free page hit counter

Wajib Simak! Ini Syarat Daftar CPNS 2021

Artikel diperbarui pada 30 Oktober 2022.

Pendaftaran CPNS Dibuka
Pendaftaran CPNS. | Via kompas.com

Kabar baik kembali datang kepada kamu yang ingin melakukan pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil. Saat ini, pemerintah sudah mengeluarkan pengumuman resmi bahwa CPNS akan dibuka kembali pada bulan April 2021 mendatang.

Menurut Teguh Widjinarko, Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) mengungkapkan bahwa, formasi akan dibuka dan ditetapkan pada bulan Maret 2021 mendatang. Kemudian, disusul bulan April sampai Mei untuk proses pendaftaran, serta seleksi akan dilakukan pada bulan Juni.

Kebutuhan calon PNS untuk rekruitmen tahun ini diperkirakan hingga 1,3 juta orang, lho. Hal ini merupakan kesempatan bagus untukmu yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang PNS.

Namun, kamu harus tetap update informasi karena formasi serta rincian angka detail akan diumumkan pada bulan depan nanti.

Agar tidak terlewatkan dan buru-buru saat melakukan pendaftaran, penting bagi kamu untuk menyiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan mulai dari sekarang.

Prinsipnya, dokumen yang dibutuhkan untuk tahun sekarang, tentunya tidak berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) pernah menjelaskan bahwa ada beberapa dokumen penting yang mesti kamu persiapkan jauh-jauh hari sebelum H-1 pendaftaran dibuka, yaitu KTP, akta kelahiran, Ijazah dan transkrip nilai, pas foto ukuran 4×6, swafoto, serta kartu keluarga atau KK.

Semua dokumen itu harus kamu scan dengan kapasitas minimal 200 KB.

Dalam hal ini, scan KTP sangat diperlukan untuk mengetahui bahwa data kependudukan, swafoto serta pas foto kamu sesuai dengan data KTP yang ada.

Sementara itu, scan ijazah dilakukan untuk memastikan bahwa jurusan yang kamu ambil sama dengan formasi keinginanmu sendiri.

Pastikan pula bahwa semua dokumen yang di scan harus terbaca dengan jelas untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saat melakukan verifikasi pendaftaran.

Berkaca dari pendaftaran CPNS tahun lalu, banyak pelamar yang menyiapkan semua persyaratan saat pendaftaran berlangsung hingga membuat diantaranya kelabakan.

Nah, untuk menghindari hal itu terjadi kembali, maka kamu bisa mempersiapkan persyaratan lengkap daftar CPNS 2021 berikut ini.

Persyaratan Lengkap Daftar CPNS 2021 yang Perlu Kamu Persiapkan

Syarat Daftar CPNS
Persyaratan CPNS yang wajib kamu sediakan. | @katemangostar – FREEPIK
  1. Minimal berusia 18 tahun serta maksimal berusia 35 tahun ketika sedang melamar. Kecuali pada jabatan-jabatan tertentu yang memiliki maksimal usia sekitar 40 tahun.
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih, berdasarkan keputusan pengadilan yang sudah memiliki hukum tetap.
  3. Tidak diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai, TNI, PNS, anggota kepolisian dan pegawai swasta
  4. Tidak sedang dalam posisi jabatan PNS, calon PNS, anggota kepolisian atau prajurit TNI.
  5. Bukan anggota atau pengurus partai politik
  6. Kualifikasi pendidikan harus sesuai jabatan yang dipilih
  7. Memiliki tubuh sehat, baik secara rohani maupun jasmani.
  8. Harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah RI
  9. Persyaratan lainnya akan disesuaikan dengan kebutuhan jabatan yang telah ditetapkan oleh PPK.

Itulah beberapa syarat lengkap yang mesti kamu persiapkan saat akan melakukan pendaftaran CPNS pada bulan April 2021 mendatang. Persiapkan beberapa syarat di atas sekarang juga agar tidak dadakan saat melakukan pendaftaran nanti. Jangan lupa untuk menghapal persiapan tes sesuai dengan pekerjaan yang diambil agar bisa lulus dan maju ke tahap selanjutnya.

Semoga tahun ini kamu bisa terpilih menjadi PNS di pekerjaan yang diinginkan, ya!