free page hit counter

7 Momen Ketika Copywriting dan Visual Iklan Bisa Nampol Banget

Artikel diperbarui pada 3 Juni 2021.

7 Iklan Paling Memorable Karena Copywriting dan Visual
Iklan-iklan ini jadi primadona pada masanya dan jadi hiburan. | GOODSCOOP

Teknik iklan atau marketing sudah digunakan sejak peradaban kuno di Yunani, Mesir, dan Cina. Kala itu, iklan mengabarkan berbagai hal. Mulai dari iklan soal budak yang kabur, pertandingan gladiator, hingga jual beli besi di dinasti Song, Cina.

Setelah revolusi industri dan peningkatan teknologi pada abad ke-19 hingga abad ke-20, mulailah kita melihat iklan-iklan kreatif dengan copywriting yang nampol banget.

Masih ingat 6 momen iklan yang sempat trending di Indonesia? Inilah hasilnya ketika copywriting dan visual iklan bersinergi dengan baik.

#1. Menghujani Gandum dan Jadilah Koko Crunch!

Iklan Koko Krunch yang sempat populer pada masanya. | WIDI AJIE – YOUTUBE

“Ladang gandum dihujani meteor cokelat dan jadilah KOKO KRUNCH!”

Kamu generasi 90-an yang suka bangun pagi di hari Minggu buat nonton film kartun pasti akrab banget sama iklan satu ini. Pasalnya, Nestle menayangkan iklan animasi Koko Krunch di waktu tersebut.

Teknik storytelling dalam iklan ini menceritakan proses pembuatan Koko Krunch yang mudah diingat. Bahkan setelah sepuluh tahun lebih iklan tersebut tayang, masih banyak generasi 90-an yang menggunakan tagline Koko Krunch.

“Gitu aja terus sampai ladang gandum dihujani meteor cokelat dan jadilah Koko Krunch!”

#2. Masih ingat sama si Imut Afika? Model iklan ini sekarang jadi anggota JKT48 lho!

Afika Iklan Oreo
Afiqah yang populer karena iklan Oreo dan keimutannya yang hakiki. | Via IDNTIMES

“Aafiiikaa!”
“Iya.”
“Ada yang baru, nih!”
“Apa?”

Hayo ngaku. Siapa yang udah sering praktekkin dialog iklan Oreo di atas? Wajah imut Afika dan dialog yang mudah diingat membuat promosi Oreo ini berhasil meledak.

Dialog ringan dan sangat meme-able ini telah melahirkan banyak meme yang menghibur kita selama berselancar di Internet.

Meme Oreo Afika
Iklan Oreo Afika menjadi bahan meme yang membuat jagat Internet lebih berwarna. | Via 1cak.com

#3. Produk yang suka bikin bingung kastamer ini ternyata sudah direncakan!

Nestle sudah berniat membingungkan kastamer sejak 2006 dengan produk Susu Beruang dengan Iklan Naga Tapi Isinya Susu Sapi Ini. | Via Twitter @Foodfess2

Produknya apa, logonya apa, iklannya apa. Itulah yang ada di pikiran kamu ketika lihat susu Bear Brand. Produknya susu sapi, iklannya pakai naga, tapi logonya beruang. Sampai-sampai banyak yang mengira kalau susu ini beneran susu beruang.

Tapi ternyata, pihak Nestle sudah merencanakan plot iklan ini sejak tahun 2006. Mereka memprediksi bahwa produk mereka bakal dibicarakan banyak orang karena materi iklan dan copywriting yang nggak biasa ini.

Benar saja.

Ide out of the box bin aneh tersebut berhasil meningkatkan brand awareness Bear Brand yang kini dikenal sebagai Susu Beruang.

#4. Ketika ibu-ibu qasidah masuk ke dalam rice cooker

Ibu-ibu qasidahan berhasil membawa warna baru ke dunia periklanan Indonesia dan menerapkan standar tinggi untuk iklan kreatif. | FAELVDC – YOUTUBE

“Lembur bagai quda”
“Sampai lupa ‘orang tua~”

Kalau kamu baca sambil nyanyi, berarti iklan ini berhasil nampol di telinga dan pikiran kamu. Lirik yang relatable dinyanyikan dengan qalqalah bahasa Arab oleh ibu-ibu qasidahan ini berhasil membuat Internet lebih berwarna.

VIdeo yang nyeleneh, lagu yang memorable, dan material yang amat sangat memeable membuat siapapun yang punya ide bikin iklan Ramayana pakai qasidahan layak naik gaji!

Meme Ibu Qasidah Ramayana
Iklan Ramayana qasidahan berhasil melahirkan meme-meme dan artwork berkualitas. | Via Instagram @sanditiojitok

#5. Iklan Gopay dari Gojek yang menggandeng ibunda kita tersayang.

Bu Sisca masih jadi primadona kalau bicara soal masak-memasak. | GO-PAY INDONESIA – YOUTUBE

Siapa yang dulu suka ngiler kalau lihat Bu Sisca lagi masak? Berharap beliau ini ibu kita yang punya segala peralatan masak, hobi masak, dan jago masak.

Sayangnya, kita cuma bisa ngiler setiap kali lihat hasil masakan Bu Sisca yang wah sementara kita makan nasi kecap pakai kerupuk.

Bu Sisca sempat bikin heboh karena ngaku gantung panci yang membuat netizen mengira bahwa beliau berhenti dari dunia masak-memasak. Ternyata, pernyataan tersebut adalah gimik iklan Go-Food.

Selanjutnya, beliau juga jadi bintang iklan Gopay dengan resep ‘bumbu rahasia’ nagih utang anti nggak enak. Teknik visual yang nampol dan copywriting jenius ini menuai banyak pujian di jagat maya.

#6. “Wani piro?” Jin Jawa yang jadi lead iklan rokok paling populer.

Kalilmat yang artinya “berani berapa” ini populer setelah jadi kalimat andalan dalam iklan rokok Djarum76. Dengan konsep jin Aladdin berpakaian adat Jawa dan sering menyentil permasalahan sosial membuat iklan ini berkesan.

Buktinya, jagat Internet semakin meriah dengan munculnya meme-meme jin Aladdin dengan kalimat tersebut sebagai reaksi saat meminta sesuatu.

Meskipun rokok bukan produk yang disarankan GoodScoop, kamu tetap bisa belajar teknik marketing produk tembakau satu ini.

#7. Konsep iklan Energen ini umum digunakan, tapi kalimat yang dilontarkan mengena di hati pemirsa.

Iklan jadul Energen yang masih melekat di hati pemirsa hingga kini. | BARTOLOMEUS REYNO JIWANDONO – YOUTUBE

“Mana sempat? Keburu telat~”

“He’em, mana sempat~”

Meski iklan ini tergolong jadul, dialog di atas masih tengiang di telinga sampai sekarang. Storytelling yang diusung dalam iklan ini adalah sosok pemandu sorak yang lapar tapi tidak sempat makan.

Lalu, Energen dimunculkan sebagai solusi mengatasi lapar saat waktu sempit. Inilah keunggulan produk Energen, yaitu kepraktisan dalam membuatnya. Plus, dengan sosok cheerleader yang pasti memerlukan energi banyak, memberi kesan bahwa Energen memberi energi yang cukup untuk beraktivitas berat.

Iklan Mana yang Paling Berkesan?

Dari iklan-iklan di atas, kamu bisa menyimpulkan bahwa copywriting yang baik bisa menonjolkan kelebihannya jika dieksekusi oleh tim visual yang kreatif.

Ide-ide out of the box akan layu kalau dieksekusi oleh tim ala kadarnya. Copywriting yang mumpuni, skill video editing yang mantap, dan elemen pelengkap lain adalah resep membuat iklan yang memorable.

Tinggalkan Balasan