free page hit counter
aplikasi jconnect bank

Mengenal Aplikasi JConnect Bank Jatim Beserta Cara Daftarnya

Layanan perbankan berupa digital, memang telah lama diminati pengguna karena beragam kelebihan seperti flexibel waktu dan tempat. Bahkan sekarang sudah menjadi kebiasaan khususnya sejak pandemi. Oleh karenanya, perusahaan keuangan mulai meluncurkan aplikasi digital salah satunya aplikasi JConnect Bank dari Bank Jatim.

Tidak hanya sebagai inovasi serta mengikuti perkembangan teknologi, aplikasi digital memang bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Mengingat hampir segala layanan sekarang berbasis online. Entah berbelanja, pembayaran, transportasi, dan lain sebagainya.

Jika belum tersedia akses secara digital, bukan menutup kemungkinan akan ditinggal nasabah. Apalagi sekarang cukup banyak aplikasi keuangan baik berupa perbankan, dompet digital atau E-Wallet sebagai gantinya.

Apa Itu Aplikasi JConnect Bank?

Aplikasi JConnect Bank merupakan sebuah terobosan baru dari pemerintah Jawa Timur yaitu perusahaan Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. Tujuan diluncurkannya aplikasi digital banking JConnect, yakni sebagai branding serta memberikan kemudahan pada pengguna dalam segala urusan akses bantuan perbankan.

Pada ulang tahun ke-61, peluncuran ini dilakukan sebagai penguat dari 3 pilar yaitu pemerintah daerah dan ASN Jati, UMKM, serta masyarakat umum. Dimana fungsi utamanya untuk memudahkan integrasi manajemen keuangan dan layanan bagi ASN khususnya tanpa tunai.

Karena jasa perbankan tidak lagi berfokus pada kantor bank fisik melainkan konsep digital atau real time. Sehingga, dapat digunakan dengan waktu dan tempat fleksibel. Caranya cukup melalui sebuah aplikasi.

Apalagi Bank Jatim sendiri memberikan banyak layanan salah satunya kredit bagi pelaku UMKM daerah. Dengan adanya JConnect, maka proses digitalisasi dapat berjalan dengan lancar dan mudah. Misal adanya fitur transaksi online, cashless payment bahkan tersedia bantuan marketing platform toko online.

Bekerja sama dengan lembaga lending, membuat layanan ini mencangkup hingga ke pelosok wilayah Jatim. Dan keberadaan aplikasi JConnect, akan mempermudah proses pengajuan pendanaan tersebut secara online.

Filosofi Utama Aplikasi JConnect Bank

Launching aplikasi JConnect Bank tidak serta merta untuk memberikan pelayanan dengan basis digital, sehingga mudah dalam penggunaan. Akan tetapi, berdasarkan pilar penting serta filosofi utama. Yang mana masing-masing mempunyai makna yang dipegang teguh oleh brand digital JConnect.

Hal tersebut berguna untuk meningkatkan performa kinerja sekaligus inovasi teknologi terbaru. Adapun filosofi utama aplikasi JConnect terdiri dari 4 makna yakni sebagai berikut:

  • Convenience. Adalah filosofi pertama dari aplikasi JConnect Bank dengan makna menawarkan kemudahan serta kemudahan nasabah dalam bertransaksi secara digital.
  • Commitment. Menjadi yang kedua dimana mempunyai arti yaitu memberikan pelayanan sebaik mungkin dengan langkah transformasi ke perbankan digital.
  • Collaborative. Definisinya menjadi bank yang siap menjalin layanan keuangan digital yang dibutuhkan nasabah dengan terus melakukan inovasi canggih.
  • Connect. Maknanya sebagai penghubung keuangan digital bagi semua kalangan dalam mengikuti perkembangan zaman dengan terus meningkatkan kinerja serta inovasi.

Cara Daftar M-Banking Aplikasi JConnect Bank Jatim

Sebetulnya cara menjadi nasabah Bank Jatim tidak sulit dilakukan dan sama seperti bank konvensional pada umumnya. Dimana, langkah tersebut menjadi syarat utama untuk dapat menggunakan layanan aplikasi JConnect Bank. Apabila sudah memilikinya, silahkan ikuti poin selanjutnya untuk bisa mendaftar aplikasinya..

1. Memenuhi Syarat Pembuatan

Setiap bank pasti memberikan ketentuan pada nasabah dalam penggunaan layanan begitu pula dengan Bank Jatim. Sebelum mengunduh aplikasi, sebaiknya memperhatikan beberapa syarat berikut supaya bisa mendaftar M-Banking JConnect. Syaratnya sebagai berikut:

  • Mempunyai rekening dari Bank Jatim serta kartu ATM.
  • Mempunyai nomor ponsel yang masih aktif.
  • Telah mendaftar SMS Banking.

2. Mendaftar SMS Banking

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa syarat menggunakan layanan M-Banking dari Bank Jatim yakni telah mendaftar SMS Banking. Bisa via ATM atau datang langsung ke kantor terdekat.

Apabila tidak mempunyai waktu dalam menyesuaikan jadwal operasional bank, maka bisa melalui ATM. Adapun langkah untuk mendaftarnya yaitu:

  • Masukkan kartu ATM pada mesin, lalu PIN ATM.
  • Pada menu selanjutnya silahkan tekan ‘Transaksi lainnya’.
  • Kemudian tekan tombol ‘Pendaftaran SMS Banking’.
  • Jika sudah, pilih opsi ‘Registrasi SMS Banking’.
  • Input nomor ponsel yang masih aktif dan pastikan mempunyai pulsa setidaknya seribu rupiah untuk proses pengiriman.
  • Apabila sudah yakin, tekan saja ‘Benar’.
  • Periksa pesan masuk di ponsel dengan nomor yang sudah didaftarkan. Karena secara otomatis akan ada pesan yang berisi nomor TIN (Telephone Identification Number).
  • Isikan pada kolom yang disediakan, lalu tekan ‘Setuju’ serta pilih ‘Rekening Tabungan’.
  • Maka akan muncul informasi data sebagai konfirmasi kebenaran.
  • Bila dirasa sudah sesuai, langsung tekan ‘Ya’.
  • Notifikasi keberhasilan akan tampil setelahnya.

Informasi tambahan yang perlu diperhatikan adalah memastikan membawa ponsel dengan nomor provider yang akan didaftarkan. Mengingat kode TIN, perlu dimasukkan dalam prosesnya. Jika tidak, sudah tentu tidak dapat diteruskan.

3. Melakukan Aktivasi Mobile Banking Bank Jatim di JConnect

Apabila semua langkah diatas sudah dilakukan, maka cara mendaftar M-Banking aplikasi JConnect Bank yaitu melakukan aktivasi. Sebelum akhirnya dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan pihak Bank Jatim.

Cara aktivasi tidak harus datang ke kantor karena bisa dilakukan secara mandiri. Namun, pastikan untuk melakukan aktivasi segera mungkin setelah mendaftar SMS Banking.

Alasannya yaitu masa berlakunya hanya sampai 24 jam saja. Jika terlewati, maka diperlukan aktivasi ulang agar mendapatkan kode baru. Adapun langkah aktivasi dapat dilihat pada petunjuk berikut:

  • Buka aplikasi Play Store dan temukan aplikasi JConnect dari Bank Jatim.
  • Tekan unduh jika sudah ketemu, lalu tunggu hingga instalasi selesai.
  • Selanjutnya masuk ke aplikasi.
  • Pada layar utama akan muncul opsi pilihan. Silahkan tekan ‘Aktivasi’.
  • Jangan lupa untuk membaca sekilas ketentuan yang berlaku dari pihak bank.
  • Kemudian tekan ‘Setuju’.
  • Isikan nomor rekening beserta PIN yang sama dengan TIN.
  • Tekan ‘Lanjut’.
  • Nantinya akan muncul perintah untuk memasukkan kode aktivasi yang akan dikirim ke nomor ponsel yang terdaftar di SMS Banking.
  • Setelahnya, pilih ‘Aktivasi’, lalu buat kata sandi.
  • Pilih lagi ‘Aktivasi’ dan tunggu sampai tampil informasi proses aktivasi berhasil.
  • Namun sebelum benar-benar selesai, tahap selanjutnya biasanya akan muncul opsi pilihan konfirmasi. Apakah tetap ingin memakai SMS Banking atau tidak. Jika memang masih, tekan pilihan ‘Ya’.

Bagaimana? Mudah bukan cara mendaftar aplikasi JConnect Bank dari Bank Jatim ini. Bagi masyarakat umum, memang diperlukan pendaftaran rekening mandiri sebelum dapat menggunakan layanannya.

Karena berbeda dengan perangkat pemerintah daerah atau ASN. Dimana sudah dibuatkan khusus oleh lembaga yang berwenang. Pasalnya bank Jatim memang milik Pemerintah Provinsi yang mana gunanya untuk mempermudah manajemen keuangan daerah. Tentunya selain dimaksudkan untuk memberikan kemudahan, kenyamanan serta kecepatan.

Apalagi aplikasi ini menawarkan fitur yang banyak dan penting. Seperti membayar pajak kendaraan, transfer melalui BI-Fast, BPJS kesehatan, cardless, dan masih banyak fitur lainnya. Sayangnya sampai sekarang masih belum maksimal, sebab sering mengalami masalah akses.