free page hit counter
Tips Nikah Hemat
Tips nikah hemat. | goodscoop.id

Segerakan! Ini 5 Tips Nikah Hemat Tanpa Ribet!

Artikel diperbarui pada 23 November 2022.

Tips Nikah Hemat
Tips nikah hemat. | goodscoop.id

Banyak orang yang mendambakan pernikahan dengan pesta meriah dan mewah agar terlihat berkesan untuk dirinya dan tamu undangan sendiri. Akan tetapi, tak banyak yang bisa melakukannya dikarenakan biaya yang teramat besar.

Terlebih di masa pandemi ini yang membuat keuangan seakan menipis dan tidak bisa diprediksi dengan baik. Melihat kondisi tersebut, banyak orang yang berfikir kembali untuk menikah dan menunda pernikahannya untuk beberapa waktu saja.

Namun ternyata, pandemi masih belum usai sehingga membuat para pasangan semakin resah apakah melangsungkan acara pernikahan saja atau kembali menundanya.

Kini, kamu tidak perlu risau karena menikah di masa pandemi tidak akan sesulit yang dibayangkan, apabila melakukan beberapa tips di bawah ini.

Batasi Jumlah Tamu Undangan yang Akan Datang Ke Acara Pernikahanmu

Tips-Hemat-Nikah
Menikah. | @odua – freepik.com

Di masa pandemi, tidak diperbolehkan banyak orang saling berkerumuman dalam satu lokasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona yang belum pasti akan berakhir.

Melihat kondisi ini pun, tentunya kamu tidak diperbolehkan untuk mengundang banyak tamu undangan, kan? Maka, undanglah beberapa orang saja yang memiliki hubungan erat denganmu dan pasangan untuk datang ke acara pernikahan tersebut.

Gunakan Wedding  Planner Untuk Pernikahan Sederhana yang Berkesan

Wedding planner. | FREEPIK
Wedding planner. | FREEPIK

Kata siapa wedding planner hanya digunakan untuk pernikahan mewah saja? Kamu bisa menggunakannya juga untuk pernikahan sederhana bersama tim wedding planner yang sudah dipercaya.

Gunakan paket hemat agar bisa membantumu mewujudkan pernikahan sesuai harapan yang diinginkan. Tentunya, tetap aman di kantong, sesuai protokol kesehatan dan tetap khidmat saat pelaksanaannya.

Lakukan Resepsi Pernikahan Secara Virtual

Teknologi canggih masa kini ternyata bisa digunakan untuk proses resepsi pernikahan, sehingga teman-teman kamu yang jauh pun bisa menyaksikan acara pernikahanmu. Selain menghemat pengeluaran dana pernikahan, kamu akan didekatkan dengan teman-teman yang berada jauh dan menikmati momen ini, sehingga tetap memberikan kesan yang bermakna.

Resepsi pernikahan secara virtual biasanya dilakukan dalam aplikasi zoom yang memungkinkan kamu dan pasangan bisa mengundang banyak tamu di dalamnya. Cara ini memang sangat efektif dilakukan pada masa pandemi, ketimbang melangsungkan acara resepsi langsung yang tidak dapat diprediksi apakah teman-temanmu bisa datang atau tidak.

Lakukan Semua Agenda Dalam Satu Kali Acara

Acara pernikahan. | @freepic.diller - FREEPIK
Acara pernikahan. | @freepic.diller – FREEPIK

Sebelum adanya pandemi, banyak pasangan yang melangsungkan acara pernikahan mereka selama beberapa hari. Jadi, terkadang ada pasangan yang di hari pertama hanya melangsungkan akad saja, kemudian di hari selanjutnya adalah acara resepsi dan lainnya.

Untuk sekarang, kamu bisa melangsungkan semua agenda pernikahan dalam satu hari sekaligus, mulai dari akad, resepsi, hingga lainnya. pemadatan agenda ini akan membuat kamu lebih hemat biaya dan tidak perlu memunculkan banyak kerumunan.

Akad Nikah Dilakukan di KUA atau Masjid

Masjid
Masjid. | @wirestock – freepik.com

Tips terakhir ini merupakan tips yang paling baik dan bisa membuat acara pernikahanmu berlangsung khidmat. Menikah langsung di KUA atau mesjid akan membuat kamu lebih hemat biaya.

Meskipun pernikahannya dilangsungkan secara sederhana, namun kamu tetap bisa melangsungkan acara resepsi dengan keluarga terdekat secara meriah.

Tentunya, hal ini pun sudah membuat kamu dan pasangan merasakan hal berkesan yang hanya bisa dilakukan satu kali seumur hidup.

Menikah bukanlah sebuah paksaan yang mana harus menuntut segalanya darimu. Semasa pandemi, menentukan cara-cara tepat untuk menikah harus bisa dilakukan agar tetap hemat dan pernikahan bisa berjalan dengan lancar.

Tetap sehat dan semangat, ya.