakit tertentu seperti jantung, stroke, kanker, diabetes, atau berbagai jenis penyakit lainnya, baik ringan sampai berat.

2. Asuransi Jiwa

Selanjutnya, kita juga bisa memanfaatkan polis ini untuk menanggung risiko kematian. Pertanggungan ini tentu sangat bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan, apalagi jika kematian tersebut terjadi kepada pencari nafkah dalam keluarga.

Jenis-jenis dari asuransi jiwa juga cukup beragam. Tidak hanya kepada diri sendiri, kita juga bisa mengasuransikan orang lain dengan jenis polis ini seperti orang tua yang mengasuransikan anaknya atau suami yang mengasuransikan istrinya.

3. Asuransi Kendaraan

Selain berguna untuk mobilitas kita setiap harinya, kendaraan seperti mobil juga bisa mengalami berbagai musibah yang menelan biaya besar. Musibah tersebut bisa berupa kecelakaan, banjir, bencana alam, dan sebagainya.

Jenis-jenis dari asuransi kendaraan terdiri dari All Risk dan Total Loss Only (TLO). Jika kamu memilih All Risk, maka segala jenis kerusakan pada mobil bisa diklaim meskipun minor. Sedangkan TLO, hanya untuk jenis kerusakan parah (lebih dari 75%).

4. Asuransi Pendidikan

Seperti kita tahu, biaya pendidikan untuk anak biasanya akan mengalami kenaikan setiap tahunnya sehingga kita harus menyiapkan dana yang tidak sedikit. Dalam hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan jenis polis satu ini.

Besarnya premi dan jumlah klaim akan sangat bergantung pada tingkat pendidikan anak sehingga kamu harus merencanakannya dengan baik. Jika tepat dalam perencanaannya, polis ini akan sangat bermanfaat nantinya.

5. Asuransi Bisnis

Dalam kegiatan bisnis atau usaha, risiko kerugian tentu akan selalu menghantui para pelakunya. Risiko kehilangan unit usaha akibat bencana alam juga bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa bisa kita prediksi.

Demi menyelamatkan perusahaan dari risiko kerugian tersebut, kamu bisa memanfaatkan jenis-jenis dari asuransi bisnis untuk menanggungnya. Adapun risiko yang bisa tercover meliputi banjir, gempa bumi, kerugian dalam jumlah besar, hingga kerusuhan.

6. Asuransi Kepemilikan Rumah

Selanjutnya, jenis polis satu ini akan melindungi rumah atau properti kamu dari berbagai risiko kehilangan atau kerusakan tertentu. Jika terjadi pencurian atas barang-barang berharga di rumah, maka kamu bisa klaim polis ini untuk menanggungnya.

Selain itu, rumah yang terbakar juga bisa diklaim sehingga kamu tidak harus menanggung semua biaya kehilangan yang terjadi. Dengan begitu, kamu akan tetap memiliki ketahanan finansial meskipun terjadi musibah nantinya.

7. Asuransi Perjalanan

Melakukan perjalanan ke sebuah kota atau negara tidak bisa dihindarkan dari terjadinya risiko tertentu seperti kehilangan barang bawaan, sakit, kecelakaan, atau bahkan meninggal dunia. Berbagai perlindungan atas berbagai risiko tersebut tentu akan sangat membantu.

Jangka waktu polis ini biasanya berlangsung cukup singkat, yaitu sejak keberangkatan sampai nanti pulang kembali. Bentuk perlindungannya cukup variatif, meliputi santunan kecelakaan, biaya pengobatan, pemulangan jenazah, dan sebagainya.

8. Asuransi Kelautan

Di bidang kelautan khususnya untuk para pemilik kargo juga memiliki sejumlah risiko yang menyebabkan kerugian materil cukup besar. Hadirnya jenis-jenis dari asuransi ini adalah bentuk respon dari adanya berbagai risiko tersebut.

Nantinya, perlindungan yang bisa didapat meliputi kerusakan kargo, kerusakan kapal hingga melukai penumpang. Perlindungan di bidang perkapalan juga berlaku untuk jenis kapal penumpang dan juga kapal barang.

9. Asuransi Kredit

Terakhir, ada juga asuransi kredit yang memberikan perlindungan kepada kreditur atas risiko gagal bayar oleh pihak debitur. Jenis polis ini biasanya digunakan oleh pihak penyedia fasilitas kredit seperti lembaga keuangan seperti bank.

Penyelenggara jaminan ini dipercayakan kepada PT. Asuransi Kredit Indonesia oleh pemerintah. Dengan hadirnya jenis polis ini, lembaga keuangan bersangkutan bisa terhindar dari risiko tidak didapatkannya kembali dana kredit yang sudah diberikan.

Meski tidak selalu digunakan, memiliki asuransi setidaknya bisa memberikan kita ketenangan jika suatu hari terjadi musibah yang membutuhkan biaya besar. Adapun jenis-jenis dari asuransi yang bisa kamu dapatkan terdiri dari beberapa contoh di atas.