free page hit counter
kerja online mengetik dibayar rupiah

7 Kerja Online Mengetik Dibayar Rupiah serta Kiat Memulainya

Artikel diperbarui pada 22 Desember 2022.

Dewasa ini, perubahan iklim pekerjaan tidak hanya terbatas pada sistem tatap muka saja tapi dapat dilakukan secara online. Diantara jenis pekerjaan, kerja online mengetik dibayar rupiah termasuk ke dalam yang paling menarik digeluti.

Mengapa demikian? Mungkin karena mengetik hampir bisa dikerjakan dengan cukup mudah oleh siapapun. Terlebih bagi seseorang yang memiliki hobi menulis dengan berbagai tema.

Di samping kemudahan dari pekerjaan mengetik, prospek karir pun terbilang dapat sangat baik kedepannya. Asalkan konsisten dalam meningkatkan kualitas karya (konten) yang dibuat.

Ada sejumlah jenis pekerjaan ketik mengetik online yang bisa digunakan sebagai referensi. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari ikuti uraian ringkas berikut:

Kerja Online Mengetik Dibayar Rupiah

Rata-rata pekerjaan mengetik yang dilakukan via online dapat memperoleh pemasukan dalam jumlah yang tidak sedikit. Di bawah ini telah dirangkumkan jenisnya:

1. Penulis Artikel

Pekerjaan pertama adalah menjadi seorang penulis artikel yang jobdesk utamanya menuliskan informasi. Dimana informasi tersebut terganggu dengan tema atau konsep yang menjadi acuan untuk dipublikasikan pada masyarakat luas.

Umumnya penulisan artikel bersifat ilmiah yang artinya bukan karangan fiksi atau khayalan. Namun, cenderung pada informasi yang menambah wawasan, mengarahkan tentang suatu cara, dan referensi akan peristiwa.

Kebutuhan seorang penulis artikel online semakin tinggi karena banyak masyarakat mencari informasi melalui media berbasis online. Baik itu kejadian terkini, penggunaan benda-benda tertentu, maupun kejadian masa lampau.

Penulis artikel dapat bekerja sebagai freelance dan full time, sesuai perusahaan yang membuka kesempatan. Untuk freelance sendiri, satu penulisan artikel dihargai dengan kisaran 60 ribu rupiah.

2. Penulis Konten

Pekerjaan yang kedua tidak jauh berbeda dengan penulis artikel namun disini lebih menekankan pada sebuah konten. Biasanya dilakukan melalui media blog yang nantinya bisa diakses oleh pengunjung website.

Apabila tulisan atau konten dalam website blog memiliki kualitas apik dan sistematis maka tidak memungkinkan dilirik pebisnis. Apalagi website dengan jumlah traffic yang tinggi pengunjung.

Pebisnis akan meminta blog sebagai tempat promosi produk dan kalau beruntung dapat menjadi tempat layanan. Untuk pemasukan yang didapatkan sangat tergantung kerjasama antar pemilik website dengan pebisnis.

3. Copywriter

Pekerjaan mengetik ketiga datang dengan sebutan copywriter yang memiliki jobdesk salah satunya menuliskan caption. Keterangan dituliskan pada gambar atau video dan tergantung dari konsep atau tema yang diberikan oleh yang meminta.

Meskipun masih cukup baru, copywriter mempunyai prospek yang terbilang cerah bagi penulisnya. Munculnya tren digital marketing seperti sekarang membuat banyak perusahaan yang membutuhkan copywriter.

Khususnya perusahaan yang ingin melebarkan produk ke berbagai lini masyarakat. Copywriter akan sangat membantu dalam mempromosikan setiap produk dengan kualitas terbaik.

Pendapatan copywriter berkisar 4 juta rupiah hingga 6 juta rupiah (penulis profesional). Apabila melihat pendapatan, pekerjaan mengetik online versi copywriter akan sayang kalau tidak dicoba.

4. Admin Media Sosial

Pekerjaan online yang keempat ini sebenarnya tidak terbatas hanya pada mengetik saja. Tetapi, juga dapat dilakukan dengan obrolan interaktif kepada target tujuan. 

Admin media sosial biasanya dibutuhkan oleh seorang pebisnis yang tidak memiliki waktu banyak dalam berinteraksi terhadap klien. Tugas utamanya adalah membantu menanggapi dan menjawab dengan baik setiap pertanyaan dan keluhan.

Pekerjaan admin media sosial dapat dipilih ingin freelance atau full time dengan pemasukan yang berbeda. Dimana umumnya gaji yang didapatkan mencapai 7 juta rupiah, sesuai pengalaman minimal 1 tahun.

5. Membantu Riset 

Pekerjaan mengetik yang kelima biasanya membutuhkan keahlian yang tidak hanya pengetikan data. Namun harus memiliki kemampuan tertentu, karena bertujuan membantu riset melalui ketik mengetik.

Untuk kerja online mengetik dibayar rupiah versi riset dapat dilakukan awal sekali mencari penelitian di media online. Informasi terkait pekerjaan ini, bisa diperoleh lewat perusahaan yang kerap membutuhkan bantuan mengisi data riset.

Jumlah rupiah disesuaikan pada level isi riset yang diperlukan, tertera langsung di file riset. Pekerjaan membantu riset rasanya cocok bagi mahasiswa yang ingin menambah pemasukan. 

Terlebih sedang ada proyek kecil-kecilan dengan imbalan yang diberikan, apabila mampu mengisi penelitian. Menyangkut itu, diharapkan giat mencari informasi karena terkadang sifatnya tertutup.

6. Data Entry

Pekerjaan keenam memang seringnya dibayar dengan dollar, tapi tetap dapat dikonversikan ke rupiah. Data entry atau input data dilakukan dengan mengetik captcha di sejumlah website yang memiliki layanan.

Apabila kode captcha yang diketik semakin banyak maka pemasukan yang diperoleh semakin besar. Inilah mengapa keahlian mengetik cepat sangat dibutuhkan, agar kode captcha dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Bagi yang tertarik silahkan buat akun Paypal terlebih dahulu baru mencari website data entry. Pastikan pula website terpercaya dan terbukti membayar untuk menghindari kerugian di masa mendatang

7. Virtual Assistant

Pekerjaan mengetik terakhir yang dapat dicoba, seorang virtual assistant lewat klien online. Dimana, nantinya pengetikan yang dilakukan lebih mengarah pada tugas administratif sebuah perusahaan.

Sifat pekerjaan yang dimiliki bekerja jarak jauh sehingga memerlukan internet dengan kualitas terbaik. Tujuannya agar tidak terjadi kekeliruan antar personal yang membuat tugas menjadi gagal terselesaikan.

Di samping koneksi yang memadai, dibutuhkan ketelitian dan keahlian bahasa asing khususnya Bahasa Inggris. Alasannya, karena beberapa perusahaan yang merekrut virtual assistant jarang berasal dari Indonesia. 

Untuk gaji virtual assistant rata-rata, dihargai per jam yang berkisar 274 ribu rupiah. Tentu kalau menghitung hingga sebulan pemasukan yang diperoleh, dapat menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Kiat Memulai Kerja Online Mengetik 

Terdapat sejumlah kiat-kiat sebelum kemudian memilih kerja online mengetik dibayar rupiah yang dijabarkan. Untuk mengetahui apa saja kiat-kiat tersebut, ikuti poin berikut:

  • Mulai belajar mengetik cepat. Kiat pertama cobalah untuk mengetik dengan batas waktu singkat tanpa melihat lagi keyboard yang ada di perangkat.
  • Fokus terhadap kerjaan. Kiat selanjutnya mulailah untuk fokus terhadap kerjaan atau tulisan yang mau dibuat supaya isi tidak salah.
  • Kondisikan tubuh. Seseorang yang memutuskan mengetik sebagai pekerjaannya sebaiknya kondisi tubuh tegap dengan pergelangan tangan sejalan keyboard.
  • Cari perusahaan atau terpercaya. Kiat terakhir, perhatikan dengan jeli perusahaan atau klien terpercaya bukan yang abal-abal.

Berdasarkan rangkuman kerja online mengetik dibayar rupiah setidaknya ada 7 pekerjaan ketik mengetik yang dapat dilakukan. Mulai dari penulis artikel, copywriter, data entry, hingga virtual assistant.

Masing-masing jenis pekerjaan memiliki jobdesk yang diantaranya membutuhkan keahlian khusus seperti virtual assistant. Dimana memerlukan ketelitian dan kemampuan berbahasa asing dalam memahami maksud klien.

Kiat-kiat yang diberikan sebelum memulai bekerja dengan mengetik online dapat menjadi alternatif. Khususnya bagi yang benar-benar serius memilih mengetik sebagai profesi baik freelance maupun full time.

Melihat kecanggihan teknologi maka prospek ketik mengetik cukup menjanjikan. Satu yang terpenting, konsisten dan bergerak maju tak boleh sampai hilang walaupun tantangan semakin tinggi.