free page hit counter
Aplikasi Bank Syariah Indonesia Tidak Bisa Dibuka
Aplikasi Bank Syariah Indonesia Tidak Bisa Dibuka. | via goodscoop.id

Aplikasi Bank Syariah Indonesia Tidak Bisa Dibuka: Sebab & Cara Mengatasi

Artikel diperbarui pada 16 Oktober 2022.

Aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka? Apa sebab dan bagaimana cara mengatasinya? Artikel ini berisi panduan lengkap cara mengatasi aplikasi Mobile Banking dari bank BSI yang tidak bisa dibuka serta penyebab yang mungkin membuat aplikasi tersebut macet atau error.

Layanan Bank Syariah Indonesia sudah menerapkan metode registrasi dengan aplikasi Mobile Banking sejak awal kemunculannya. Sayangnya, tidak jarang aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka dan membuat nasabah kesulitan melakukan transaksi.

Padahal, penggunaan aplikasi Mobile Banking dimaksudkan untuk mempermudah transaksi nasabah BSI. Akan tetapi, nasabah justru menjadi kesulitan untuk bertransaksi. Sebelum membuat spekulasi lebih lanjut, ketahuilah bahwa gangguan ini sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. 

Mulai dari gangguan pada jaringan, masalah konektivitas, perangkat yang digunakan, serta gangguan sistem dari pusat. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak ulasan tentang penyebab dan cara mengatasi BSI Mobile Banking gagal dibuka di bawah ini:

Penyebab Aplikasi Bank Syariah Indonesia Tidak Bisa Dibuka

Penyebab aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka. | via play.google.co.id
Penyebab aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka. | via play.google.co.id

Ada beberapa hal membuat aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka. Penyebab belum tentu berasal dari satu sumber saja, lho. Mari coba simak ulasan di bawah ini dan periksa kira-kira mana yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dibuka:

1. Cache Menumpuk

Sama dengan kebanyakan aplikasi lainnya, aplikasi bank Syariah Indonesia juga bisa eror apabila cache aplikasi menumpuk dan tidak pernah dibersihkan. Setiap transaksi menggunakan aplikasi Mobile Banking akan menghasilkan file sampah atau file cache

Ini merupakan hal yang wajar terjadi pada aplikasi di smartphone. Semakin sering aplikasi dibuka maka semakin banyak file cache yang dihasilkan juga. 

Begitu pula yang terjadi pada aplikasi mobile banking. Seringkali tumpukan file cache ini menimbulkan masalah lebih lanjut. Misalnya seperti munculnya Bug. Alhasil aplikasi semakin sulit digunakan dan menjadi tidak bisa dibuka.

2. Gangguan Sistem

Gangguan bisa jadi berasal dari sistem pusat. Penyebab satu ini bahkan termasuk dalam gangguan yang cukup umum dan sering terjadi. Biasanya saat ada gangguan, nasabah hanya bisa menunggu hingga proses maintenance dilakukan oleh pihak teknisi bank.

Untuk mengetahui apakah gangguan benar disebabkan oleh adanya gangguan dari sistem pusat, cobalah untuk memeriksa pemberitahuan pada kotak pesan nomor nasabah. Biasanya, pihak bank akan memberikan pemberitahuan pada nasabah apabila terjadi gangguan atau proses maintenance.

3. Koneksi Internet Tidak Stabil

Aplikasi m banking hanya bisa berjalan dengan adanya koneksi internet yang stabil. Saat berada di lokasi tanpa koneksi stabil atau dalam cuaca buruk, tidak jarang nasabah akan mengalami gangguan untuk mengakses aplikasi m banking.

Biasanya gangguan yang disebabkan oleh konektivitas lemah ini membuat nasabah hanya bisa membuka halaman opening pada aplikasi. Selanjutnya biasanya ikon loading akan terus berputar tanpa henti. Ini menandakan ponsel sedang bekerja keras untuk mendapatkan koneksi internet stabil.

4. Aplikasi Tidak Diperbarui

Penyebab aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka lainnya ialah aplikasi yang tidak diperbarui. Setiap aplikasi memerlukan pembaruan. Biasanya pembaruan ini tersedia saat pengguna mengakses aplikasi Google Play Store atau App Store.

Pembaruan versi aplikasi membawa sistem perbaikan untuk mengatasi bugs atau gangguan dalam aplikasi. Tanpa melakukan pembaruan secara rutin dan menggunakan versi terbaru aplikasi, nasabah akan kesulitan untuk mengakses atau bertransaksi dengan aplikasi m banking.

5. Perangkat yang Pernah Di Root

Ponsel pintar yang sudah melalui rooting tidak bisa membuka dan mengakses aplikasi Bank Syariah Indonesia. Melakukan root berarti melakukan modifikasi pada sistem asli bawaan smartphone

Meskipun root dilakukan untuk memodifikasi atau mengakses aplikasi lain diluar aplikasi BSI, Mobile Banking BSI tetap tidak akan bisa dibuka. Ini dikarenakan sistem bawaan smartphone yang sudah dimodifikasi.

Sistem yang sudah termodifikasi ini akan diidentifikasi  sebagai perangkat yang tidak dipercaya oleh sistem BSI Mobile Banking. Dengan begitu, saat nasabah melakukan login, aksi tersebut justru dideteksi sebagai aksi mencurigakan.

Cara Mengatasi Aplikasi Bank Syariah Indonesia Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi aplikasi BSI mobile banking tidak bisa dibuka. | via bsimobile.co.id
Cara mengatasi aplikasi BSI mobile banking tidak bisa dibuka. | via bsimobile.co.id

Kira-kira sudah tahu mana penyebab yang membuat aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka? Jangan khawatir, berikut ini akan diulas beberapa cara untuk mengatasi masalah demikian. Mari, simak cara selengkapnya dalam ulasan di bawah ini:

1. Bersihkan File Cache

Cara pertama untuk mengatasi masalah gangguan aplikasi BSI yang tidak bisa dibuka adalah membersihkan file cache. Tentu saja cara ini akan berhasil untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh adanya tumpukan file cache dalam aplikasi. Bagi para pengguna ponsel android, simak langkah-langkahnya berikut:

  • Masuk ke menu Setting.
  • Kemudian kunjungi bagian Aplikasi.
  • Temukan aplikasi Mobile Banking Bank Syariah Indonesia.
  • Ketuk opsi Kelola Aplikasi atau Manage App.
  • Kemudian, ketuk tombol Bersihkan data.
  • Lanjutkan dengan memilih opsi Bersihkan Cache atau Clean up Cache.

2. Ganti Koneksi Internet

Selain dengan menghapus file sampah, nasabah juga bisa mencoba mengubah koneksi internet yang digunakan. Apabila pengguna sedang mengakses aplikasi menggunakan sambungan internet wifi, ubahlah menjadi sambungan internet Data Seluler. 

Sebab penggunaannya yang personal, Data Seluler cenderung lebih stabil. Namun apabila pengguna sudah menggunakan Data Seluler namun gangguan masih berjalan, cobalah untuk menggantinya dengan sambungan internet lainnya. 

Misalnya saja dengan bantuan sambungan internet dari ponsel lain. Selain itu, nasabah juga bisa mengakses aplikasi dari daerah dengan kualitas sambungan internet yang lebih stabil.

3. Lakukan Pembaruan Versi Aplikasi

Cara satu ini sering terlewatkan meskipun sangat mudah. Untuk mengatasi aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka, nasabah juga bisa melakukan pembaruan pada aplikasi. Unduhlah versi terbaru dari aplikasi melalui Play Store. Berikut langkah-langkah untuk update di android:

  • Buka aplikasi Play Store.
  • Kemudian, ketuk foto akun di pojok kiri atas.
  • Lalu pilih menu Aplikasi Saya atau My Apps.
  • Temukan aplikasi BSI.
  • Tap untuk masuk ke konfigurasi.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol Update atau Perbarui.
  • Tunggu hingga proses pembaruan aplikasi selesai.

4. Gunakan Perangkat Lainnya

Apabila ternyata ponsel memang sudah pernah diroot, maka sebaiknya nasabah membuka aplikasi BSI melalui perangkat lainnya. Pengguna bisa menggunakan perangkat smartphone lainnya yang belum pernah di root untuk login aplikasi Bank Syariah Indonesia.

Tidak perlu khawatir, untuk memindahkan aplikasi ke perangkat lain caranya mudah. Nasabah hanya perlu mengunduh aplikasi pada perangkat baru. 

Kemudian lakukan login dengan meminta kode aktivasi ulang. Usai mendapatkan kode tersebut cukup lakukan login seperti biasa. Dengan begitu, nasabah bisa mengakses akun BSI Mobile Banking kembali.

5. Hubungi Customer Service

Untuk memeriksa apakah terjadi gangguan dari pihak pusat, sebaiknya nasabah melakukan cara ini. Tentu saja sebaiknya cara ini menjadi cara paling akhir yang dilakukan, apabila cara-cara yang diulas di atas gagal mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka.

Untuk menghubungi customer service BSI, nasabah bisa melakukan panggilan ke nomor 14040. Apabila akan menghubungi via WhatsApp maka kirimkan pesan ke 081584114040.

Itulah ulasan tentang penyebab aplikasi Bank Syariah Indonesia tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya. Pastikan untuk mencoba mengidentifikasi penyebab dari gangguan yang dialami oleh nasabah terlebih dahulu agar dapat melakukan cara mengatasi yang tepat.

Apabila semua cara di atas tidak berhasil membantu nasabah untuk membuka aplikasi BSI Mobile Banking, maka sebaiknya konsultasikan langsung ke kantor cabang BSI terdekat. Sebagai alternatifnya, nasabah bisa melakukan transaksi melalui ATM BSI atau ATM Mitra terlebih dahulu.

Penutup

Demikianlah pembahasan ini. Dengan adanya penjelasan di atas dapat membantu nasabah untuk bisa mengakses aplikasi BSI Mobile Banking kembali dengan lancar. Hubungi segera pihak Bank Syariah Indonesia untuk penjelasan lebih lengkapnya.