free page hit counter

8 Cara Mengatur Keuangan Untuk Remaja, Nomor 6 Suka Terabaikan

Artikel diperbarui pada 14 November 2022.

Cara Mengatur Keuangan Remaja
Cara mengatur keuangan remaja. | goodscoop.id

Dalam ilmu psikologi, masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Saat seseorang tengah mengalami masa ini, maka ia akan banyak belajar dan mempersiapkan dirinya menjadi lebih baik lagi, terutama dalam masalah mengatur keuangan.

Apakah perlu mengatur keuangan bagi para remaja?

Jawabannya, tentu saja perlu.

Ketika remaja sudah ahli dalam hal ini, maka ia bisa mengatur keuangannya menjadi lebih baik, tidak boros, menjadi pribadi yang mandiri, pandai menabung, mampu merencanakan masa depan, serta bisa mengelola keuangan dengan baik saat sudah berumah tangga kelak.

Sayangnya, masih banyak remaja yang mengabaikan hal ini atau belum bisa mengatur keuangannya sendiri dengan baik.

Masalah ini dipicu dengan kurangnya perhatian orangtua terhadap mengajarkan anak-anaknya untuk mengelola keuangan serta sekolah yang tidak terlalu mengajarkan anak-anak tentang menabung atau mengelola keuangan.

Apalagi usia remaja merupakan usia dimana seseorang selalu menginginkan sesuatu tanpa pikir panjang. Tentunya, akan lebih sulit dalam mengatur keuangan tersebut.

Meskipun begitu, orang dewasa pun belum tentu bisa mengatur keuangan dengan baik karena ada banyaknya hal-hal yang ingin mereka capai.

Ada sebuah kejadian dimana seorang karyawan memiliki gaji sebanyak Rp. 8 juta perbulan, namun harus memiliki nasib yang malang karena di PHK.

Dalam hitungan bulan setelah kejadian itu, ia mengalami kebangkrutan karena memiliki cicilan disana-sini, sehingga menumpuk dan tak mampu untuk membayarnya.

Dari kejadian itu, tentunya dapat dilihat bahwa mengatur keuangan bukanlah perkara yang mudah, apalagi dilakukan oleh para remaja.

Tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba karena jika sudah memiliki niat, maka sesulit apapun itu, maka bisa dilakukan dengan baik.

Di bawah ini merupakan beberapa tips mengatur keuangan untuk remaja yang bisa dilakukan secara perlahan, yaitu sebagai berikut.

Tips Jitu Atur Keuangan Bagi Para Remaja:

Tips-Atur-Keuangan-Remaja
Tips jitu tapi sederhana untuk mengatur keuangan kamu yang remaja. | goodscoop.id

#1. Mulai Hidup Hemat

Hidup hemat bukan berarti kamu tidak bisa membelanjakan uangmu, tetapi hidup hemat merupakan suatu kegiatan agar kamu bisa menggunakan uang dengan cermat. Cara melakukan hidup hemat bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana, yaitu membawa bekal makanan ketika sekolah, tidak menghabiskan waktu nongkrong dan jajan di mall, tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan dan masih banyak lagi.

#2. Buat Catatan Keuangan Agar Pengeluaran Lebih Terkontrol

Mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan memang seringkali dianggap sepele. Padahal, cara sederhana ini bisa membantu kamu tidak mudah boros dan mengontrol keuangan untuk tetap hemat. Kamu bisa memulainya dengan mencatat pengeluaran setiap hari, berapa banyak uang yang dihabiskan dan melakukan evaluasi untuk perbaikan di hari atau bulan selanjutnya. Dengan begitu, kamu bisa tertib terhadap masalah keuangan dan tidak mudah boros lagi.

#3. Bergaul dan Berteman dengan Orang yang Membawa Pengaruh Positif

Masa remaja adalah masa dimana seseorang akan lebih sering bergaul dan memiliki banyak teman untuk bersosialisasi. Tidak ada yang salah dengan hal itu, hanya saja kamu harus selektif dalam memilih pertemanan agar tidak salah pergaulan.

Jangan sampai kamu bergaul dengan orang-orang yang membuatmu lebih banyak mengeluarkan uang atau boros. Pilihlah teman yang membawa pengaruh positif, sehingga bisa membantu kamu dalam berlaku hemat, tanpa mengurangi sisi pertemanan baik kalian.

#4. Jangan Mudah Terpengaruh Para Selebgram

Banyak remaja yang mengidolakan selebgram karena penampilan atau hal lainnya. Sayangnya, tidak semua selebgram memberikan konten bermanfaat atau bermuatan positif. Seringkali ditemui ada selebgram yang memiliki gaya hidup hedonis alias suka berfoya-foya. Tidak masalah jika keuanganmu bisa mencukupi hal tersebut. Masalahnya, bagaimana jadinya apabila keuanganmu terbatas dan kamu sampai terjebak hutang hanya untuk membiayai kehidupan seperti para selebgram tersebut? Mengerikan, bukan?

#5. Diskon dan Promosi Penjualan Bisa Kamu Manfaatkan Ketika Sedang Berbelanja

Di berbagai aplikasi toko online, kamu mungkin selalu melihat ada banyak toko yang memberikan diskon dan promosi di hari tertentu. Hal ini bisa menjadi kesempatan untukmu berbelanja agar mendapatkan barang yang dibutuhkan, tentunya dengan harga terjangkau.

Selain mampu berbelanja barang yang dibutuhkan, kamu bisa mendapatkannya dengan jumlah banyak dan harga murah, lho. Kemudian, sisa uang diskon atau promosi bisa kamu sisihkan untuk ditabung atau digunakan untuk keperluan lainnya.

#6. Jangan Belanja Berlebihan

Godaan untuk belanja berlebihan seringkali ditemukan saat kamu mengunjungi toko-toko di mall atau toko online di aplikasi smartphone-mu. Dana yang seharusnya cukup untuk satu bulan, malah habis dalam hitungan hari atau beberapa minggu saja. Ini disebabkan karena kamu mudah tertarik dengan barang-barang viral yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Untuk itu, batasi penggunaan gadget untuk melihat toko-toko online dan jangan bermain ke mall, apabila tidak memberikan dampak positif.

#7. Hidup Mandiri dengan Mencari Penghasilan Tambahan

Hidup mandiri dan tidak terlalu mengandalkan uang pemberian orangtua merupakan ciri khas remaja yang memikirkan masalah keuangan dengan cermat. Selain itu, mencari penghasilan tambahan pun tidak selalu dilakukan oleh orang dewasa.

Bagi kamu yang memiliki skill atau kemampuan tertentu, kamu bisa menonjolkannya menjadi suatu bidang penghasil uang, seperti menjadi guru les anak SD, menjadi penulis konten, menjadi kreator desain grafis dan masih banyak lagi.

Pekerjaan sampingan atau freelance itu tidak akan mengganggu waktu belajar atau pendidikan yang sedang kamu tempuh. Sebab, kamu bisa melakukan kegiatan tersebut di luar pembelajaran atau setelah kamu selesai belajar.

#8. Belajar Menabung atau Investasi

Menabung sedari dini merupakan bentuk investasi sederhana yang bisa dilakukan oleh para remaja. Cara ini bukanlah cara sulit, melainkan cara yang hanya memerlukan sikap disiplin, untuk bisa terus melakukannya sesuai rencana awalmu.

Dalam hal ini, menabung bukanlah menyimpan uang sisa yang kamu punya, tetapi disiplin dalam menyimpan uang dengan jumlah yang sudah ditentukan sebelumnya.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan remaja yang bisa dilakukan oleh semua para remaja di Indonesia. Pastikan kamu bisa melakukan semua tips di atas agar kehidupan hemat yang kamu inginkan bisa terwujud secara cepat dan tepat sasaran.