free page hit counter

Ide Jualan Sarapan Pagi Yang Menguntungkan Dan Mengenyangkan

Artikel diperbarui pada 11 Februari 2023.

Terdapat banyak sekali ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan sekaligus mengenyangkan bagi pihak penjual dan pembeli. Mulai dari makanan berat hingga yang biasa saja seperti kue basah, roti basah, dan masih banyak lagi makanan lainnya.

Jualan sarapan pagi bisa menjadi salah satu peluang dalam mencari pemasukan tambahan. Mengapa bisa demikian? Karena ketika melihat kondisi sekitar seperti perkotaan apalagi yang di daerah perguruan tinggi pastinya jarang yang memasak di pagi hari.

Hal ini bisa saja terjadi karena padatnya kesibukan sehingga untuk memasak pagi saja tidak punya waktu. Nah, oleh karena itu jualan sarapan pagi ternyata sangat menguntungkan. Berikut rekomendasi ide usahanya:

Ide Usaha Untuk Sarapan di Pagi Hari

Sarapan pagi sangat penting bagi tubuh karena dengan sarapan akan memberi energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Selain itu, sarapan juga dapat membantu fungsi kerja otak menjadi lebih optimal. Dengan sarapan, membuat semangat menjalani aktivitas sehari-hari.

1. Soto Ayam

Soto ayam menjadi salah satu ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan sekaligus mengenyangkan. Soto ayam memiliki banyak peminat dikarenakan cita rasanya yang nikmat disertai kuah yang super lezat. Namun juga memiliki kadar protein yang tinggi.

Rasa yang ringan tersebut membuat soto ayam banyak dicari oleh berbagai kalangan di pagi hari. Selain itu, harga yang terjangkau juga menjadi alasan banyak peminatnya. Pemilihan menu sarapan ini sangat cocok karena tidak menguras dompet.

2. Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan sejenis nasi yang memiliki cita rasa nikmat saat dirasakan karena untuk memasaknya harus ditambah santan. Sehingga rasa yang diperoleh saat memakan nasi ini adalah gurih dan lezat. Ditambah dengan lauk pauk nya.

Nasi uduk juga bisa menjadi salah satu ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan selain soto ayam. Makanan ini sangat cocok dijual di pagi hari karena selain porsinya yang mengenyangkan, namun juga rasanya yang super nikmat.

3. Bubur Ayam

Menu lain yang cocok untuk disantap di pagi hari adalah bubur ayam. Bubur ayam memiliki banyak peminat karena memiliki cita rasa gurih dan kuah yang lezat. Sehingga hal tersebut membuat bubur ayam sangat menguntungkan dijual.

Di pagi hari, masyarakat lebih menyukai memakan makanan gurih. Tak hanya gurih, bubur ayam juga bertekstur lembut sehingga cocok apabila memakannya sambil dikejar waktu. Jadi menu bubur ayam ini sangat cocok dijual pada pagi hari.

4. Bubur Kacang Ijo

Tidak hanya yang gurih-gurih saja, masih banyak juga yang menyukai menyantap makanan manis di pagi hari. Bubur kacang ijo menjadi salah satu ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan lo. Karena selain manis, namun juga mengenyangkan.

Bubur kacang ijo banyak dicari masyarakat karena rasa manisnya yang pas di mulut. Tekstur bubur kacang ijo yang dihasilkan juga nyaman di mulut dan tak perlu berlama-lama mengunyahnya. Oleh karena itu, makanan ini sangat menguntungkan.

5. Nasi Bungkus

Ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan berikutnya adalah nasi bungkus. Penjual bisa membungkus nasi menggunakan kertas minyak beserta lauk pauknya menjadi satu dalam kemasan. Untuk porsi nasi bisa dibuat dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Harganya yang murah membuat nasi bungkus memiliki banyak peminat. Selain soal harga, nasi bungkus juga memiliki cita rasa yang enak beserta lauk pauknya. Tak hanya mengenyangkan, nasi bungkus juga banyak dicari karena porsinya sesuai kebutuhan.

6. Nasi Kuning

Selain nasi bungkus, nasi kuning juga menjadi nasi yang memiliki banyak peminat apalagi jika dijual di pagi hari. Cita rasa unik nasinya yang dihasilkan oleh bumbu-bumbu dan rempah membuat nasi kuning terasa semakin nikmat dimakan.

Nasi kuning juga menjadi salah satu ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan karena selain modalnya yang kecil, namun untungnya besar. Tidak perlu disajikan bersama dengan lauk yang mewah, cukup sayur, sambal, dan tempe sudah nikmat.

7. Nasi Pecel

Menu selanjutnya yang dijadikan sebagai ide jualan sarapan di pagi hari adalah nasi pecel. Cita rasa yang dihasilkan oleh nasi pecel dikatakan sangat lezat apalagi bagi pecinta kacang. Karena nasi pecel disajikan dengan bumbu kacang.

Modal yang harus dikeluarkan untuk berjualan nasi pecel tidaklah terlalu mahal. Untuk membuat bumbunya saja bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain memiliki modal kecil, untung yang dihasilkan dari berjualan nasi pecel ini juga lumayan besar.

8. Lontong Sayur Bumbu Pecel

Tak hanya nasi pecel saja yang laris di kalangan masyarakat, lontong sayur pun juga dikatakan laris. Sesuai dengan namanya, lontong sayur bumbu pecel. Dapat dibayangkan kalau pasti isinya adalah lontong dikasih sayur dan bumbu pecel.

Untuk bahan-bahan yang dibuat pun juga tidak sulit dicari di pasaran jadi tidak perlu jauh-jauh mencarinya. Selain itu, bahan untuk membuatnya juga murah sehingga tidak membutuhkan modal besar untuk berjualan lontong sayur bumbu pecel ini.

9. Aneka Roti dan Jajajan Basah

Selain menjual makanan berat seperti yang sudah disebutkan diatas, menjual aneka kue dan jajanan basah juga sangat menguntungkan. Sarapan pagi tidaklah harus dengan nasi saja, namun juga bisa sarapan dengan kue atau jajanan basah.

Terdapat banyak sekali jenis kue atau jajanan basah yang bisa dibuat sebagai pengganjal perut. Seperti risol, nagasari, lemper, lupis, martabak mini, pastel, dan masih banyak lagi lainnya. Berbagai jenis jajanan ini sangat cocok sebagai sarapan.

Tips Sukses Usaha Sarapan Pagi

Setelah membahas mengenai ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan, sangat perlu memahami bagaimana tips-tips sukses memulai usahanya. Kiat-kiat ini perlu agar tidak salah kaprah dalam membangun usaha. Apa saja tipsnya? Simak artikel ini hingga selesai.

  • Terjun langsung. Dalam hal ini, haruslah terjun ke dapur untuk memasaknya, bergelut dengan alat masak dan bahan dapur secara langsung.
  • Lokasi yang dibuat untuk berjualan haruslah strategis. Lokasi tersebut kiranya dijangkau semua orang. Seperti di pinggir jalan, dan tempat lainnya.
  • Menyediakan berbagai jenis makanan. Meskipun menu utama yang dijual adalah nasi, tapi perlu menyediakan jenis lainnya agar pembeli tak hanya fokus pada sartu menu.
  • Menjaga kebersihan badan dan lokasi tempat berjualan. Kebersihan ini penting agar pembeli tidak merasa jijik saat berkunjung ke stand tempat jualan.
  • Soal cita rasa masakan. Cita rasa menjadi poin utama dalam berjualan. Apabila rasa yang dihadirkan tidak enak, maka nanti pembeli akan malas untuk membelinya.
  • Kualitas pelayanan yang bagus. Poin ini sangat penting dikarenakan pembeli kurang suka apabila si penjual judes atau tidak ramah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi ide jualan sarapan pagi yang menguntungkan tapi modal yang dikeluarkan kecil. Menu-menu di atas sangat cocok disajikan sebagai menu sarapan karena selain soal rasa, namun juga harga.

Menu-menu tersebut juga tidak terlalu sulit dalam membuatnya. Untuk memasaknya bisa dilakukan di rumah sendiri. Namun sebelum memulai usaha, perlu terlebih dahulu memahami target pasar agar tahu seperti apa makanan yang laris di lokasi berjualan.

Apabila sudah memahami target pasar nya, maka dapat dengan cepat untuk memulai usahanya. Menu-menu di atas sangat direkomendasikan untuk menambah pemasukan. Jangan lupa sebelum berjualan, selalu berdoa agar dilancarkan segala aktivitasnya dan diberi kesehatan.