free page hit counter
aplikasi menulis puisi dibayar

Rekomendasi Situs dan Aplikasi Menulis Puisi Dibayar, Hasilkan Cuan Dari Hobi

Senang menulis karya puisi dan ingin mendapatkan penghasilan dari kemampuan tersebut? Di era maju seperti sekarang, situs dan aplikasi menulis puisi dibayar hadir sebagai sarana untuk menyalurkan hobi menulis. Apps dan situs tersebut dapat mewadahi para penulis khususnya pemula untuk mengirimkan karyanya.

Aplikasi Menulis Puisi Dibayar

Saat ini, banyak aplikasi bersedia untuk memberikan bayaran kepada pengguna yang mengirimkan tulisannya. Apalagi jika tulisan tersebut dibaca banyak orang, tentu kesempatan mendapatkan penghasilan semakin luas. Berikut ini beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk mengirimkan tulisan, termasuk puisi:

1. Wattpad

Bagi masyarakat yang gemar membaca dan menghasilkan tulisan, nama Wattpad sudah terdengar familiar. Wattpad identik dengan novel bertema romansa, bahkan banyak di antaranya diterbitkan dan mudah ditemukan di toko buku. Hal tersebut membuktikan potensi Wattpad untuk mendapatkan perhatian masyarakat.

Namun ternyata tidak hanya novel. Pengguna juga bisa mengirimkan jenis tulisan yang lain seperti artikel, puisi, hingga cerita pendek. Aplikasi yang jumlah unduhannya melebihi 100 juta ini hanya berukuran 24 MB, sehingga tidak memakan banyak ruang di perangkat.

Hadir sejak 2006, apps ini terbukti masih digemari hingga saat ini. Sampai sekarang, Wattpad telah mencatatkan hingga 100 juta karya yang dapat dibaca melalui gadget. Untuk mulai menulis puisi, pengguna dapat registrasi terlebih dahulu lalu mengikuti instruksi yang tersedia.

2. Dreame

Berikutnya ada Dreame, aplikasi menulis puisi dibayar yang populer di kalangan penulis. Hingga kini, sudah ada 10 juta pengguna yang mengunduh apps berukuran 48 MB ini. Apps ini popularitasnya sedang naik karena memberikan bayaran kepada para penulis yang mengirimkan karyanya di sini.

Mulai dari novel, puisi, hingga cerita pendek bisa dikirimkan ke Dreame. Meski merupakan aplikasi, Dreame memberlakukan sistem yang profesional. Mulai dari mendapatkan editor, pembayaran di muka, hingga royalti. Sebagai pembaca pun ada kesempatan meraih hadiah uang jika mengikuti kontes baca maupun program menarik lainnya.

3. WeRead

Bila melihat namanya, banyak orang beranggapan bahwa WeRead adalah aplikasi untuk membaca saja. Namun tidak hanya itu, apps berukuran 11 MB ini justru wadah yang tepat bagi para penulis untuk mengirimkan karyanya. Baik yang berbentuk puisi, novel, novela, dan lain sebagainya.

Keunikan WeRead yaitu penulis bisa membuat kanalnya sendiri, yang dapat dipersonalisasi sendiri. Kanal ini dinamakan dengan “Dunia cerita”. Pastikan aktif untuk menulis, karena jika telah menulis hingga lebih dari 20 ribu kata, pengguna dapat mendaftar untuk kontrak eksklusif. Artinya, pengguna sudah dapat menghasilkan uang melalui WeRead.

4. KaryaKarsa

KaryaKarsa termasuk aplikasi menulis puisi dibayar yang mulai digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Aplikasi dengan ukuran 14 MB ini merupakan platform bagi para penulis untuk mengirimkan cerita, puisi, dan karya lainnya. Sistemnya unik, yaitu bisa mendapatkan dukungan langsung dari fans.

Fans merupakan pengguna yang membayar untuk membaca karya dari kreator. Dengan sistem pembayaran tersebut, kreator bisa langsung mendapatkan penghasilannya. 90% dari dukungan yang didapatkan adalah milik kreator. Tidak terbatas waktu, penulis bisa gajian kapan saja, apalagi jika rutin melakukan promosi.

5. Storial

Storial merupakan platform yang fungsinya hampir serupa dengan Wattpad, dimana pengguna dapat mempublikasikan tulisannya secara gratis. Bagi yang senang menulis cerita maupun puisi, apps dengan ukuran 22 MB ini bisa menjadi lahan yang tepat.

Storial juga pernah menjalin kerjasama dengan nulisbuku.com untuk menerbitkan karya para penulis Storial menjadi sebuah buku. Penulis juga berkesempatan untuk memperluas jaringan dengan bergabung bersama komunitas penulis. Penggunaan aplikasinya mudah, dilengkapi dengan instruksi yang jelas termasuk pembagian royalti.

6. Penana

Rekomendasi aplikasi menulis puisi dibayar berikutnya adalah Penana. Meski apps ini tergolong baru, fitur yang tersedia dalam Penana cukup unik dan jarang ada. Ada fitur lomba menulis yang diadakan secara rutin bernama NaNoWrimo.

Selain mengirimkan karya berupa cerita, pengguna juga bisa mengunggah tulisan lain misalnya puisi. Pengguna juga bisa mendapatkan banyak referensi dari platform ini sekaligus terhubung dengan penulis lain. Ada juga fitur yang memungkinkan pengguna melihat tulisan yang sedang trending.

Situs Menulis Puisi Dibayar

Sebelumnya telah dibahas mengenai aplikasi menulis puisi dibayar. Namun, aplikasi seperti ini masih terbatas. Sebagian besar aplikasi lebih menyasar pembaca novel, bukan puisi. Meski demikian, peluang untuk mendapatkan penghasilan dari menulis puisi tidak sirna. Sebab, ada beragam situs yang memberikan bayaran untuk puisi, seperti:

1. Basabasi

Basabasi merupakan situs yang memberikan kesempatan kepada para penulis untuk mengirimkan tulisan pendek. Cocok bagi masyarakat yang ingin mengirimkan artikel ringan, puisi, cerpen, hingga resensi buku. Basabasi memiliki beberapa kategori, yang masing-masing memberikan bayaran berbeda pula.

Tulisan yang ringan seperti opini atau artikel umum akan diberikan honor hingga 100 ribu. Sementara itu untuk yang lebih kompleks seperti puisi, esai, serta resensi buku bayarannya lebih tinggi, mulai 200 sampai 250 ribu. Namun terlebih dahulu akan melalui proses seleksi dari tim Basabasi.co.

Namun hal ini juga tergantung dengan kapasitas isi dari tulisan tersebut. Ada penulis tertentu yang bisa dibayar hingga 300 ribu karena kualitas kontennya yang di atas rata-rata. Keuntungan mengirimkan puisi ke situs ini yaitu ada hadiah souvenir kaos serta honor pada pengiriman pertamanya.

2. Buruan.co

Buruan.co bisa menjadi alternatif aplikasi menulis puisi dibayar. Situs ini memiliki beberapa rubrik yang dapat disesuaikan dengan minat penulis. Fokus Buruan.co adalah mengakomodasi minat baca serta tulis melalui media online.

Termasuk di antaranya adalah puisi dan cerpen. Bukan hanya itu, keunikan Buruan.co yaitu menerima puisi berbahasa Sunda. Para penulis puisi bisa mendapatkan honor melalui situs ini. Rata-rata honor yang didapatkan bisa mencapai 200 ribu.

Jika rutin mengirimkan tulisan yang berkualitas, harga tersebut bisa mengalami peningkatan. Apalagi jika banyak orang yang membaca tulisan Buruan.co. Bukan hanya situs tersebut yang mendapatkan keuntungan, namun juga penulis yang mengirimkan karyanya.

3. Mojok.co

Mengirimkan puisi ke Mojok.co bisa menjadi opsi tepat bagi para penulis. Situs yang sekaligus penerbit buku ini telah menerbitkan banyak buku yang berkualitas dan populer. Mulai dari novel, puisi, pengembangan diri, hingga agama dan politik.

Mojok juga sangat aktif di media sosial Instagram dan menarik minat pembaca karena promosinya yang unik. Bagi penulis yang tertarik mengirimkan tulisannya ke Mojok, bisa menyasar rubrik khususnya bernama Anekarima. Puisi yang berhasil lolos akan mendapatkan imbalan dan ditayangkan di situsnya.

Selain puisi, penulis juga bisa mengirimkan jenis tulisan lain seperti artikel, cerpen, dan sebagainya. Honor yang diberikan oleh Mojok berkisar di angka 250 sampai 350 ribu. Nominal yang terbilang cukup besar. Hal ini sepadan dengan kualitas tulisannya yang mumpuni meskipun tidak melulu panjang.

Demikian pembahasan tentang aplikasi menulis puisi dibayar yang berkualitas. Jangan sia-siakan hobi menulis puisi. Dengan terus berlatih ditambah wadah yang tepat, para penulis bisa mengembangkan kemampuannya hingga dapat menghasilkan tulisan berkualitas. Peningkatan kualitas secara tidak langsung juga dapat meningkatkan penghasilan.