free page hit counter

12 Rekomendasi Ide Jualan Bulan Puasa Terlaris yang Perlu Dicoba

Artikel diperbarui pada 15 Februari 2023.

Pada saat bulan Ramadhan sangat pas berjualan untuk menambah pemasukan. Karena ada sejumlah ide jualan bulan puasa yang bisa diwujudkan oleh masing-masing orang hanya berbekal dirumah saja. Atau pun ingin berjualan dipasar dan tempat lain.

Jualan ini bukan hanya perkara makanan atau minuman saja tetapi juga sejumlah produk lain yang bisa dipasarkan. Serta memiliki peluang lebih tinggi saat bulan puasa tiba. Tentunya untuk ini memiliki keuntungan yang lebih tinggi.

Karena rata-rata berbagai produk tersebut pun memiliki fungsi yang sangat vital di bulan puasa. Maka dari itu dapat menjadi sumber penghasilan utama yang menjanjikan berbagai pembahasan berikut ini:

1. Peralatan Ibadah

Ide jualan bulan puasa pertama yaitu dengan menjual berbagai jenis peralatan ibadah. Contohnya untuk ini adalah mukena yang umum dibutuhkan untuk menjalani shalat tarawih. Atau juga untuk menjelang lebaran bagi sejumlah muslim di berbagai penjuru negeri.

Terkadang saat awal memasuki bulan puasa tetapi penjualan peralatan ibadah sudah meningkat. Apalagi jika hendak menuju lebaran sudah dipastikan dapat dijual secara offline dan online. Belum lagi dengan risiko keuntungan yang didapatkan oleh setiap penjual.

2. Baju Muslim

Berikutnya untuk ide jualan bulan puasa adalah untuk menjual berbagai jenis baju muslim. Hal tersebut tentu juga masuk dalam produk yang begitu dicari pada saat bulan suci ini. Serta membawa banyak keuntungan terutama menjelang lebaran.

Berbagai jenis baju muslim memiliki banyak jenis mulai dari baju koko, baju gamis. Hingga dengan bentuk rok atau celana untuk bisnis tersebut bisa dipromosikan di media social. Serta juga bisa menambah berbagai produk berdasarkan jenis bahannya.

3. Bisnis Hampers dan Parcel

Jangan lewatkan ide jualan bulan puasa yaitu berupa bisnis hampers atau juga parcel. Hal tersebut bermanfaat terutama bagi yang tidak membuat kue atau parcel dan hampers ini. Karena dianggap lebih cepat sehingga bisa jadi peluang menguntungkan.

Apalagi adanya tradisi di Indonesia untuk saling silaturahmi pada saat lebaran tiba. Membuat bisnis ini begitu dilirik dengan omset yang semakin meningkat. Tentunya juga harus dibarengi dengan ide kreatif dalam produknya.

4. Aksesoris Serta Hijab

Ide jualan bulan puasa berikutnya bisa mencoba untuk membuka bisnis aksesoris serta hijab. Juga merupakan bagian yang tak kalah pentingnya untuk setiap muslim terkhususnya perempuan. Contohnya saja hijab dengan berbagai printilan aksesoris yang dapat mempercantik penampilan.

Terutama hal tersebut dibutuhkan menjelang lebaran tiba. Dimana setiap muslim berlomba-lomba untuk menampilkan tampilan terbaik dari segi outfit alias busana. Maka untuk itu aksesoris bisa jadi pelengkap yang paling penting.

5. Menjual Kembang Api

Ide jualan bulan puasa selanjutnya yaitu bisnis kembang api hal ini umum ditemukan menjelang lebaran. Atau pada saat malam takbiran setiap anak pasti sangat senang untuk bermain kembang api dengan pengawasan orang tua.

Terlebih lagi kini hal tersebut tidak hanya identik dengan anak-anak. Tetapi sejumlah orang dewasa juga turut memainkan kembang api tetapi tetap harus punya izin petugas berwajib. Supaya tidak membahayakan bagi siapa saja yang membelinya.

6. Kue Lebaran

Berikutnya kue lebaran bisa menjadi ide jualan bulan puasa hal ini karena banyak orang merasa membuat kue lebih ribet dan takut gagal. Sehingga membeli merupakan pilihan yang lebih baik karena tidak adanya ketakutan tersebut.

Mengingat setiap orang tidak selalu memiliki banyak waktu untuk membuat kue. Serta saat puasa membuat tubuh terasa lebih lemas dan tidak ada tenaga untuk beraktivitas lebih. Terutama untuk membuat kue yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga.

7. Berdagang Buah-buahan

Pada saat bulan puasa juga bagus untuk menjual buah-buahan karena hal ini termasuk dalam bisnis yang cukup laris. Terkhusus bagi penjual minuman yang dikombinasikan dengan berbagai jenis buah. Belum lagi banyak dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Contohnya saat waktu buka puasa tiba anggota keluarga umumnya konsumsi buah sebelum takjil. Serta berbagai jenis makanan berat lain hal ini juga membuat keuntungan menjual buah-buahan pun lebih tinggi.

8. Jualan Frozen Food

Begitu juga halnya untuk makanan dengan jenis frozen food atau makanan instan yang bisa awet dalam rentang waktu lama. Hal tersebut karena jauh lebih praktis ketika disiapkan atau akan disantap.

Tidak hanya itu rata-rata sejumlah produk dari frozen food ini memiliki rasa yang enak. Banyaknya pilihan bisa dipilih oleh setiap konsumen yang ingin mengkonsumsinya. Belum lagi waktu yang lebih singkat saat memasak berbagai jenis produk ini.

9. Jualan Takjil

Hal penting yang akan selalu ingat setiap bulan puasa adalah takjil. Maka termasuk dalam ide bisnis yang wajib untuk diperhitungkan pada saat bulan puasa alias Ramadhan. Hampir menjadi menu yang wajib disajikan oleh seluruh jumlah keluarga.

Belum lagi banyaknya takjil yang bisa dibuat contohnya saja mulai dari berbagai jenis aneka kue atau dengan bubur mutiara. Tidak hanya itu berbagai produk dengan bahan baku beraneka ragam bisa disajikan. Termasuk makanan atau kue tradisional.

10. Aneka Gorengan

Makanan berminyak ini merupakan kesukaan dari banyak orang Indonesia yaitu gorengan dengan berbagai jenis macamnya. Hal tersebut juga bisa dijadikan untuk ide dalam berjualan di bulan puasa. Karena juga termasuk dalam jajanan lezat untuk buka puasa.

Hal ini juga semakin didukung dengan harganya yang lebih murah. Sehingga saat mencicipinya pun bisa dikonsumsi dengan porsi lebih banyak lantaran harga terjangkau ini. Serta cita rasanya yang cocok dalam selera masyarakat.

11. Aneka Es dan Minuman

Kemudian juga yang tak boleh dilewatkan yaitu sejumlah aneka minuman atau es. Contohnya saja untuk ini bisa menjual es buah atau juga es cendol dan jenis lain. Karena dapat membayar rasa haus yang ditahan selama berpuasa.

Apalagi ini termasuk dalam rasa yang selalu ditunggu pada saat melepaskan puasa setelah salat magrib. Tidak hanya itu dari cara pembuatan juga lebih mudah serta modal yang minim menyebabkan bisnis ini sangat dilirik.

12. Aneka Cilok

Rekomendasi terakhir bisa dengan berjualan aneka jenis cilok yaitu makanan yang bersumber dari tepung. Hal ini juga bisa dikombinasikan dan dibuat dengan berbagai macam varian entah itu cilok kuah atau bakar. Serta bisa dimodifikasi sesuai selera.

Kemudian banyak jenis bumbu yang bisa dijadikan pelengkap ketika menyantapnya. Contohnya memanfaatkan saus kacang atau dengan menggunakan berbagai jenis saus. Hal ini juga bisa disesuaikan dari segi budget yang dimiliki untuk pembuatannya.

Itulah berbagai rekomendasi berkaitan dengan ide jualan bulan puasa yang begitu banyak diburu. Berbagai rekomendasi yang telah disebutkan ini bisa diaplikasikan dan dicoba secara mudah dan cepat. Entah itu makanan, minuman serta barang lainnya.

Jadi berbagai bisnis yang telah disebutkan tersebut tidak hanya berkisar soal makanan yang habis dalam satu kali santapan. Melainkan juga berbagai produk yang bisa dipakai untuk keseharian terutama menjelang lebaran.

Tentunya dengan harga bersaing serta masih terjangkau oleh masyarakat. Tentu pertimbangan harga jual dengan modal yang akan dikeluarkan.