free page hit counter
Download Logo Hari Santri 22 Oktober 2021

Logo Hari Santri 2021 Download Disini Gratis PNG

Artikel diperbarui pada 29 September 2021.

Logo Hari Santri 2021 itu diterbitkan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Selain logo, Kementerian Agama juga telah menerbitkan tema peringatan pada 22 Oktober 2021. Kamu bisa mengunduh Logo Hari Santri 2021 di bawah ini.

Penerbitan tema dan logo Hari Santri 2021 berlangsung Selasa lalu (21.9) di kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Agenda tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, perwakilan kementerian/lembaga dan perwakilan ormas Islam.

Lalu seperti apa tampilan dan makna logo Hari Santri 2021? Dilansir dari detik.com, berikut ini adalah informasi terkait desain dan filosofi logo Hari Santri 2021.

Desain Logo Hari Santri 2021

Logo Hari Santri Nasional 2021
Logo Hari Santri Nasional 2021. | via detik.com

Tahun ini desain logo Hari Santri 2021 dibuat dengan warna yang berbeda. Menurut Menag, warna logo tersebut mencerminkan semangat dan kerjasama para mahasantri dalam mengabdi kepada negara dan Rabbi Ilahi.

Dari logo tersebut terdapat dua huruf Hijaiyyah yang melambangkan yaitu huruf Hijaiyyah ‘dza’ yang artinya cerdas pada ayat kedua Nadhom Alala, dan huruf Hijaiyyah ‘ja’ yang berasal dari Lafadz pepatah ‘man jadda wa jada’. . berasal’.

Filosofi Logo Hari Santri 22 Oktober 2021

Ada 5 filosofi berbeda dari logo Hari Santri 2021 yang mencerminkan rangkaian kegiatan Santri. Filosofinya meliputi:

  1. Logo menunjukkan posisi sholat. Logo ini melambangkan Santri yang selalu berserah diri kepada Tuhan sebagai puncak kekuatan rohani dan jasmani.
  2. Logo tersebut menunjukkan posisi sujud. Sujud diartikan sebagai bentuk usaha dan keikhlasan agar pandemi cepat berlalu.
  3. Logo menunjukkan dua orang berpegangan tangan. Filosofinya adalah menunjukkan kebersamaan, artinya santri selalu bekerja sama, bersama dalam suka dan duka.
  4. Logo adalah simbol semangat, filosofinya mewakili keyakinan santri bahwa apapun bisa dicapai dengan semangat dan kerja keras.
  5. Logo tersebut menunjukkan simbol berbagi. Filosofinya menunjukkan bahwa santri berbagi untuk orang lain dan untuk Indonesia.

Tema Hari Santri 22 Oktober 2021

Selain logo Hari Santri 2021, menteri agama juga telah menerbitkan tema baru untuk tahun ini.

Tema yang diangkat adalah ‘Santri Siaga Jiwa dan Jasad’, sebagai wujud untuk menjelaskan sikap mahasiswa di Indonesia untuk selalu siap menyerahkan jiwa dan raganya demi membela tanah air, menegakkan persatuan Indonesia dan menciptakan perdamaian dunia.

Siaga Jiwa Raga juga dimaknai sebagai komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah airnya, yang muncul dari akhlak santri yang santun, rendah hati, berpengalaman dan palsu selama berada di Pesantren.

Sedangkan Siaga Jiwa artinya santri tidak lalai dalam menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia.

Makna ini berarti bahwa Santri tidak akan pernah memberikan celah bagi penetrasi ancaman ideologis yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

Siaga Raga artinya tubuh, raga, tenaga dan hasil jerih payah para pelajar di Indonesia dipersembahkan.

Link Download Logo Hari Santri 2021

Kamu bisa mengunduh logo Hari Santri 2021 dari Kementerian Agama dengan mengunjungi tautan di bawah ini. [Download]