free page hit counter
kerja online untuk pelajar tanpa modal

Ide Kerja Online Untuk Pelajar Tanpa Modal, Wajib Tahu!

Saat ini memang ada banyak sekali ide kerja online untuk pelajar tanpa modal yang dijadikan sebagai solusi untuk bisa terus bercuan. Dengan begini, waktu luang di sela belajar bisa diisi dengan kerja yang menguntungkan. Apalagi, jika tidak dibutuhkan modal untuk memulainya. 

Pekerjaan berbasis online memang menjadi pilihan tepat saat tidak bisa bekerja full waktu. Karena biasanya pekerjaan online relatif memiliki waktu yang bisa disesuaikan kapan saja. Sehingga, bisa dikerjakan saat waktu luang di sela kesibukan belajar. 

Bagi yang masih bingung dengan kerja seperti ini, maka kali ini akan disebutkan mengenai beberapa ide. Degan begini pengguna tidak mencari lowongan yang sesuai. Berikut adalah ulasannya:

1. Freelance Writer 

Ide kerja pertama yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk kerja online tanpa membutuhkan modal apapun adalah sebagai freelance writer. Freelance writer sendiri, juga kerap disebut sebagai penulis lepas. Pekerjaan ini biasanya tulis menulis, seperti menulis artikel dan segala macam. 

Pekerjaan ini pun saat ini sudah banyak tersedia, karena memang banyak website yang membutuhkan jasa freelance writer ini. Untuk gajinya sendiri, biasanya tergantung dari kemampuan untuk menulis. Untuk mendapatkannya, saat ini sudah banyak situs penyedia loker online untuk posisi ini. 

Selain itu kerja menjadi penulis lepas juga cukup mudah. Sebab hanya tinggal menyiapkan laptop sebagai alat untuk menulis dan juga sinyal internet saja. Selebihnya, bisa dikerjakan di ruang, kapan saja dan juga di mana saja.

2. Buka Jasa Pembuatan Website 

Jika tidak pandai menulis dan tak ingin pusing dalam merangkai kata, maka ide pekerjaan selanjutnya bisa dengan membuka jasa pembuatan website. Saat ini memang ada banyak yang ingin memiliki situs pribadi. Namun tidak tahu bagaimana cara membuatnya. 

Sebab itu, jasa sebagai pembuat website juga sangat diperlukan, dan tak jarang ada yang membutuhkan jasanya. Namun tentunya harus memiliki skil untuk membuat website ini. Atau jika memang masih awam, maka bisa simak tutorial yang saat ini banyak tersebar di internet. 

Untuk memulai kerja ini pun, seorang pelajar tidak akan membutuhkan modal apa pun. Asalkan sudah memiliki perangkat yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan ini. Sedang untuk bayarannya sendiri, akan didapatkan setiap berhasil menyelesaikan projectnya. 

3. Sebagai Data Entry Atau Entry Data 

Selain dua ide kerja yang telah disebutkan ada lagi ide kerja online untuk pelajar tanpa modal dengan bekerja sebagai data entry. Bahkan untuk dapat bekerja seperti ini pun, hanya butuh ponsel atau laptop. Juga dengan jaringan internet yang lancar. 

Selain itu, dalam pengerjaan ini, hanya butuh ketelitian agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan hasil yang bagus. Untuk pekerjaan ini sendiri, dan banyak perusahaan yang membuat lowongan secara online. Sehingga tinggal mencari situs lowongan penyedia saja. 

Perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa seperti ini, biasanya memasukkan lowongannya ke situs lowongan freelance. Untuk mengetahui situs seperti ini pun, pengguna hanya tinggal mencarinya di google. Jika bertanya soal bayaran, pekerjaan seperti ini gaji yang didapatkan relatif tinggi. 

4. Buka Jasa Desain Grafis 

Masih ada lagi ide kerja online untuk pelajar tanpa modal selanjutnya, yakni dengan membuka jasa desain grafis. Apalagi jika memang sudah menguasai dalam bidang ini. Terlebih, jika menguasai aplikasi-aplikasi edit yang tergolong rumit. 

Desain grafis ini biasanya dibutuhkan dalam pembuatan cover novel, atau ilustrasi foto dan lain sebagainya. Terpenting dari pekerjaan ini adalah sudah benar-benar menguasai keahlian tersebut. Maka, tinggal buat desain yang cukup menarik untuk dijadikan sebagai ajang promosi. 

Untuk melakukan pekerjaan ini, bisa dengan mencari lowongan kerja yang sekiranya sesuai. Namun bisa juga langsung terjun langsung, dengan membuka jasa dengan mempromosikan ke group-group literasi. Atau bisa juga menawarkan jasa ini, pada grup tertentu yang masih saling berkaitan.

5. Isi Survei 

Ada juga pekerjaan yang mungkin tidak pernah dibayangkan, yakni dengan mengisi survey. Saat ini pun ada banyak situs yang menyediakan pekerjaan ini, hanya saja dalam pekerjaan ini harus lebih teliti. Sebab ada proses pendaftaran website yang cukup rumit. 

Namun kadang bukan hanya website atau situs tertentu saja yang membuka lowongan ini. Karena kadang ada juga mahasiswa tingkat akhir yang membutuhkan jasa survey untuk tugas tertentu. Bahkan perusahaan besar, juga kerap menggunakannya untuk menilai suatu produk. 

Bayaran yang akan didapatkan ini tergantung dari survei yang diikuti, biasanya gaji yang ditawarkan mulai dari 7.000 atau lebih. Bahkan, jika kebetulan mendapatkan situs yang tepat, maka gaji yang akan didapatkan lumayan tinggi. Bahkan sampai 3$, untuk setiap survei. 

6. Penerjemah Online 

Jika pandai dalam berbahasa asing, maka bisa coba untuk menjadi seorang penerjemah online. Saat ini pun sudah ada banyak lowongan yang memberikan tempat bagi orang yang pandai dalam berbahasa asing. Tentunya, menerjemahkan dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya. 

Pekerjaan yang dilakukan dalam hal ini, bisa berupa menerjemahkan Novel atau dokumen penting. Kadang juga pekerjaan yang dilakukan salah dengan mengaktifkan sebuah jurnal atau artikel. Sebab itu, pekerjaan ini bisa dijadikan sebagai kesibukan di sela senggang dari pelajaran. 

Untuk pekerjaan online sendiri bisa dengan menggunakan komputer atau PC, bahkan memungkinkan untuk menggunakan ponsel. Terpenting lagi dengan memiliki sinyal internet. Uang yang akan didapatkan untuk pekerjaan ini pun cukup tinggi. 

7. Sebagai Jasa Edit Foto 

Bukan hanya desain grafis saja, namun jika mahir dan menguasai aplikasi edit foto, maka bisa dijadikan sebagai pejuang kerja. Karena bagaimanapun banyak yang tidak memiliki kemampuan ini. Sehingga memang membutuhkan jasa edit untuk membuatkan editan seperti yang diinginkan oleh pelanggan. 

Bahkan seringnya penulis novel membutuhkan jasa ini, karena dalam pembuatan cover novel juga tidak bisa asal-asalan. Sebab itu, kerja seperti ini tergolong sangat menjanjikan. Apalagi jika pandai dalam melakukan promosi. 

8. Guru Private Online 

Saat ini memang sudah umum ada guru private yang berbasis online. Pekerjaan ini pun, bisa dijadikan sebagai kerja online untuk pelajar tanpa modal yang bisa dilakukan. Apalagi sebagai seorang pelajar tentu mengatasi dalam mata pelajaran. Sehingga, akan lebih mudah dalam mengerjakannya.

Terpenting dalam hal ini, pengguna tinggal menyiapkan perangkat untuk menjembatani pembelajaran tersebut. Karena biasanya dalam pekerjaan ini, harus melakukan video call sebagai upaya berinteraksi dengan murid yang dibimbing. Untuk bayaran yang akan didapatkan, bisa didiskusikan terlebih dahulu dengan orang tua. 

Demikian adalah beberapa daftar ide kerja online untuk pelajar tanpa modal yang bisa dijadikan sebagai referensi. Sebenarnya untuk mendapatkan pekerjaan seperti ini cukup mudah. Hanya saja memang saat akan melangkah diperlukan perjuangan yang cukup untuk menemukan lowongan. 

Atau jika tak ingin kesusahan dalam mencari lowongan, bisa coba dengan membuat jasa yang juga telah disebutkan sebelumnya. Tentunya jika skil dari jasa yang akan dibuka tersebut sudah dikuasai sebelumnya. Selanjutnya tinggal mencari pelanggan melalui media sosial atau situs tertentu.