free page hit counter
lowongan kerja online untuk pelajar sma

8 Lowongan Kerja Online untuk Pelajar SMA dengan Bayaran Dolar

Artikel diperbarui pada 9 Desember 2022.

Tak bisa dipungkiri bahwa cukup banyak efek negatif dari perkembangan teknologi. Akan tetapi, canggihnya teknologi mampu menciptakan lowongan kerja online untuk pelajar SMA dan mahasiswa. Sehingga kegiatan belajar tersebut tidak menghalangi untuk memperoleh penghasilan tinggi. Bahkan melebihi pekerja kantoran.

Karena sebetulnya penggunaan internet mampu memberikan banyak dampak positif bila digunakan dengan bijak. Salah satunya untuk menghasilkan uang dengan mudah. Melalui online, setiap orang bisa mencari pekerjaan sesuai skill, fashion, dan waktu luang.

Pekerjaan tersebut pun tak mengharuskan datang langsung ke perusahaan atau toko. Karena antara pemberi kerja dan pekerja dapat melakukan transaksi lewat sambungan internet begitupun dengan pembayaran. Sangat membantu bukan?

Bagi yang masih sekolah atau ibu rumah tangga bisa terus menghasilkan uang di rumah dengan gampang. Berikut rekomendasi pekerjaannya:

1. Freelance Writer untuk Website atau Platform

Lowongan kerja online untuk pelajar SMA yang pertama ini sangat cocok bagi pelajar yang suka menulis. Tak sedikit platform, media, dan website yang mencari jasa penulis lepas untuk mengisi konten di dalamnya.

Caranya sangatlah mudah. Pelajar cukup mendaftar untuk membuat akun, kemudian kirimkan tulisan melalui dashboard yang telah disediakan. Ada banyak jenis tulisan yang dapat dikirim seperti artikel ringan, opini, review buku atau film, cerpen, novel, dan cerbung.

Artikel ilmiah pun banyak media yang menerimanya bila menyukai macam tulisan tersebut. Untuk penghasilan tergantung dari jenis tulisan. Namun, ada pula yang berdasarkan pembaca.

Jika berdasarkan projek, maka pelajar sudah tahu nominalnya. Akan tetapi apabila dilihat dari pembaca, maka besarnya tak terbatas. Hanya lumayan sulit untuk mendapatkan view tinggi kecuali menulis yang sedang viral.

2. Aneka Bisnis Jajanan Online

Jika dulunya berjualan makanan hanya dapat dilakukan di kantin sekolah, maka sekarang pelajar bisa menjualnya secara luas melalui online. Entah via aplikasi sosial media, maupun marketplace khusus.

Untuk jajanan yang dijual tidak harus membuat sendiri mengingat anak sekolah juga harus belajar. Alternatif mudah yakni repack makanan yang dijual secara grosir atau bungkusan besar menjadi lebih kecil, sehingga harganya lebih terjangkau.

Banyak jenis makanan ringan yang dapat dijual baik dalam bentuk basah maupun kering. Namun jika sekaligus ingin merintis usaha untuk jangka panjang, maka membuat sendiri adalah pilihan terbaik. Apalagi sekarang bisa sistem PO selama beberapa hari.

3. Game Online

Seperti yang sudah diulas pada pembuka bahwa internet tidak melulu dilihat dari dampak negatifnya begitu pula dengan game. Nyatanya bermain game termasuk salah satu lowongan kerja online untuk pelajar SMA, supaya menghasilkan cuan.

Bagaimana caranya? Pelajar cukup mengunduh game yang memberikan uang jika memenangkan pertandingan. Misal game Axie Infinity, Coin Republic, dan Market Glory. Apabila sudah terkumpul nantinya uang digital tersebut bisa dikirimkan ke rekening bank untuk dijadikan alat pembayaran tunai.

Mungkin banyak yang belum mengetahui kalau ada game yang bisa dijadikan investasi kripto. Cara memperolehnya yakni setiap pemain yang menang akan diberikan NFT. Token itulah yang nantinya dapat dijadikan aset supaya mendapatkan profit besar.

Game NFT yang lumayan terkenal bernama MOBOX. Namun ada banyak game lain yang perlu dicoba.

4. Penerjemah

Menguasai banyak bahasa ternyata dapat dijadikan pekerjaan yang tidak berpengaruh pada waktu dan tempat. Bagi yang memiliki kemampuan demikian, maka tidak ada salahnya untuk menjadi penerjemah.

Sebab penerjemah merupakan lowongan kerja online untuk pelajar SMA yang patut dicoba. Jasa translate banyak dibutuhkan baik untuk karya fiksi maupun artikel. Bayarannya tentu saja bukan rupiah melainkan dolar.

Sangat menggiurkan memang mengingat tidak semua orang mampu menguasai lebih dari 2 bahasa. Bahasa yang diterjemahkan tidak hanya Inggris. Yang paling banyak dicari yakni Mandarin, Korea, dan Jepang.

5. Freelance Graphic Designer

Lowongan kerja online untuk pelajar SMA yang diperuntukkan bagi siswa yang menyukai desain yaitu Graphic Designer. Jika pelajar berpikir bahwa memilih pekerjaan online ini membutuhkan peralatan yang mahal, maka anggapan tersebut salah besar.

Mengapa? Karena dengan menggunakan ponsel genggam saja sudah bisa menerima pesanan dan membuat desain. Salah satu aplikasi desain terbaik untuk Hp yaitu Canva. Hasilnya tak kalah jauh dengan membuat desain lewat software PC.

Apabila masih pemula, sebaiknya tawarkan jasa melalui sosial media terlebih dahulu untuk menerima projek kecil. Jika sudah banyak pekerjaan yang dilakukan, jangan lupa membuat portofolio untuk menawarkan jasa di platform khusus.

Jangan salah, pekerjaan ini cukup menjanjikan. Pelajar bisa menjadikannya pekerjaan sampingan maupun utama nantinya.

6. Guru Privat Online

Meski masa pandemi telah usai, tetapi guru privat online masih menjadi salah satu lowongan kerja online untuk pelajar SMA yang banyak dicari. Pelajar tidak harus menawarkan jasa secara mandiri karena sekarang terdapat platform yang memfasilitasi.

Platform tersebut akan menampilkan profil beserta data diri lengkap termasuk keahlian supaya pencari jasa mudah mencari pekerja. Untuk mengamankan proses transaksi, maka aplikasi akan menjadi penghubung keduanya. Mata pelajaran yang sering dicari adalah Matematika, Bahasa Inggris, dan bahasa lainnya.

7. Guru Musik Online

Belajar musik tidak perlu secara langsung karena saat ini sudah banyak platform yang memberikan layanan les musik online. Harganya jauh lebih murah, dibanding datang langsung. Hanya saja, diperlukan biaya lain untuk membeli alat musik.

Tanpa disadari, musik merupakan salah satu skill yang menjadi trend untuk dikembangkan saat ini. Jadi tidak heran, kalau banyak orang tua mencarikan guru untuk mengajari anaknya bermusik.

Cara menemukan pelanggan pun tidaklah sulit, sebab ada platform sebagai sarana penghubung. Kenapa tidak dijadikan peluang untuk mendulang cuan jika mempunyai kemampuan bukan.

8. Menjual Gambar dan Video (Footage)

Rekomendasi yang ini tentu saja cocok untuk yang suka jalan-jalan sembari mengabadikan pemandangan alam. Pekerjaan online yang jarang diketahui yakni menjual gambar dan video.

Pelajar tidak harus memiliki kamera mahal untuk mencoba pekerjaan ini. Cukup memakai Hp genggam dengan kualitas kamera yang memadai. Untuk jenis gambarnya pun tidak harus mempunyai teknik khusus. Karena foto yang asal, tetapi mempunyai keunikan tersendiri pasti laris.

Bingung cara memasarkannya? Silahkan buat akun di situs yang menjadi pihak ketiga seperti Shutterstock, Dreamstime, dan banyak lainnya. Kirim gambar sesuai syarat yang ditentukan tiap platform. Jika sudah, tunggu sampai ada notifikasi lanjutan.

Kira-kira lowongan kerja online untuk pelajar SMA mana yang cocok untuk dipilih sebagai sarana mendaur cuan? Jika tidak ada yang sesuai karena belum mempunyai keahlian, maka pelajar bisa belajar terlebih dahulu.

Apalagi sekarang cukup banyak kelas yang diberikan secara gratis untuk mengasah skill. Baik dibimbing secara langsung ataupun melalui sebuah video.

Zaman semakin berkembang yang memberikan banyak kemudahan termasuk dalam belajar. Jadi, jangan batasi diri dengan pikiran yang sempit. Teruslah berlatih supaya menjadi mahir kemudian hari.