free page hit counter
asuransi hewan di indonesia

3 Asuransi Hewan Di Indonesia Untuk Melindungi Hewan Kesayangan

Saat ini memang sudah ada yang namanya asuransi hewan di Indonesia yang banyak dicari. Namun mungkin beberapa pengguna masih bingung, seberapa penting penggunaan asuransi hewan ini. Karena pada dasarnya, hewan tidak memiliki banyak resiko seperti pada manusia. 

Namun tentu dengan adanya asuransi hewan, berarti keberadaan asuransi seperti ini tergolong penting. Sebab itu, kali ini akan dibahas mengenai asuransi hewan dan juga mengenai apa saja manfaatnya. Sehingga akan paham tentang seberapa pentingnya asuransi hewan.

Tak lupa, di bawah nanti juga akan disebutkan mengenai beberapa perusahaan asuransi. Dengan begini akan memudahkan pengguna dalam memilih asuransi terbaik. Jadi mari simak ulasannya. 

Sekilas Tentang Asuransi Hewan 

Asuransi hewan adalah salah satu jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan pada hewan domestik. Perlindungan yang diberikan ini tentu dari beberapa jenis resiko tertentu. Namun bentuk perlindungan yang diberikan ini juga dapat tergantung dari perusahaan pemilik asuransi.

Contoh perlindungan resiko yang akan diberikan oleh asuransi hewan salah pertanggungan karena cacat, tetap dan total. Lalu ada juga perlindungan untuk resiko yang diakibatkan oleh kecelakaan. Juga ada pertanggungan kematian dan beberapa hal lainnya. 

Namun meski perlindungan yang diberikan hampir sama dengan perlindungan seperti asuransi manusia. Tapi terdapat perbedaan dan tidak sama dengan asuransi kesehatan untuk manusia. Sebab pada dasarnya asuransi hewan merupakan turunan dari asuransi properti yang dimodifikasi. 

Untuk hewan peliharaan yang bisa diasuransikan pun bukan sembarangan, karena hewan peliharaan rumahan seperti kucing dan juga anjing. Namun ada juga asuransi yang menerima asuransi hewan seperti ikan, burung hias dan juga beberapa jenis hewan eksotis lainnya. 

Manfaat Asuransi Hewan Peliharaan 

Sebelum membahas tentang rekomendasi mengenai asuransi hewan di Indonesia, maka akan dibahas terlebih dahulu tentang manfaat dari asuransi hewan peliharaan. Sebelumnya memang telah disebutkan sekilas mengenai manfaat yang akan diberikan. Hanya saja penjelasan tadi tidak begitu lengkap. 

1. Penanggungan Biaya Perawatan 

Salah satu manfaat yang akan diberikan dari asuransi hewan peliharaan adalah penanggungan biaya kesehatan pada hewan. Sehingga jika sampai hewan ini sakit atau mengalami kecelakaan, biaya yang dihabiskan akan ditanggung. Untuk besaran biaya atau lama pertanggungan ini biasanya tergantung produknya. 

2. Resiko Pencurian Dan Kematian 

Laku jenis pertanggungan selanjutnya adalah pertanggungan terhadap resiko pencurian. Jadi nantinya bagi nasabah akan mendapatkan santunan ketika hewan peliharaan yang didaftarkan ini hilang. Begitupun akan mendapatkan santunan saat hewan ini mati, bahkan akan mendapatkan biaya pemakaman. 

3. Penanggungan biaya Pihak Ketiga

Lalu ada lagi jenis pertanggungan penanggungan biaya Pihak ketiga jika menang melibatkan pihak ketiga seperti kecelakaan dan sebagainya. Jadi biaya korban atau pihak ketiga ini akan ditanggung oleh pihak asuransi. Namun tidak semua jenis asuransi hewan memberikan manfaat ini. 

Perusahaan Penyedia Asuransi Hewan 

Setelah tahu mengenai pengertian tentang asuransi hewan dan juga beberapa manfaat yang akan diterima. Maka kali ini akan diulas juga mengenai beberapa rekomendasi perusahaan asuransi hewan di Indonesia yang saat ini dapat digunakan. Agar tak makin penasaran, berikut ulasannya:

1. AXA Mandiri Pet Insurance 

Perusahaan pertama yang akan dibahas kali ini adalah dari AXA mandiri, yang saat ini juga sudah memiliki asuransi untuk hewan atau pet insurance. Ada beberapa jenis perlindungan yang ditawarkan oleh perusahaan ini. Mulai dari cacat, kematian hingga biaya penitipan hewan. 

Hewan yang akan diasuransikan ini pun harus memenuhi persyaratan yang diberikan, yakni untuk anjing harus memiliki sertifikat Perkin. Sedang jika hewan yang akan diasuransikan kucing, maka harus memiliki sertifikat ICA. Batas usianya sendiri minimal 1 bulan hingga maksimal 10 tahun. 

Besaran manfaat yang akan diterima juga lumayan tinggi untuk jenis asuransi hewan. Yakni saat hewan mengalami cedera, maka maksimal pertanggungan adalah mencapai 1.750.000.

Lalu ada juga bentuk pertanggungan hukum pada pihak ketiga dengan jumlah maksimal 2,5 juta. Kemudian ada pertanggungan sebesar 1 juta untuk biaya penitipan saat terdapat keterlambatan penerbangan pesawat.

Lalu jumlah paling banyak adalah santunan atau pertanggungan untuk cacat total dan juga kematian. Untuk jumlah pertanggungan atau santunan yang diberikan salah 10 juta. 

2. Simas Pet Insurance 

Selain dari perusahaan AXA ada lagi perusahaan lain yang juga memiliki produk asuransi untuk hewan yakni Simas pet insurance. Manfaat yang ditawarkan oleh Simas terhadap hewan peliharaan sendiri cukup lengkap. Untuk asuransinya dibagi dalam beberapa jenis paket yang dapat digunakan. 

Untuk jumlah paket ini sendiri ada sekitar 9 paket dengan berbagai jenis manfaat yang akan diberikan. Jika biasanya hewan harus memiliki sertifikat, seperti stambum dan lain sebagainya, maka Simas menyediakan paket khusus. Dimana terdapat asuransi anjing yang tidak memiliki stambum. 

Polis ini akan berlaku di seluruh Indonesia dan juga beberapa tempat yang masih termasuk wilayah di dalamnya. Untuk nilai pertanggungan yang akan diberikan nantinya berdasarkan dari kwitansi pembelian hewan. Jika tidak ada kwitansi, maka besaran pertanggungan akan disesuaikan pihak asuransi. 

Pihak nasabah atau tertanggung pun juga harus membayar sebesar 20% dari nilai pertanggungan yang diklaim. Sedang untuk batas usia hewan yang akan Diasuransikan adalah minimal berumur 0, sehingga bisa sejak baru lahir. Lalu untuk umur maksimalnya adalah 15 tahun. 

3. Figo Pet Insurance 

Lalu perusahaan asuransi hewan di Indonesia ketiga yang akan dibahas kali ini adalah Figo dimana kantor pusat asuransi ini berada di Amerika. Meski berpusat di Amerika, namun di Indonesia sendiri juga terdapat layanan yang dapat digunakan. Bahkan disewakan aplikasi pendukung. 

Aplikasi yang disediakan ini misalnya adalah untuk dapat mengakses berbagai jenis bantuan yang diberikan. Karena di sana juga terdapat dokter yang siap siaga dalam menangani hewan selama 24 jam penuh. Bukan hanya itu, namun terdapat juga fitur klaim asuransi. 

Tentunya dengan kecanggihan seperti ini akan memudahkan siapa saja yang membutuhkan pertolongan disaat genting. Juga bisa dijadikan sebagai pengingat mengenai hal-hak yang harus dilakukan oleh hewan yang didaftarkan. Bahkan jenis pertanggungan yang diberikan pun cukup beragam. 

Dari jenis-jenis pertanggungan ini diantaranya adalah biaya konsultasi dan juga Check-up yang dilakukan oleh hewan tertanggung. Lalu ada juga pertanggungan berupa fasilitas disaat dalam keadaan darurat. Ada juga pertanggungan biaya operasi dan beberapa jenis pertanggungan lainnya. 

Persyaratan bagi hewan yang akan didaftarkan pun hampir sama dengan perusahaan sebelumnya. Hanya saja batas usia yang diberikan cukup berbeda, yakni usia minimal hewan yang akan diasuransikan adalah 8 Minggu. Dengan usia maksimal mencapai 10 tahun. 

Demikian adalah ulasan mengenai pengertian tentang asuransi hewan. Sudah disebutkan juga tiga perusahaan penyedia asuransi hewan di Indonesia yang bisa digunakan. Tentunya pengguna juga bisa memilih perusahaan yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan agar tidak terbebani. 

Namun belum membeli produk asuransi, alangkah baiknya jika memilih asuransi yang menawarkan manfaat yang besar. Selain itu, cari juga asuransi yang memberikan pelayanan 24 jam dan mudah untuk dijangkau. Proses klaim juga usahakan untuk mencari yang mudah  dan tidak rumit.