free page hit counter

Biayain Nikah dari Investasi, Bisa? Simak Dulu Aturannya!

Artikel diperbarui pada 28 Mei 2021.

Nikah dari hasil Investasi
Mau nikah dari hasil investasi? Simak dulu aturannya! | goodscoop.id

Menikah merupakan suatu momen sakral yang diharapkan hanya bisa dilakukan sekali dalam seumur hidup. Sehingga, tak aneh apabila banyak orang yang ingin melangsungkan acara pernikahan dengan baik dan berkesan.

Standar pernikahan yang baik dan berkesan ternyata memiliki standarnya masing-masing, lho.

Hal ini tergantung kepada calon mempelai pengantin dan orangtua mempelai masing-masing. Ada yang menyebutkan standar pernikahannya sederhana, dan ada juga yang menyebutkan bahwa standar pernikahan yang berkesan adalah dilangsungkan dengan acara yang mewah dan elegan.

Shierly, Perencana Keuangan Finansialku mengungkapkan bahwa, dana pernikahan sebaiknya disesuaikan dengan budget yang pasangan miliki. Jangan sampai kamu melangsungkan acara pernikahan dengan hutang, agar kelangsungan hidup baru setelah menikah tidak dihabiskan dengan membayar cicilan hutang dana pernikahan.

Memang benar, untuk melangsungkan acara pernikahan pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, walaupun dilangsungkan secara sederhana.

Nah, bagaimana jika kamu menikah dengan biaya hasil dari investasi? Tentunya, hal ini akan membuatmu lebih hemat dan tabungan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Jika ingin mempersiapkan dana pernikahan dengan hasil investasi, maka kamu bisa mengikuti beberapa tips memilih investasi yang bisa digunakan untuk biaya pernikahan, yaitu sebagai berikut.

Investasi di Produk Rendah Risiko dan Likuid Buat Kamu yang Ingin Nikah Kurang dari 1 Tahun

Investasi-Uang
Investasi. | @k-life – freepik.com

Apabila kamu dan pasangan berencana menikah dalam waktu dekat, yaitu kurang dari 1 tahun, maka kamu bisa menggunakan produk investasi rendah risiko dan likuid agar bisa dicairkan saat kamu membutuhkannya.

Kamu bisa memilih produk investasi seperti, deposito, reksa dana atau pasar uang. Hal ini dilakukan untuk membayar DP biaya pernikahan yang biasanya sering diminta sebelum kamu merumuskan semua hal yang diperlukan dalam pernikahan tersebut.

“Aset investasi likuid dan rendah risiko bisa dicairkan sewaktu-waktu untuk biaya pernikahan kamu”.

Pasti kamu bertanya-tanya, kenapa harus melakukan investasi di aset yang rendah risiko?

Jawabannya adalah untuk menghindari terjadinya kerugian besar, seandainya kondisi perekonomian sedang mengalami fluktuaktif.

Investasi di Produk dengan Risiko Moderat Buat Kamu yang Ingin Nikah dalam Jangka Waktu 1-3 Tahun

Investasi-Dana
Investasi. | freepik.com

Apabila kamu berencana menikah sekitar 1-3 tahun ke depan, tentunya kamu bisa memilih jenis produk investasi yang memiliki risiko moderat, seperti P2P lending dan reksadana pendapatan tetap.

Selain itu, jika ingin menikah dalam jangka waktu 3 tahun ke depan, maka kamu bisa menggunakan produk investasi dengan risiko agresif, seperti reksa dana campuran, saham, dan reksa dana saham.

Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Investasi

Setelah melihat beberapa tips pilihan produk investasi yang digunakan untuk dana pernikahan, maka kamu dan pasangan harus mengetahui beberapa hal berikut sebelum melakukan investasi, diantaranya:

  • Lakukan terlebih dahulu penghitungan estimasi jumlah dana pernikahan yang dibutuhkan. Dalam hal ini, pasangan harus saling terbuka terkait konsep pernikahan yang diinginkan, begitu pula yang diinginkan oleh keluarga masing-masing.
  • Kamu dan pasangan harus memastikan bahwa kesehatan keuangan masih baik dengan melakukan finansial check-up secara rutin. Ciri-ciri keuangan yang aman dan sehat yaitu, memiliki dana darurat cukup, arus kas yang positif, memiliki asuransi dan cicilan hutang tetap aman.
  • Lakukan investasi sesuai dengan tujuan keuangan. Artinya, jika kamu hanya bisa menyisihkan dana kecil saja, maka lakukan saja dengan rutin sambil terus belajar investasi tersebut.
  • Ingatlah bahwa modal investasi wajib diberikan dari modal dingin alias bukan dari pinjaman, uang pengeluaran, atau dana darurat. Hal ini untuk menghindari beberapa masalah keuangan yang mungkin terjadi nantinya.

Nah, jika kamu tertarik untuk membiayai pernikahan dengan hasil investasi, maka kamu bisa mencobanya sekarang juga.

Semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan