free page hit counter
pekerjaan online untuk pelajar smk

7 Pekerjaan Online Untuk Pelajar SMK yang Menjanjikan

Saat ini, lowongan pekerjaan online sudah tersebar dimana-mana termasuk lowongan kerja untuk anak SMK. Pekerjaan online untuk pelajar SMK, menjadi pilihan yang tepat ketika seorang pelajar ingin menghasilkan cuan tambahan. Ditambah lagi, jika waktu luang di sela-sela sekolah cukup banyak.

Dengan bekerja secara online, seseorang akan lebih mudah dalam membagi waktu. Hal tersebut karena seseorang tidak datang ke kantor. Selain itu, pekerjaan online bisa dilakukan di mana saja. Biasanya waktu pengerjaan job juga fleksibel.

Pekerjaan yang akan diuraikan di bawah bukanlah pekerjaan yang sulit, apalagi bagi anak SMK. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa pekerjaan untuk anak SMK yang dapat dikerjakan secara online:

1. Bisnis Jualan Online

Pekerjaan online untuk pelajar SMK yang pertama adalah jualan produk dagangan secara online. Hal ini sangat bagus dicoba anak oleh SMK. Bisnis ini tidak memerlukan keahlian khusus, pelajar cukup memiliki ketekunan ataupun keuletan dalam mengembangkannya jualan online ini.

Tidak perlu bingung barang dagangan apa yang akan dijual, pelajar bisa mencari peluang yang sekiranya bisa laku, minimal di sekolah. Mungkin bisa menjual barang perlengkapan sekolah, misalnya pensil, buku, tipe x ataupun barang-barang perlengkapan di setiap jurusan.

Langkah pertama untuk menggaet pelanggan yakni dengan mengupload barang dagangan ke sosial media. Penjual bisa menerapkan sistem PO, sehingga pesanan dari konsumen tidak membludak. Selain itu, penjual juga bisa mencoba meng-upload barang dagangan ke toko online, misalnya Shopee, Toko Pedia dll.

2. Freelance Writer

Pekerjaan kedua yang bisa digunakan referensi yakni freelance writer. Pekerjaan ini sangat cocok diterapkan dan dilakukan oleh seseorang yang memiliki minat dalam menulis. Pelajar bisa mencari platform ataupun website yang bisa dipakai untuk menulis misalnya IDN Times, Remotivi dll.

Pekerjaan ini terbilang cukup mudah dilakukan. Nantinya, pelajar bisa mengerjakan project yang diberikan dengan catatan harus memperhatikan kapan deadline project tersebut dikumpulkan. Untuk bisa mendapatkan uang dari freelance writer, seseorang harus mau berjuang terlebih dahulu, karena pekerjaan ini membutuhkan kesabaran dan keuletan.

Saat ini ada banyak platform yang menyediakan lowongan menulis, entah itu menulis artikel, berita, gosip dan lain sebagainya. Namun, pelajar sebaiknya tetap hati-hati dalam memilih platform ataupun website tersebut. Pilih platform ataupun website yang legal.

3. Game Online

Bagi para pelajar, termasuk pelajar SMK, bermain game adalah suatu hal yang sangat menggembirakan. Apalagi ketika dilakukan dengan teman ataupun sahabat. Selain untuk kesenangan, bermain game ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh uang.

Saat ini, terdapat banyak permainan atau game yang dapat menghasilkan uang. Beberapa game tersebut diantaranya ada Coin Republik, Axie Infinity, dan masih banyak lagi. Untuk bisa mendapatkan cuan dari game, seseorang biasanya dituntut untuk mengumpulkan koin terlebih dahulu.

Walaupun bermain game memiliki banyak keuntungan, namun para pelajar tidak boleh melupakan kewajiban utamanya. Karena game ini hanya sebagai sampingan, para pelajar harus tetap belajar agar tidak tertinggal dengan teman yang lain. Para pelajar harus bisa memanage waktu.

4. Penerjemah Bahasa

Pekerjaan online untuk pelajar SMK selanjutnya adalah sebagai penerjemah. Pekerjaan ini sangat cocok dilakukan oleh para pelajar yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Seseorang bisa untuk mencoba menerjemahkan artikel, cerita pendek, jurnal dan masih lain sebagainya.

Bagi anak pelajar yang belum bisa bahasa asing jangan berkecil hati. Pelajar bisa mulai  belajar bahasa asing yang diinginkan. Hal ini juga bisa untuk memacu motivasi pelajar untuk bisa mengasah soft skill berupa kemampuan berbahasa asing.

Alat yang diperlukan untuk menjadi penerjemah tidaklah banyak. Seseorang hanya memerlukan perangkat seperti HP dan laptop. Selain itu, penerjemah juga perlu menyediakan jaringan internet yang stabil. Untuk melatih kemampuan, seseorang juga bisa bergabung dalam komunitas penerjemah.

5. Freelance Graphic Designer

Pekerjaan online untuk pelajar SMK selanjutnya sebagai designer. Seperti freelance writing dan penerjemah, pekerjaan ini membutuhkan soft skill dalam mendesain. Seseorang bisa melatih soft skill berupa desain, melalui beberapa apk ataupun platform diantaranya Canva dan lain sebagainya.

Untuk bisa menarik hati si klien, seseorang harus memiliki portofolio yang bagus juga unik. Itulah mengapa, seseorang perlu membuat portofolio yang banyak. Untuk mendapatkan klien, seseorang bisa mencari lowongan freelance di berbagai situs pencari kerja.

Tips untuk para graphic designer pemula, sebaiknya banyak-banyak membantu membuat project secara sukarela dulu. Misalnya, di sekolah ada event, seseorang bisa mengajukan diri terlebih dahulu untuk membantu membuat pamflet dll. Lakukan pekerjaan tersebut secara maksimal agar nantinya banyak orang yang mengenali si pembuat pamflet tersebut.

6. Guru Privat

Pekerjaan ini juga cukup mudah dilakukan oleh anak SMK. Saat ini, banyak wali murid yang mencari guru privat untuk mengajari anaknya. Peluang tersebut bisa diambil oleh anak SMK untuk menjadi guru privat. Pastikan mapel yang diminta klien, sesuai dengan kemampuan diri.

Jika dirasa kurang mumpuni sebaiknya tawaran tersebut jangan diambil dulu. Hal tersebut, akan berdampak bagi siswa yang diajar. Oleh karena itu, guru privat wajib mengambil job yang sesuai dengan kapasitasnya.

Pekerjaan satu ini biasanya bisa dilakukan dengan fleksibel. Biasanya mengajar privat disesuaikan dengan jadwal siswa yang akan di private yakni antara sore hingga malam. Hal ini sangat menguntungkan guru privat yang masih sekolah karena rentang sore-malam tersebut adalah waktu luang.

7. Admin Online Shop

Ketika dijalankan dengan sungguh-sungguh, bisnis online adalah pekerjaan ini sangat menjanjikan. Namun, terkadang owner kurang cakap dalam mengelola administrasi. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk bekerja menjadi admin online shop.

Peluang ini cukup baik diambil oleh anak SMK. Pasalnya, anak sekolah masih memiliki cukup waktu luang. Jika orang tersebut bisa membagi dan mengelola waktu dengan baik, maka pekerjaan tersebut juga bisa dipegang dengan baik. Pekerjaan online untuk pelajar SMK ini sangat recomended dicoba.

Pekerja cukup menyediakan laptop ataupun HP yang bisa dipakai untuk membuka beberapa aplikasi ataupun platform yang dibutuhkan. Selain itu, pekerja admin online shop juga perlu koneksi internet yang lancar serta stabil. Mudah sekali bukan.

Itulah 7 pekerjaan online untuk pelajar SMK yang bisa dijadikan referensi bagi para pelajar. Sebenarnya pekerjaan-pekerjaan tersebut masih mudah dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika seorang pelajar memutuskan untuk kerja.

Para pelajar wajib untuk bisa membagi dan mengatur waktu antara belajar, bekerja, dan bersosialisasi. Jangan sampai pekerjaan tersebut menjadi alasan untuk malas belajar. Apalagi sampai akan putus sekolah.

Pastikan ketika akan bekerja, pelajar harus mendapatkan izin orang. Sehingga orang tua akan tetap berperan dalam mengawasi anaknya. Para pelajar yang ingin mencari pekerjaan sampingan bisa untuk mencari lowongan di internet ataupun beberapa platform online lainnya.