free page hit counter
Cara Menutup Asuransi Panin

Sudah Tahu Cara Menutup Asuransi Panin? Berikut Penjelasannya

Artikel diperbarui pada 15 Juni 2022.

Ada beberapa nasabah yang mengeluhkan tingkat pembayaran premi pada asuransi Panin terlalu tinggi. Hingga akhirnya banyak yang memutuskan mencari cara menutup asuransi Panin. Meskipun nantinya tidak bisa lagi menikmati manfaat dari produk tersebut. 

Panin Dai-ichi Life sendiri merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan asuransi jiwa. Produk yang dikeluarkan juga bermacam-macam dengan rekanan rumah sakit hampir di seluruh Indonesia. Tapi karena alasan tertentu, ada nasabah yang ingin mengakhiri polisnya.

Sebenarnya menutup asuransi merupakan hal yang boleh-boleh saja. Hanya saja, memerlukan pertimbangan dan mengecek beberapa keadaan. Selain itu, diperlukan juga memahami cara mengakhiri polis asuransi di Panin agar disetujui. Simak penjelasan lengkapnya berikut:

Cara Menutup Asuransi dari Panin Life 

Ada beberapa cara menutup asuransi Panin yang dapat ditempuh nasabah. Mungkin kebanyakan hanya tahu dengan langsung datang ke kantor pusatnya. Tapi sebenarnya, ada metode lain, bahkan lebih mudah untuk konsultasi. Inilah caranya:

1. Mendatangi Kantor Pusat

Cara pertama yaitu mendatangi kantor pusat dari PT Panin Dai-ichi Life. Jika datang langsung, nasabah akan lebih mudah. Ada petugas yang memberikan pengarahan secara jelas.

Ketika datang langsung, nasabah bisa menyampaikan tujuannya untuk menutup polis asuransi. Petugas akan mengarahkan nasabah mengenai prosesnya hingga selesai. Tinggal mengikuti dan memenuhi berkas yang disyaratkan untuk mengakhiri asuransi Panin.

Apabila masih ada saldo, nantinya akan dikembalikan kepada nasabah. Caranya yaitu dengan ditransfer pada nomor rekening sesuai nominal yang tersisa. Alamat kantor pusatnya berada di Jalan Letjen S. Parman Kav. 9, Jakarta Barat.

2. Mendatangi Kantor Pemasaran

Lalu bagaimana untuk nasabah yang jauh dari Jakarta? Tidak usah khawatir. Datang saja ke kantor pemasaran dari Panin yang sudah tersebar di beberapa daerah besar Indonesia. 

Pelayanan yang diberikan juga sama. Nasabah akan diberi pengarahan dalam proses penutupan asuransi Panin. Sebelum itu, dapat pula melakukan konsultasi dan melihat adakah saldo yang tersisa. 

Nasabah akan diberitahu mengenai berkas persyaratan yang harus dilengkapi. Jadi bisa datang ke kantor pemasaran terdekat. Untuk alamat lengkapnya, bisa dilihat pada situs resmi milik Panin, yaitu www.panindai-ichilife.co.id.

3. Menghubungi Agen Asuransi 

Cara menutup asuransi Panin juga dapat dilakukan dengan menghubungi agen. Selain kedua cara yang sudah diterangkan, metode ini tentunya lebih mudah. Alasannya karena nasabah mendapatkan panduan jelas dari agen asuransi. 

Pengetahuan dan kemampuan para agen terkait perusahaan pemberi asuransi tidak usah diragukan lagi. Nasabah dapat melakukan konsultasi dahulu dan mempertimbangkan dampak mengakhiri polis. Jika dirasa tepat, bisa melanjutkan ke proses berikutnya.

Para agen akan membantu nasabah dalam menutup asuransi di Panin. Tinggal ikuti semua arahan yang diberikan oleh agen. Pastikan mematuhi step by step proses yang dijelaskan, termasuk soal persyaratan. 

4. Menghubungi Lewat Customer Service

Bagi nasabah yang tidak memiliki waktu untuk mendatangi kantor, bisa mencoba cara menutup asuransi Panin berikut. Pemberi asuransi tersebut memiliki kontak customer service yang akan menerima semua keluhan. Begitu pula jika ingin mengakhiri polis asuransi.

Biasanya, untuk cara ini akan dilakukan verifikasi data. Jadi siapkan dulu berkas yang diverifikasi melalui telepon. Data-data yang umumnya diminta yaitu nomor polis, data diri, alamat, dan nomor ponsel ketika mendaftar.

Proses verifikasi dilakukan satu kali. Nantinya customer service akan memberikan Telephone Identification Number (TNI) kepada nasabah. Selanjutnya ikuti tahapannya hingga selesai. 

Kontak customer service milik Panin Dai-ichi Life yaitu:

  • Pengaduan lisan melalui nomor telepon +62212556678 atau Fax +622125566889.
  • Sedangkan pengaduan melalui tulisan dengan mengirim pesan ke alamat email customer@panindai-ichilife.co.id.

5. Menghentikan Pembayaran

Terakhir, cara menutup asuransi Panin yaitu dengan menghentikan pembayaran. Ketika membayar premi, nasabah menggunakan metode yang berbeda. Biasanya dengan cara berikut:

  • Mentransfer secara manual melalui virtual account.
  • Auto debet dari kartu kredit.
  • Auto debet dari rekening tabungan. 

Berdasarkan metode pembayaran premi tersebut, nasabah bisa mengakhiri polis asuransi dengan cara di bawah:

  • Tidak lagi melakukan transfer via virtual account.
  • Menghabiskan limit dalam kartu kredit atau menutupnya.
  • Mengosongkan saldo yang ada dalam rekening tabungan. 

Hal Penting Saat Menutup Asuransi Panin

Meskipun diperbolehkan, sebaiknya nasabah memikirkan dengan matang sebelum menutup asuransi Panin. Alasannya karena dampaknya nanti kehilangan semua fasilitas dari produk yang dipilih. Beberapa hal penting untuk menjadi pertimbangan yaitu:

1. Cakupan Polis Asuransi

Hal pertama yang perlu dicek dulu yaitu cakupan dari polis asuransi. Ini harus menjadi perhatian bagi nasabah yang hendak berpindah ke luar negeri. Sebab mempengaruhi pelayanan yang akan diterima. 

Jika polis asuransi mempunyai cakupan luas, sepertinya harus berpikir dulu untuk menutupnya. Terlebih Panin sudah mempunyai rekanan rumah sakit skala internasional. Kantor pemasarannya juga sampai luar negeri. 

2. Pilihan Asuransi Lain

Sebelum memutuskan untuk mengakhiri polis, pastikan apakah memiliki asuransi lain. Jika memang itu hanya satu-satunya sebaiknya pikirkan dulu. Tujuannya untuk meminimalkan kerugian lebih besar kemudian hari.

Jika ada anggota keluarga yang sakit mendadak atau tutup usia, tentu akan repot. Tidak ada asuransi lain yang bisa menjaminnya. Jadi, sebelum menutupnya, dapat mengajukan aplikasi asuransi baru dengan premi lebih rendah.

3. Jenis Polis Terbaik 

Hal ketiga yang harus dipertimbangkan sebelum menutup asuransi yaitu jenis polis. Mungkin ada nasabah yang mempunyai beberapa polis asuransi. Lalu ketika ditotal, ternyata perlindungannya tidak maksimal.

Mulai dari sinilah, perlu dilakukan seleksi. Pertahankanlah polis asuransi yang memberikan nilai perlindungan maksimal. Lalu tutup asuransi yang kurang menawarkan manfaat. 

Sebelum menyeleksi, nasabah dapat melakukan perhitungan dan pertimbangan manfaat. Lakukan secara mandiri dan teliti. Jika tidak yakin, bisa melakukan konsultasi dengan agen asuransi. 

4. Modifikasi Polis Asuransi

Ada nasabah yang ingin menutup asuransi karena alasan biaya. Sebenarnya, keterbatasan tersebut bisa dicari jalan keluarnya. Caranya yaitu memastikan apakah polis asuransi dapat dimodifikasi. 

Jika pemberi asuransi memperbolehkan modifikasi, sebaiknya tidak menutupnya dulu. Atur saja pembayaran premi sesuai dengan kemampuan keuangan nasabah. Lakukan penyesuaian semaksimal mungkin agar tidak memberatkan.

5. Keberadaan Uang Tunai

Selanjutnya yaitu mengecek apakah asuransi memiliki uang tunai. Jika tidak mampu membayar premi, gunakan dulu uang tersebut. Karena memang ada beberapa jenis asuransi yang mempunyai uang tunai. 

Demikian penjelasan mengenai cara menutup asuransi Panin dengan beberapa metode. Jika ingin mendapatkan panduan lebih jelas, disarankan mendatangi kantor pusat. Tapi untuk nasabah yang domisilinya jauh dari Jakarta, bisa berkonsultasi ke kantor pemasaran terdekat.

Nasabah juga bisa mengakhiri polis asuransi dengan melakukan konsultasi bersama agen. Para agen tentu mempunyai pengalaman dan kemampuan dalam hal tersebut. Kalau memang tidak ada waktu, dapat membuat pengajuan lewat customer service.

Tapi sebelumnya, nasabah perlu membuat pertimbangan. Ada hal terkait polis asuransi yang harus dicek dulu jika ingin menutupnya. Jangan sampai setelahnya mengalami kerugian besar, karena setelah ditutup, tidak akan bisa lagi menggunakan layanan produknya.