free page hit counter
Asuransi Untuk Hewan Peliharaan dengan Beragam Manfaat

3 Asuransi Untuk Hewan Peliharaan: Syarat, Ketentuen, & Manfaat

Artikel diperbarui pada 19 Desember 2022.

Saat ini bukan hanya ada asuransi kesehatan atau asuransi kendaraan saja, namun saat ini pun tersedia asuransi untuk hewan peliharaan agar hewan kesayangan terlindungi. Tentu manfaat yang akan diterima pun hampir sama dengan asuransi untuk manusia. Meski tetap ada perbedaan.

Saat ini sudah ada banyak perusahaan penyedia asuransi hewan, tentunya dengan berbagai manfaat unggulan yang ditawarkan. Hingga kadang sedikit kebingungan dalam mencari asuransi seperti ini. Sebab itu, kali ini akan dibahas mengenai beberapa perusahaan penyedia. 

Karena itu, di bawah ini akan disebutkan mengenai beberapa perusahaan sekaligus. Sehingga pengguna pun bisa membandingkan antara beberapa produknya. Jadi, langsung simak saja penjelasannya berikut ini:

Simas Pet Insurance 

Perusahaan pertama yang akan dibahas kali ini adalah Simas pet insurance yang menang memberikan beragam manfaat pada produknya. Jadi produk ini, akan memberikan perlindungan pada beberapa jenis hewan peliharaan. Mulai dari mengcover biaya biaya pengobatan dan sebagainya:

1. Ketentuan Hewan yang Akan Diasuransikan 

Tentunya setiap perusahaan memiliki ketentuan tersendiri dalam menerima calon nasabah atau tertanggung. Sama halnya seperti Simas yang juga memberikan beberapa persyaratan untuk hewan yang akan diasuransikan. Berikut adalah beberapa persyaratannya:

  • Jika yang akan diasuransikan adalah anjing maka wajib memiliki stambum, namun jika menggunakan paket lima maka tidak memerlukan stambum. 
  • Namun jika hewan yang akan diasuransikan adalah kucing, maka harus memiliki sertifikat. 
  • Polis ini akan bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia, dan juga beberapa wilayah lain yang sudah ditentukan oleh pihak asuransi.
  • Nilai dari pertanggungan yang diberikan akan sesuai dengan kwitansi pembelian hewan, namun jika tidak ada maka harga akan disesuaikan pihak asuransi.
  • Usia hewan yang sudah bisa didaftarkan asuransi adalah mulai dari 0 hingga 15 tahun. 
  • Lalu pihak tertanggung juga akan diminta untuk ikut menanggung biaya dengan nilai sebesar 20% dari besaran pertanggungan.

2. Besaran Manfaat yang Akan Diberikan

Setelah tahu mengenai persyaratan yang harus dipenuhi untuk membeli asuransi ini, maka kali ini akan dibahas mengenai besaran manfaat yang akan diberikan. Namun untuk besaran manfaat ini, akan disesuaikan dengan paket yang diambil. Berikut ini adalah perinciannya:

  • Paket 1 akan memberikan manfaat 0 hingga mencapai 5 juta rupiah. 
  • Kemudian pada paket 2 maka akan memberikan manfaat pertanggungan sebesar 5 juta hingga 10 juta rupiah. 
  • Pada paket tiga jumlah pertanggungan yang akan diberikan salah besar 10 juta hingga dengan jumlah 20 juta.
  • Lalu pada paket 4 maka besaran manfaat yang akan diberikan pun kelipatan dari sebelumnya yakni 20 juta hingga  50 juta.
  • Kemudian ada paket 5 dimana paket ini diperuntukkan asuransi untuk hewan peliharaan anjing yang tidak memiliki stambum dengan jumlah pertanggungan sebesar 500 ribu rupiah.
  • Keenam ada paket enam yang akan memberikan jumlah pertanggungan sebesar 2,5 juta dengan pertanggungan pihak ketiga, dan ada juga tiga jenis paket lainnya.

Figo Pet Insurance 

Tentu tak hanya Simas saja yang menyediakan asuransi untuk hewan kesayangan, namun juga ada Figo. Bahkan asuransi ini sudah menyediakan aplikasi khusus untuk yang dapat diakses selama 24 jam. Untuk pusat dari perusahaan ini pun ada di Chicago, Amerika serikat. 

1. Macam-macam Manfaat yang Akan Diterima 

Sebelum membahas hal lain, maka yang akan dibahas mengenai Figo yang pertama adalah mengenai macam-macam manfaat yang akan diberikan. Karena ada berbagai jenis pertanggungan yang akan didapatkan. Meski tentu tergantung dengan paket yang nantinya akan diambil.

  • Salah satu biaya yang akan ditanggung oleh asuransi untuk hewan peliharaan Figo adalah biaya untuk Check up dan juga konsultasi. 
  • Kemudian ada juga bentuk pertanggungan berupa tanggungan sana untuk rawat inap dan juga biaya operasi. 
  • Lalu ada juga manfaat berupa biaya untuk penyakit bawaan atau penyakit turun temurun yang diderita hewan.
  • Untuk penyakit kanker dan juga penyakit kronis, maka besaran biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi. 
  • Lalu pertanggungan terakhir adalah mengenai pertanggungan penyakit ortopedi meski manfaat ini tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

2. Persyaratan Hewan yang Akan Didaftarkan 

Sama halnya seperti perusahaan simas, Figo juga memiliki persyaratan untuk hewan yang akan didaftarkan. Namun untuk persyaratan yang dibutuhkan sendiri, tidak terlalu rumit. Karena hanya mengenai batas umur.

Jadi hewan yang akan didaftarkan minimal harus sudah memiliki umur hingga 8 Minggu. Untuk batas usia, pihak dari Figo tidak memberikan batasan. Namun jika ingin memperpanjang asuransi, maka harus usah memiliki umur setidaknya 8 hingga 10 tahun. Baru bisa memperpanjang. 

Rumah Polis Pet Insurance 

Masih ada lagi perusahaan lain yang juga memiliki produk asuransi untuk hewan peliharaan yang dapat digunakan. Asuransi ini sendiri merupakan bagian dari BAIB dan juga telah bekerja sama dengan asuransi Adira. Dimana akan memberikan perlindungan hewan dari berbagai macam risiko. 

1. Ketentuan Untuk Hewan yang Akan Didaftarkan

Sama halnya dengan dua perusahaan lainnya, perusahaan satu ini juga memiliki ketentuan khusus atau persyaratan yang ditetapkan untuk hewan. Sehingga jika tidak sesuai dengan persyaratan ini, maka kemungkinan besar pengajuan asuransi asuransi akan ditolak. Sebab itu simak ketentuannya. 

  • Ketentuan pertama yang diharuskan adalah hewan yang akan didaftarkan ini sudah memiliki umur sekitar 6 bulan dengan umur maksimal hingga 8 tahun. 
  • Hewan ini pun juga harus memiliki sertifikat khusus yang biasanya akan dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang. 
  • Selain itu, asuransi ini juga hanya dapat digunakan atau hanya berlaku di negara Indonesia saja. 
  • Tertanggung nantinya akan diminta untuk memberikan pernyataan tentang beberapa hal tersebut mengenai beberapa hal yang telah disebutkan.
  • Saat mengajukan asuransi, maka hewan harus dalam keadaan sehat, yang tertanggung juga individu dan bukan salah satu dari badan hukum. 
  • Pembayaran asuransi ini menggunakan mata uang rupiah, sedangkan untuk melakukan klaim masih menggunakan sistem reimbursement.
  • Jika memang sudah siap dengan beberapa persyaratan ini, maka bisa langsung mengajukan asuransi di dalamnya. 

2. Manfaat yang Akan Diberikan 

Tak lupa untuk membahas mengenai apa saja manfaat yang akan diterima nasabah jika membeli asuransi dari rumah Polis Pet Insurance. Namun lagi-lagi besaran manfaat yang akan diterima tergantung dengan Produk yang dibeli. Karena untuk produknya sendiri ada tiga jenis plan. 

Manfaat yang akan diterima ini seperti santunan kematian, lalu ada juga biaya pemakaman dan perawatan. Kemudian ada reward atau santunan iklan jika kucing hilang, sehingga pihak asuransi akan ikut menyumbang iklan kehilangan hewan. Terakhir adalah santunan untuk pihak ketiga. 

Penutup

Demikian adalah ulasan mengenai tiga perusahaan asuransi untuk hewan peliharaan yang bisa coba untuk digunakan. Dengan begini tentu pengguna tidak perlu khawatir lagi mengenai hewan kesayangan. Meski tetap penuh dengan pertimbangan.

Agar tidak terbebani, maka usahakan untuk memilih asuransi dengan besaran premi yang sesuai dengan gaji yang dimiliki. Selain itu perhatikan juga manfaat yang nantinya akan didapatkan. Sedang untuk mendapatkan informasi yang lebih detail maka bisa langsung kunjungi website resmi penyedianya.