free page hit counter
Beasiswa S1 Kuliah Dalam dan Luar Negeri
Daftar beasiswa S1 untuk kuliah di dalam dan luar negeri. | via goodscoop.id

Beasiswa S1 bagi Lulusan SMA untuk Kuliah di Dalam & Luar Negeri

Artikel diperbarui pada 13 Juli 2021.

Kuliah memang impian hampir setiap lulusan SMA. Bahkan kalau bisa, mendapatkan beasiswa S1 untuk kuliah di dalam atau luar negeri. Kalau kamu baru saja lulus SMA dan ingin kuliah, silakan cek informasi beasiswa S1 di bawah ini.

Beasiswa S1 Kuliah Dalam dan Luar Negeri
Daftar beasiswa S1 untuk kuliah di dalam dan luar negeri. | via goodscoop.id

Bagi para siswa SMA yang akan bersiap lulus tahun ini bisa mempersiapkan diri guna mendapatkan beasiswa S1 di berbagai perguruan tinggi terkemuka. Berbagai lembaga pemerintah dan non-pemerintahan menyediakan berbagai jenis beasiswa untuk kuliah.

Ada yang membayar biaya akademik, ada juga yang sampai menanggung biaya hidup hingga diberikan uang jajan. Jika beruntung, bisa juga menjalani perkuliahan di kampus luar negeri, mulai dari sesama benua Asia hingga ke Eropa dengan syarat dan juga ketentuan tertentu.

Lama waktu normal penyelesaian studi sarjana maksimal selama 4 tahun sudah termasuk dengan penelitian dan penyelesaian skripsi. Informasi mengenai beasiswa S1 bisa dengan mudahnya kamu dapatkan dari berbagai halaman website dan juga dari guru BP sekolah.

Beasiswa S1 Dana Pendidikan yang Berasal dari Djarum

Yayasan Djarum bukanlah nama asing yang menyediakan beasiswa S1 di Indonesia. Beasiswa dari Djarum ini juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada penerima untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan membentuk kepribadian yang elegan.

Djarum memberikan dana senilai Rp 1.000.000 per orang per tahun, termasuk pelatihan soft skill, seperti pengembangan karakter, kepemimpinan, daya saing, dll. Bekerja sama dengan Djarum Foundation, lebih dari seratus universitas telah terdaftar.

Pemberi beasiswa sangat terbuka untuk berbagai universitas yang ingin bekerjasama dan mendaftar di kampusnya. Jika kamu berada di universitas, kamu memiliki rencana studi yang tidak terdaftar, maka kamu dapat merekomendasikannya ke info@djarumbeasiswaplus.org.

Adapun berbagai persyaratan untuk menjadi penerima beasiswa jenjang sarjana dari djarum adalah:

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif jenjang S1 dari semua jurusan.
  2. Minimal memiliki IPK 3.20 pada semester 3 dan bisa mempertahankannya pada semester 4 akhir.
  3. Aktif mengikuti kegiatan organisasi maupun sukarela selama perkuliahan maupun sekolah, dibuktikan dengan sertifikat.
  4. Tidak terdaftar sebagai penerima beasiswa dari pihak manapun.

Untuk detail dokumen apa saja yang dibutuhkan bisa diakses langsung dari bagian kemahasiswaan. Sementara itu pendaftaran cukup diikuti melalui jalur daring dan pengiriman dokumen dilakukan langsung melalui ekspedisi ke alamat tertentu.

Nantinya pihak Djarum akan memberi jeda selama beberapa waktu untuk menyeleksi berkas para pelamar. Adapun bagi peserta yang diterima akan menerima konfirmasi melalui SMS atau email. Setelah menerima notifikasi selanjutnya diharuskan mengikuti seleksi tes.

Ujian dari djarum adalah tahap akhir, kamu hanya perlu menunggu hasilnya diterima beasiswa S1 atau harus mencoba peluang lain. Pengumumannya bisa langsung diakses di website Djarum, atau informasinya bisa didapat dari bagian Kemahasiswaan kampus.

Beasiswa S1 YAAB-Orbit HAH Yogyakarta

Siswa SMA maupun SMK di Yogyakarta patut berbahagia karena tersedia beasiswa S1 dari Yayasan Amal Abadi Beasiswa Orang Tua Bimbing Terpadu Hasri Ainun Habibie (YAAB-ORBIT HAH). Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

  1. Tercatat sebagai siswa kelas 3 SMA maupun SMK atau merupakan mahasiswa di Daerah istimewa Yogyakarta.
  2. Maksimal penerima beasiswa mahasiswa adalah semester 7, sementara itu untuk siswa maksimalnya kelas 3 semester 1.
  3. Minimal IPK untuk calon peserta dari kalangan mahasiswa adalah 3.00.
  4. Hanya boleh menerima satu beasiswa.
  5. Siap mengikuti pembinaan yang nantinya diberikan.
  6. Melampirkan bukti dari keluarga kurang mampu.

Setelah semua garis besar di atas terpenuhi maka selanjutnya harus memenuhi persyaratan dokumen berikut ini:

  1. Mengunduh formulir pendaftaran di situs bersangkutan.
  2. Melampirkan scan KTP atau KTM asli.
  3. Melampirkan surat yang menyatakan bahwa kamu benar tercatat selaku siswa maupun mahasiswa dari lembaga terkait.
  4. Scan KK atau kartu keluarga asli.
  5. Lampiran surat gaji dari tempat orang tua bekerja atau keterangan penghasilan yang dikeluarkan oleh kepala desa setempat.
  6. Surat yang menyatakan tidak sedang menerima beasiswa dari lain sumber.
  7. Scanning transkrip nilai perkuliahan atau nilai rapor.
  8. Foto rumah dari depan, samping, belakang lengkap.
  9. Membuat tulisan mengenai rencana jika diterima sebagai peserta beasiswa S1 dari yayasan ORBIT HAH.

Persyaratan yang disebutkan di atas bukan hanya harus dipenuhi, namun juga wajib diurutkan dari atas hingga bawah. Kelengkapan dan urutnya dokumen akan dijadikan pertimbangan yayasan menerima kamu sebagai salah satu kandidat penerima dana pendidikan.

Beasiswa S1 Penuh TDV di Turki

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan sarjana Anda ke Turki? kamu bisa mendapatkan Beasiswa S1 Universitas Turki TDV lengkap. TDV Turki adalah Turkiye Diyanet Vakfi, atau Yayasan Turkiye Diyanet untuk semua lulusan sekolah menengah atas dan sederajat.

Semua pelajar dari seluruh dunia berkesempatan mendapatkan beasiswa ini, namun dengan catatan kamu harus beragama Islam. Kenapa harus beragama Islam? karena sumbangsih dana pendidikan ini bertujuan untuk memajukan umat Muslim dalam dunia ilmu pengetahuan.

Nantinya setelah lulus, diharapkan para penerima beasiswa dapat membagikan ilmu pengetahuan berikut pengalamannya kepada masyarakat luas. Beragamnya peserta dari seluruh negara memungkinkan setiap orang melewati jembatan budaya lintas negara.

Adapun berbagai program studi yang ditargetkan oleh TDV ini lebih spesifik, seperti studi Islam, studi agama dan filosofi, serta seni dan sejarah Islam. Sebelum resmi masuk kampus, kamu akan diwajibkan kursus bahasa Turki satu tahun, tapi semuanya diberikan gratis saja.

Beberapa universitas yang mendukung beasiswa S1 adalah Ankara University, Marmara University, Istanbul University, Uludag University, Erciyes University, Necmettin Erbakan University, dan Social Science University. Kamu bisa memilih diantara ketujuh pilihan itu.

Keuntungan memperoleh sumbangsih dana pendidikan ini adalah biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, biaya tinggal, dan banyak lagi hingga gratis kursus bahasa. Menariknya lagi kamu juga dibiayai untuk piknik dan penelitian akademik selama di sana.

Beasiswa S1 Nutrifood Research Center Fellowship

Nutrifood Research Center Fellowship juga tidak mau kalah menyediakan program beasiswa S1 bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Program ini dibuat dengan tujuan:

  1. Memberikan kapabilitas bagi peneliti muda agar mampu bersaing di dunia global.
  2. Meningkatkan kualitas yang berseimbangan dengan kuantitas penelitian di bidang makanan sehat.
  3. Membangun kerja sama antara industri dengan akademisi.
  4. Mewujudkan Indonesia lebih sehat dari pencegahan penyakit tidak menular.

Penerima beasiswa tidak semerta-merta diberikan uang, namun juga akan ada pelatihan mengenai makanan sehat. Tidak tanggung-tanggung, bahkan jumlah nominal yang dianggarkan untuk satu proposal dalam melakukan penelitian adalah Rp50.000.000.

Adapun hasil akhir dari penelitian yang dilakukan bisa berupa produk, jasa, atau apa saja yang berkaitan dengan kudapan sehat. Wajib membuat esai dengan maksimal satu lembar dan mencantumkan nama peneliti berikut nama dosen pembimbing, bisa lebih dari satu nama.

Beberapa aspek yang menjadi penilaian pihak Nutrifood adalah:

  1. Idenya inovatif, artinya baru dan belum pernah dilakukan pihak lain.
  2. Kreatif dan menarik.
  3. Menyampaikan ide secara padat, tidak bertele-tele agar mudah dipahami.
  4. Ide harus sesuai dengan tema yang ditentukan oleh pihak penyelenggara beasiswa.

Seluruh mahasiswa S1 dan juga bisa S2 di Indonesia berkesempatan mendapatkan beasiswa ini tanpa terkecuali. Jumlah dosen pembimbing tidak ditentukan, hanya saja minimal satu untuk mengantarkan mahasiswanya mendapatkan beasiswa S1 dari Nutrifood.