free page hit counter
mesin cutting stiker terbaik

Ketahui Cara Menutup Asuransi Mega Insurance Polis Kartu Kredit di Sini!

Asuransi ialah cara meminimalisir risiko yang tidak terduga yang paling banyak digunakan. Meskipun cukup penting, namun tidak jarang terjadi kondisi yang mengharuskan untuk nasabah menutupnya. Tidak heran ada banyak pencarian cara menutup asuransi Mega Insurance yang beredar.

Mega Insurance ialah produk asuransi jiwa yang diusung oleh PT PFI Mega Life Insurance. Salah satu pilihan polis yang paling laris dari Asuransi Mega Life ialah asuransi jiwa kredit.

Jenis polis ini membebankan biaya premi pada tagihan kartu kredit. Sayangnya, total premi dan bunga  CC cukup terasa membebani untuk beberapa nasabah. Ketahui cara menutup asuransi Mega Insurance selengkapnya dalam ulasan berikut ini:

Cara Tutup Asuransi via Customer Service

Untuk menutup asuransi ini, ada dua cara yang dapat dilakukan: 1) menghubungi layanan customer service dan 2) mengirim form pembatalan polis. Meski cara pertama cukup sulit, namun cara ini justru sudah terbukti dan dapat menutup asuransi dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Dokumen

Pertama-tama tentu diperlukan persiapan dokumen untuk menutup polis. Pastikan nasabah mengetahui nomor polis, jenis polis dan asuransi, nama pemilik polis, serta informasi detail lainnya terkait dengan kepemilikan polis. Informasi ini akan diperlukan untuk mengkonfirmasi data akun polis nasabah di awal.

Jika diperlukan siapkan dokumen-dokumen tersebut dan letakkan di sekitar nasabah sebelum menghubungi pihak asuransi Mega Insurance. Selain dokumen kepemilikan polis, siapkan juga dokumen data diri lainnya seperti KTP atau paspor agar bisa memberikan verifikasi NIK dan sebagainya langsung.

2. Siapkan Ponsel dengan Pulsa

Selanjutnya, langkah-langkah dari cara menutup asuransi Mega Insurance berikutnya ialah mempersiapkan pulsa yang cukup untuk melakukan panggilan ke layanan customer service Mega Insurance. Panggilan ke layanan CS bukanlah layanan gratis. Panggilan akan memakan pulsa sesuai dengan tarif yang ditentukan operator.

Selain itu, perlu diketahui bahwa nomor hotline layanan customer service Mega Insurance merupakan nomor dengan kode area Jabodetabek, yakni 021. Perlu diketahui juga bahwa dengan cara ini nasabah harus melakukan dua panggilan. Kedua panggilan ini juga perlu dilakukan secara berurutan.

Panggilan pertama ditujukan pada layanan call center bank umum untuk terhubung pada bagian kartu kredit. Di bagian ini, nasabah perlu mengkonfirmasi jenis asuransi, nomor telepon, serta extension dari asuransi tersebut. Kedua, nasabah selanjutnya menghubungi kontak asuransi untuk pembatalan polis.

3. Lakukan Panggilan ke Nomor CS

Seperti yang sudah dibahas di atas, ada dua panggilan yang perlu dilakukan pada cara menutup asuransi Mega Insurance ini. Panggilan pertama, hubungi nomor 500010, yakni nomor layanan call center bank. Informasikan maksud melakukan panggilan untuk memverifikasi akun asuransi terdaftar saja.

Selanjutnya, jika sudah mengantongi jawaban tentang jenis asuransi yang diikuti, nomor telepon, serta extension dari asuransi, ucapkan terima kasih dan tutup panggilan. Nasabah bisa melanjutkan ke panggilan berikutnya ke kontak asuransi Mega Insurance.

Lakukan panggilan ke nomor 021 79175758. Nasabah akan terhubung langsung dengan extension sistem. Masukkan 1 untuk memilih bahasa Indonesia. Selanjutnya, masukkan 5 untuk terhubung dengan petugas telemarketing. Ikuti arahannya dan katakan ingin berbicara langsung dengan customer service.

4. Informasikan Maksud dan Berikan Alasan yang Sebenarnya

Apabila sudah terhubung, nasabah bisa langsung menginformasikan maksud panggilan. Informasikan nasabah berniat untuk menutup polis asuransi di mana nasabah terdaftar.

Pastikan untuk memberikan alasan yang sebenarnya dan sampaikan keluh kesah dari nasabah apabila diperlukan. Sampaikan secukupnya saja menggunakan bahasa yang sopan. Petugas customer service akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada nasabah.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan keadaan dan keterangan yang sudah diberikan sebelumnya. Pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk mengkonfirmasi informasi yang nasabah berikan kepada petugas customer service.

Selain beberapa pertanyaan, jawablah ketentuan yang dijelaskan dengan jawaban yang jelas dan cepat. Berikan konfirmasi dari pernyataan yang diberikan. Simak penjelasan ketentuan yang berlaku untuk penutupan polis asuransi Mega Insurance.

5. Konfirmasi Kembali Penutupan Polis

Polis secara resmi dibatalkan apabila pihak petugas customer service sudah menyebutkan nama pemilik asuransi, tanggal lengkap, dan keterangan bahwa polis sudah resmi ditutup. Apabila sudah mendapatkan keterangan ini artinya polis sudah berhasil ditutup. Namun jangan tutup telepon.

Pastikan untuk melakukan konfirmasi penutupan polis ulang sebelum menutup telepon. Konfirmasi ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada petugas customer service. Sebagai contoh pertanyaan yang bisa diajukan ialah: Bagaimana cara nasabah mengetahui polis sudah ditutup?

Pertanyaan lainnya yang dapat mengkonfirmasi penutupan polis juga bisa diajukan. Namun untuk polis yang sudah ditutup, khususnya pada asuransi jiwa kredit, umumnya premi tidak akan kembali dibebankan pada tagihan CC bulan  berikutnya.

Sebelum menutup telepon, pastikan untuk menanyakan hal yang masih belum jelas. Misalnya seperti refund, penggunaan kartu kredit selanjutnya bagaimana, dan sebagainya. Jika sudah, maka selamat cara menutup asuransi Mega Insurance ini berhasil membantu nasabah untuk menutup polisnya.

Cara Tutup Asuransi via Email

Apabila enggan untuk melakukan cara penutupan via panggilan, nasabah juga bisa membatalkan polis via email. Namun tentu saja, cara ini memakan waktu yang lebih lama. Petugas customer service cenderung lebih lama merespon pengajuan penutupan via email. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  • Kunjungi situs di pfimegalife.co.id.
  • Kemudian pada halaman depan, tekan tombol di sudut kanan atas dan biarkan beberapa opsi muncul.
  • Pilihlah opsi Layanan.
  • Selanjutnya, pilih opsi Klaim.
  • Pada halaman berikutnya akan ditampilkan alur klaim asuransi.
  • Gulir ke bawah sampai menemukan bagian Unduh Formulir Klaim.
  • Temukan opsi Formulir Permohonan Pembatalan Polis Asuransi Jiwa.
  • Klik ikon (+) di samping opsi.
  • Kemudian, pada opsi yang muncul di bagian bawahnya, klik Unduh.
  • Usai formulir berhasil terunduh, edit dengan menggunakan aplikasi PDF atau cetak dan isi secara manual.
  • Pastikan untuk mengisi seluruh kolom yang diminta untuk diisi.
  • Masukkan tanggal pengajuan dan berikan tanda tangan beserta nama terang untuk mengkonfirmasi pengajuan permohonan pembatalan polis.
  • Jika sudah, pindai form tersebut apabila pengisian dilakukan secara manual.
  • Siapkan dokumen seperti fotocopy KTP dan scan sertifikat polis asli dalam bentuk soft file untuk turut dilampirkan.
  • Tulis email dengan tujuan: telecare@megainsurance.co.id atau contactus@megainsurance.co.id.
  • Lampirkan form yang sudah diisi dan dokumen pendukung lainnya.
  • Kirimkan dan tunggu jawaban dari pihak Mega Insurance.

Kira-kira mana dari kedua cara menutup asuransi Mega Insurance di atas yang nasabah akan coba lakukan? Pastikan untuk selalu mempersiapkan dokumen data pribadi resmi untuk mendukung keperluan verifikasi data-data pemilik polis.

Khusus untuk penutupan polis via email, pastikan nasabah memang siap menunggu dalam waktu yang cukup lama sebelum pengajuan diterima oleh pihak Mega Insurance. Tidak jarang nasabah bahkan masih perlu menunggu pengajuan diterima selama berbulan-bulan.

Sementara itu, untuk pengajuan melalui panggilan telepon, prosesnya memang lebih cepat dan langsung ditangani. Namun, diperlukan kesabaran untuk bisa terhubung dengan petugas customer service. Tidak jarang beberapa nasabah perlu melakukan panggilan berkali-kali sampai berhasil terhubung.