free page hit counter
Syarat pendaftaran dan tips lulus Beasiswa LPDP.
Syarat pendaftaran dan tips lulus Beasiswa LPDP. | via goodscoop.id

Kemenkeu Sediakan Beasiswa LPDP untuk Mahasiswa Berprestasi

Artikel diperbarui pada 13 Juli 2021.

Beasiswa LPDP yang diluncurkan oleh berbagai Kementerian di Indonesia merupakan usaha pemerintah untuk mencetak generasi penerus di pemerintahan dan ASN. Kalau kamu tertarik untuk mengajukan diri sebagai penerima beasiswa LPDP, berikut syaratnya.

Syarat pendaftaran dan tips lulus Beasiswa LPDP.
Syarat pendaftaran dan tips lulus Beasiswa LPDP. | via goodscoop.id

Program beasiswa LPDP Kementerian Keuangan dan dua lainnya telah diluncurkan dalam beberapa tahun terakhir. Cakupannya tidak hanya digunakan untuk mendanai siswa berprestasi di kampus dalam negeri, tetapi juga untuk pendidikan di kampus luar negeri.

Jenjang pendidikan yang dibiayai oleh pemerintah adalah jenjang pendidikan Secondary 2 dan Secondary 3. LPDP sendiri mewakili lembaga pengelola dana pendidikan dan mewajibkan lulusannya untuk berkontribusi pada sektor pendidikan yang sudah mapan di Indonesia.

Beasiswa LPDP dimiliki oleh tiga kementerian, yaitu Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Setelah menerima hibah sekolah ini, kamu harus bisa meluangkan waktu untuk belajar.

Syarat dan Ketentuan dari Pendaftaran Beasiswa LPDP

Kuliah-Gratis-ke-Luar-Negeri
Syarat daftar beasiswa LPDP untuk kuliah di luar negeri. | @odua – freepik.com

Sama seperti suntikan dana sekolah pada umumnya, beasiswa LPDP juga menerapkan beberapa persyaratan untuk dipenuhi. Dari sekarang yang bisa dipersiapkan adalah:

  1. Identitas KTP membuktikan bahwa dirinya adalah warga negara Indonesia.
  2. Calon peserta penerima hibah pendidikan S2 harus lulus S1 dan S3 harus lulus S2 dengan syarat-syarat berikut ini terpenuhi:
    1. BAN PT diakui sebagai universitas dalam negeri. Perguruan tinggi dalam negeri dalam bentuk layanan.
    2. Setelah penelitian, universitas asing diakui secara hukum oleh Kementerian Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta Kedutaan Besar Indonesia di negara tersebut.
    3. Lampirkan izin yang langsung dikeluarkan oleh HRD untuk mengikuti seleksi karyawan. Pelamar universitas asing harus mengisi tiga surat, termasuk: Surat kesehatan. Surat dari obat-obatan bersih. Surat tidak terkena tuberkulosis.
  3. Saran berupa surat dari pimpinan dan tokoh.
  4. IPK minimal lulusan jenjang 1 3,0, dan IPK minimal lulusan jenjang 2 3,2. Lulusan perguruan tinggi Indonesia yang akan melanjutkan ke luar negeri harus menyerahkan nilai IELTS, nilai minimal untuk magister atau S2 dan doktoral atau tingkat pendidikan S3 masing-masing adalah 6,5 dan 7,0.
  5. Hanya terima kelas biasa.
  6. Lampirkan silabus yang berisi rencana studi.
  7. Tulis saran pembelajaran.
  8. Pelamar doktor harus melampirkan rencana penelitian.
  9. Terbitkan surat pernyataan, termasuk: Kembali ke rumah setelah belajar.
  10. Hanya satu beasiswa yang diberikan.
  11. Tidak melanggar hukum dan pancasila.
  12. Mematuhi etika akademik.
  13. Setia kepada Republik Indonesia.
  14. Data yang dikirimkan benar.
  15. Pelamar S2 bisa sampai 38 tahun dan S3 bisa sampai 40 tahun.
  16. Pilih perguruan tinggi dan jurusan sesuai beasiswa LPDP.
  17. Khusus untuk program PhD, diperlukan LoA. Harus melewati waktu. Lampirkan surat keterangan pemeriksaan polisi.

Banyak sekali syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan dana dari pemerintah. Semua data harus diisi dengan jujur. Apabila suatu hari terbukti sengaja mengisi dengan data palsu maka beasiswa seketika dapat dicabut.

Tanggungan Pemerintah untuk Mahasiswa Kuliah  di Luar Negeri

Beasiswa-ke-Jepang
Beasiswa LPDP memberi uang saku bagi mahasiswa kuliah di luar negeri. | freepik.com

Siapa yang tidak tertarik pergi ke luar negeri, apalagi menggunakan beasiswa LPDP untuk belajar di luar negeri. Meski begitu, tidak ada alasan untuk diam, karena setelah menyelesaikan rencana studi, peserta akan diminta kembali untuk membangun rumahnya.

Kementerian Keuangan, Kementerian Agama, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan enggan turun-temurun memberikan berbagai biaya bagi penerima beasiswa kampus luar negeri. Ruang lingkup pendaftaran, biaya kuliah, buku, penelitian, seminar internasional dan publikasi jurnal internasional.

Dana tersebut di atas merupakan pengeluaran utama, pemerintah juga memberikan dukungan untuk biaya tambahan lainnya. Sebut saja biaya transportasi, visa, asuransi, bulanan, kedatangan, tunjangan keluarga untuk mahasiswa doktoral, dan dana darurat.

Dari berbagai keterangan di atas, siapa yang tidak tergiur oleh beasiswa satu ini? tentu sangat wajar dengan persyaratan sebanyak itu, pada akhirnya harus mengabdi pada negara dengan sangat totalitas. Dari sekian dana pendidikan, bisa dibilang ini salah satu terbaik.

Tidak heran pada akhirnya jika aturan untuk menerima dana pendidikan ini sangat diperketat. Pada awal program tentunya pemerintah akan menemukan beberapa cacat untuk dibenahi kemudian hari. Contohnya, oknum yang lari ke luar negeri dan tidak kembali.

Saat ini untuk menjaga keberlangsungan program beasiswa LPDP 3 kementerian, pemerintah menggunakan sistem debt collector. Mereka yang kabur tapi tidak mau pulang akan dikenakan biaya sesuai dengan besaran dana pendidikan yang telah disalurkan pemerintah selama ini.

4 Negara Tujuan Peserta LPDP

Kuliah dengan Beasiswa
Kuliah dengan beasiswa LPDP, gratis dan dapat uang saku. | via goodscoop.id

Bingung mau pergi ke negara mana untuk menjalankan program beasiswa LPDP? asalkan semua syarat sudah terpenuhi, kamu bisa menargetkan negara-negara ini:

#1. Amerika Serikat

Salah satu universitas terkemuka di Amerika yang menerima peserta LPDP adalah Virginia Tech. Universitas terbaik dunia yang berfokus pada manajemen hotel berada di peringkat ke-388. Bagi yang suka dengan industri perhotelan bisa mendaftar di universitas ini.

#2. Inggris

Inggris juga merupakan tujuan yang efektif bagi penerima dana pendidikan pemerintah ini. Beberapa universitas pendukung adalah Universitas Surrey, Universitas Sussex, Universitas Reading, Universitas Southampton dan Universitas Nottingham.

Ada beberapa jurusan yang dapat dipilih, termasuk studi pengembangan di Universitas Sussex, pariwisata dan perhotelan di Universitas Surrey, dan keperawatan di Universitas Southampton.

Banyaknya universitas penerima menjadikan Inggris sebagai tujuan yang menjanjikan. Tercatat banyak mahasiswa Indonesia di sana.

#3. Australia

Sebagai negara tetangga, Australia menawarkan beberapa universitas untuk menerima pelajar Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Universitas Queensland, Universitas Australia Barat, Universitas Curtin, Universitas Monash, dan banyak lagi …

Beberapa jurusan yang didukung oleh universitas Australia adalah farmasi, geografi, akuntansi, keuangan, dll. Tugas terbesar mendapatkan beasiswa ini adalah belajar giat di luar negeri, lalu kembali ke negeri ini. Pemerintah akan bertindak tegas pada penerima beasiswa yang berusaha mangkir.

#4. Kanada

Sampai saat ini, Kanada menyediakan satu universitas yang menerima kedatangan mahasiswa beasiswa LPDP Indonesia jenjang S2 maupun S3. Jurusan pendidikan itu adalah Engineering – Mineral Mining pada Queens University.

Kiat untuk Lulus Seleksi Penerimaan Beasiswa LPDP

Beasiswa-Kuliah-S2
Kiat sukses dan lolos seleksi beasiswa LPDP. | unsplash.com

Melirik sedemikian menguntungkannya para peserta beasiswa LPDP dalam maupun luar negeri tentunya kamu juga tergiur untuk mendapatkannya. Semua orang memiliki kesempatan yang sama. Asalkan memenuhi kiat-kiat berikut:

#1. Memiliki Karakter

Karakter atau kepribadian adalah hal penting, tentu harus dimiliki oleh penerima beasiswa dari tiga kementerian Indonesia. Kategori pendanaan pendidikan ini tidak hanya menyasar studi di atas kertas, namun dibutuhkan realisasinya dalam kehidupan nyata untuk masyarakat.

Kepemimpinan bukan satu-satunya. Pada sesi wawancara juga akan diukur kemandirian dari calon penerima.

#2. Aktif Organisasi dan Lainnya

Salah satu karakter akan dinilai pada sesi wawancara adalah kepemimpinan. Dengan berorganisasi, calon peserta terlatih untuk mengelola tim. Sementara kegiatan non-organisasi, contohnya kegiatan sukarela menanamkan rasa kepedulian sosial.

#3. Mempersiapkan Esai

Adapun jumlah esai dibutuhkan juri untuk menerima kebijakan pemerintah ini sebanyak 2 buah esai. Salah satu tema menceritakan pencapaian terbesar dan lainnya menceritakan kontribusi kamu terhadap Indonesia dengan bahasa Indonesia secara baik dan benar.

#4. Mengusahakan LoA dari Kampus Target

LoA atau letter of acceptance ini sifatnya opsional dan kondisional. Namun, tentu saja jika dilampirkan akan menunjukkan kesan lebih serius dan kamu sendiri memiliki nilai lebih bagus. Bukan tidak mungkin pada akhirnya LoA ini akan membantu kamu mendapatkan beasiswa LPDP.

Kuliah Gratis di Luar Negeri dengan Beasiswa LPDP

Kuliah di luar negeri memang memerlukan biaya besar. Meskipun beberapa negara sudah menyediakan kuliah gratis, kamu tetap harus dituntut untuk memiliki biaya yang bisa menanggung biaya hidup kamu.

Beasiswa LPDP memberi kamu uang saku bulanan untuk hidup dan tinggal di negara tersebut. So, kamu hanya perlu fokus menyelesaikan kuliah dan kembali ke Indonesia. Nantinya, kamu akan diperkerjakan sesuai dengan bidang kamu di kementerian yang terkait.

Nah, siap kuliah di luar negeri gratis dengan beasiswa LPDP?