free page hit counter
aplikasi transfer uang melalui hp

Inilah 8 Aplikasi Transfer Uang Melalui HP yang Wajib Diketahui

Aplikasi transfer uang melalui HP sekarang sudah mulai bermunculan. Hadirnya hal tersebut, baik dari perusahaan Financial Technology hingga Bank Digital menghadirkan kemudahan kepada pengguna untuk melakukan transfer tanpa perlu ke ATM.

Menggunakan aplikasi tersebut dan memasangnya pada perangkat ponsel tentu akan memudahkan untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimana pun. Pengguna tidak perlu khawatir akan biaya transfer yang tinggi atau pengiriman tidak sampai akibat dilakukan tengah malam.

Beberapa rekomendasi berikut bisa dicoba sebagai alat pembayaran dan juga transfer uang ke rekening atau pengguna aplikasi lainnya. Selain mudah, aplikasi berikut bisa didapatkan secara gratis. Penasaran apa saja rekomendasi terbaiknya? Yuk, mari simak ulasannya disini!

1. Dana

Aplikasi transfer uang melalui HP yang pertama adalah Dana. Perusahaan Financial Technology ini masuk ke dalam teknologi E-Wallet, yang dimana bisa dimanfaatkan untuk menyimpan uang, melakukan pembayaran Digital, hingga mengirim ke pengguna lain bahkan rekening bank.

Tidak hanya itu, Dana juga bisa dijadikan sebagai alat pembayaran pada E-Commerce atau toko-toko online. Bahkan, bisa juga untuk membayar tagihan rumah tangga seperti listrik, membeli pulsa, atau tagihan lainnya.

Untuk bisa menikmati berbagai layanan dari platform ini, pengguna bisa mengunduhnya melalui App atau Play Store. Selanjutnya, buat akun dengan mendaftarkan email serta nomor telepon aktif, masukkan data diri, tunggu verifikasi, dan aplikasi sudah bisa digunakan.

2. FLIP

Didirikan pada tahun 2015, FLIP hadir memberi kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran hingga pengiriman uang secara digital. Apabila merasa ragu dengan kelegalannya, tidak perlu khawatir karena FinTech ini sudah terdaftar di Bank Indonesia.

Apa saja fitur yang dimilikinya? FLIP memberikan berbagai layanan keuangan, seperti dapat transfer ke seluruh Bank atau Top Up ke E-Wallet lain, seperti OVO atau Dana. Sama seperti Dana, aplikasi ini juga mampu untuk melakukan pembayaran tagihan, seperti tagihan dan token listrik, pulsa, dan lain-lain.

Keunggulan dari FLIP adalah tidak adanya biaya transfer antar Bank sehingga pengguna tidak perlu takut saldonya habis karena terlalu sering mengirimkan uang ke rekening Bank lain. Selain itu, layanan transfer juga bisa dilakukan kapan saja karena bebas 24 jam dan tidak ada batasan transfer bulanan.

3. LinkAja

Selanjutnya ada LinkAja karya PT Fintek Karya Nusantara yang menjadi rekomendasi aplikasi transfer uang melalui HP. Aplikasi ini dapat dikategorikan sebagai salah satu platform yang banyak digunakan karena telah banyak diunduh oleh pengguna Google Play, yaitu 10 juta kali.

LinkAja merupakan milik anak perusahaan BUMN yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai pembayaran, seperti membeli pulsa, penggunaan transportasi, hingga pembelian bahan bakar. Untuk melakukan pengisian saldo, pengguna bisa mengisinya hingga Rp 2.000.000,-. Adapun cara untuk mendaftarnya yaitu sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi LinkAja melalui toko Google ataupun Apple.
  • Jika sudah terpasang, masukkan nomor telepon yang masih aktif dan tunggu hingga menerima pesan angka
  • Lakukan verifikasi dengan memasukkan kode OTP ke dalam kotak yang disediakan.
  • Isi data diri dengan lengkap ke dalam formulir yang sudah disediakan.
  • Jika sudah, buat nomor PIN dan pembuatan akun LinkAja pun selesai.

4. OY! Indonesia

OY! Indonesia merupakan aplikasi transfer uang melalui HP yang juga patut untuk dicoba. Masih buatan anak negeri, aplikasi ini mampu untuk mengirim uang ke berbagai rekening, mulai dari Debit hingga Virtual Account.

Penggunaan OY! Indonesia lebih kepada pengiriman uang yang berhubungan dengan bisnis. Berbeda dengan rekomendasi sebelumnya, aplikasi ini juga cocok bagi pengusaha UMKM maupun bisnis besar sebagai media penerimaan serta pengiriman uang pendapatannya. Bahkan, melalui OY! Indonesia juga bisa melakukan transfer ke luar negeri. 

Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, calon pengguna perlu mendaftarkan dirinya melalui website resmi OY! Indonesia yaitu oyindonesia.com. Atau bisa juga mengunduhnya langsung melalui Google Play dan melakukan pendaftaran pada aplikasi OY! Indonesia. 

5. Transfez

Di urutan kelima terdapat Transfez sebagai rekomendasi aplikasi transfer uang melalui HP. Aplikasi ini mampu untuk melakukan pengiriman uang dalam negeri bahkan ke luar negeri dan melayani lebih dari 50 negara di dunia. 

Keamanan dari aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah berlisensi dari Bank Indonesia sehingga seluruh kegiatannya terawasi. Selain itu, biaya transfer atau transaksi akan sama berapapun nominal dana yang dikirimkan dari pengguna.

Aplikasi ini tersedia baik di toko Google maupun Apple. Pendaftarannya pun sangat mudah, setelah selesai mengunduh dan memasang Transfez di HP yang dimiliki, pengguna akan diminta untuk mengisi email serta password sebagai ID pendaftaran. Setelah itu, baru melengkapi data pribadi, dan aplikasi pun siap digunakan.

6. Jenius

Setelah mengetahui aplikasi transfer uang melalui HP yang berasal dari Fintech, kali ini akan dibahas dari segi perbankan, yaitu Jenius. Aplikasi ini dikelola oleh Bank BTPN dan bersifat sebagai Mobile Banking dari bank tersebut.

Dari segi fitur pembayaran, nasabah bisa melakukan pengiriman uang hingga ke luar negeri. Dan karena sudah ada sistem BI-Fast, biaya administrasi yang dikeluarkan ke rekening lain menjadi lebih murah, yaitu Rp 2.500,-.

7. OVO

Siapa yang tidak mengenal platform pembayaran satu ini? Aplikasi OVO yang terintegrasi dengan transportasi Grab ini tidak hanya dapat digunakan untuk membayar layanan dari Grab saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan transfer antar sesama pengguna maupun ke rekening bank.

Apabila seseorang ingin berbelanja di Tokopedia, pembayaran menggunakan OVO juga sudah tersedia sehingga tidak perlu lagi membayar melalui transfer Bank. Pendaftaran aplikasi ini pun sangat mudah. Sama seperti rekomendasi lainnya, daftar OVO menggunakan nomor telepon dan email yang masih aktif.

8. NeoBank

Dan rekomendasi yang terakhir datang dari perbankan lagi, yaitu Neobank. Perusahaan yang termasuk ke dalam bank digital ini memiliki aplikasi yang mampu melakukan transfer secara gratis ke seluruh bank, baik dalam maupun luar negeri.

Bagi nasabah yang akan membuka rekening, Neo Bank memberikan bunga tabungan hingga 6% untuk program WOW. Untuk deposito, Bank ini memberikan bunga yang cukup tinggi di masing-masing tenornya, yaitu 6.5% p.a untuk jangka waktu 7 hari. Jika mengambil 12 bulan, bunga yang didapatkan adalah 8% p.a.

Itulah 8 aplikasi transfer uang melalui HP yang sangat recommended. Tidak hanya aplikasi yang berasal dari perusahaan FinTech, saat ini baik bank dalam negeri maupun luar juga berlomba-lomba membuat aplikasi digital untuk nasabahnya.

Aplikasi yang dapat dipasang baik pada perangkat Android atau iOS ini tentu sangat membantu apalagi jika nasabah sering berpindah tempat. Kecepatan dan kemudahan dalam bertransaksi tentu menjadi penting agar tidak perlu repot lagi mencari ATM jika ingin mengirim uang, Top Up, atau melakukan pembayaran atas barang yang dibeli.

Selain itu, biaya administrasi atau transfer yang harus dibayar oleh pengirim saat ini juga tidak terlalu tinggi karena adanya peraturan BI Fast, yaitu hanya Rp 2.500,- per pengiriman. Ditambah dengan beberapa aplikasi yang memberikan layanan gratis atas biaya tersebut, menjadikan penggunanya menjadi lebih hemat dan simple.