free page hit counter
aplikasi investasi tanpa modal

Rekomendasi Aplikasi Investasi Tanpa Modal, Ini Ulasannya!

Artikel diperbarui pada 14 Oktober 2022.

Berinvestasi merupakan salah satu metode untuk mendapatkan keuntungan dari penanaman modal jangka panjang. Meskipun sudah banyak pilihan aplikasi berinvestasi, beberapa orang masih memilih untuk berhati-hati. Salah satu upayanya adalah dengan menggunakan aplikasi Investasi tanpa modal.

Melakukan investasi tanpa menyetorkan sejumlah modal atau deposit bisa menjadi langkah pertama untuk memeriksa keamanan dan cara kerja dari aplikasi. Inilah mengapa banyak orang yang cenderung ingin menggunakan aplikasi demikian daripada langsung melakukan deposit dana.

Lantas, apakah berinvestasi dengan modal 0 rupiah memungkinkan? Jawabannya, iya! Ada beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan tanpa memerlukan modal awal. Apa saja aplikasi ini? Mari simak ulasan selengkapnya berikut:

1. Bibit

Pilihan aplikasi investasi tanpa modal yang pertama ialah Bibit. Pasti sudah pernah mendengar nama aplikasi ini, bukan? Aplikasi Bibit merupakan aplikasi investasi reksadana ini cukup populer, terutama di kalangan investor-investor muda. Bibit menawarkan metode investasi yang aman dan ramah bagi pemula.

Selain memberikan kemudahan dalam penggunaan, Bibit juga membantu para pengguna baru atau investor pemula dengan pemberian modal awal investasi reksadana. Untuk investor pemula di Bibit akan diberikan bantuan modal awal berupa saldo modal sebesar Rp 25.000.

Modal awal ini bisa langsung digunakan oleh investor untuk ditanamkan pada daftar pilihan saham reksadana yang disediakan dalam aplikasi. Nilai investasi minimal dalam Bibit tersedia mulai dari Rp 10.000 saja. Dengan begitu pengguna dapat berinvestasi dan mengetahui cara kerja investasi di Bibit.

2. Stockbit

Sama-sama sudah terdaftar dalam pengawasan OJK seperti Bibit, Stockbit juga menawarkan kesempatan untuk berinvestasi tanpa memerlukan modal awal. Sebenarnya, Stockbit sudah memiliki kredibilitas yang cukup diakui, lho. Aplikasi trading saham ini merupakan bagian dari perusahaan ternama, PT. Sinarmas Sekuritas.

Tapi, jika pengguna tetap ingin melakukan uji coba untuk mengetahui cara kerja aplikasi tentu sah-sah saja. Lagi pula, Stockbit juga menyediakan fitur yang dapat memberikan modal awal gratis pada penggunanya. Nilai modal yang diberikan ini bahkan tidak tanggung-tanggung, yaitu senilai 100 juta rupiah!

Modal awal ini bisa pengguna gunakan untuk berinvestasi di pasar modal yang telah disesuaikan kondisi pasarnya seperti pasar modal sungguhan. Ingat, modal awal ini merupakan dana virtual, ya. Artinya, hanya dapat digunakan untuk berinvestasi secara virtual dan tidak dapat dicairkan.

3. Supervank

Selain aplikasi investasi reksadana dan saham, masih ada pilihan aplikasi investasi tanpa modal lainnya yaitu dengan aplikasi NFT, Supervank. Aplikasi ini menggunakan mata uang yang disebut dengan EC. Pengguna aplikasi bisa mendapatkan EC gratis yang bisa digunakan kembali sebagai modal investasi.

Cara mendapatkan modal awal ini cukup sederhana. Pengguna hanya perlu untuk memilih bursa investasi untuk mendapatkan keuntungan yang bisa menghasilkan modal awal. Salah satu bursa yang dapat memberikan nilai keuntungan besar adalah Bio-path Holding Inc.

Setelah menentukan bursa investasi, pengguna bisa menunggu saja hingga bursa investasi tersebut tutup. Umumnya, penutupan bursa investasi berjalan selama 2 x 24 jam. Jika bursa sudah tutup, pengguna bisa klaim point EC.

4. Best Broker

Selanjutnya, aplikasi investasi yang juga memberikan modal awal gratis adalah Best Broker. Aplikasi ini dapat memberikan pengguna baru modal awal berinvestasi sebesar 25 ribu dolar Amerika. Wah, kira-kira berapa nominalnya dalam rupiah?

Modal awal yang diberikan ini sifatnya sama seperti dana virtual. Artinya, tidak bisa dicairkan menjadi uang asli. Akan tetapi modal awal ini tentu saja bisa digunakan untuk melakukan trading saham dalam aplikasi Best Broker.

Pengguna bahkan juga bisa menginvestasikan dana tersebut pada saham bursa luar negeri, misalnya seperti Nasdaq, MDAX, dan sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa investasi dengan dana virtual cuma-cuma ini merupakan simulasi saja. Artinya, pengguna tidak akan mendapatkan kerugian apapun jika nilai investasi menurun.

5. StockTrak

Mirip seperti Best Broker, StockTrack merupakan aplikasi investasi tanpa modal yang dapat digunakan untuk melakukan simulasi trading saham. Aplikasi ini dilengkapi oleh fitur yang cukup lengkap sehingga memudahkan pengguna untuk mengetahui tahapan dan detail trading saham.

Fiturnya yang lengkap dan adanya pemberian modal gratis memang dimaksudkan untuk mempermudah pengguna. Aplikasi StockTrak memang dibuat dengan tujuan sebagai aplikasi belajar investasi untuk para pemula trading saham.

6. RTI Business

Ingin berinvestasi secara real time dengan data bursa saham yang akurat? RTI Business bisa menjadi jawabannya. Aplikasi RTI Business merupakan aplikasi simulasi investasi trading saham yang dapat digunakan secara real time dengan data pasar akurat dari Bursa Efek Indonesia.

Tanpa memerlukan modal, pengguna bisa menggunakan RTI Business untuk melakukan simulasi investasi seperti sungguhan. Di samping itu, RTI Business juga memberikan bantuan pada investor pemula untuk melakukan analisa teknikal maupun fundamental.

Dalam aplikasi RTI Business, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur kalender yang dapat digunakan untuk mengatur jadwal kegiatan perusahaan. Misalnya seperti jadwal RUPS perusahaan, jadwal pembagian dividen, jadwal IPO, dan sebagainya.

7. Simulator Saham

Seperti yang terlihat dari namanya, aplikasi investasi tanpa modal ini jelas menawarkan fitur simulasi dalam aplikasinya. Meskipun memiliki nama yang sederhana, rupanya aplikasi ini sudah memiliki kredibilitas yang cukup baik. Simulator Saham cukup populer dan bahkan mendapatkan rating tinggi di Play Store.

Aplikasi ini cocok bagi para pemula yang masih belajar investasi saham. Antarmuka aplikasi sederhana dan dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna baru. Akan tetapi, Simulator Saham hanya menyediakan saham-saham dari luar negeri saja.

8. IDX Virtual Trading

Ingin dapat modal awal 100 juta cuma-cuma? Gunakan aplikasi IDX Virtual Trading sekarang juga! Nilai modal yang besar diharapkan dapat membantu pengguna untuk mendapatkan pengalaman investasi trading saham seperti sungguhan. 

Dana modal 100 juta ini bisa didapatkan pengguna langsung setelah selesai melakukan registrasi akun saja. Pengguna bisa menggunakan modal gratis yang didapatkan untuk membeli saham. 

Selanjutnya, pengguna dapat melakukan analisa dan menahan atau menjual kembali saham untuk mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, ingat investasi ini sifatnya hanyalah virtual, alias keuntungannya tidak bisa dicairkan.

Nah, itulah ulasan aplikasi investasi tanpa modal yang bisa menjadi pilihan untuk pengguna yang ingin belajar berinvestasi namun ingin berhati-hati agar tidak tertipu. Memulai investasi dengan menggunakan mode demo atau simulasi memang disarankan agar bisa mempelajari cara kerja investasi dengan lebih baik.

Selain itu, dengan semakin banyaknya modus penipuan yang beredar saat ini, investasi tanpa modal juga bisa menjadi solusi yang aman. Akan tetapi, ini tidak memberikan pernyataan bahwa semua aplikasi simulasi aman. Pastikan untuk tidak menggunakan informasi data pribadi dalam aplikasi.

Sebisa mungkin hindari untuk melakukan top up pada aplikasi yang belum diketahui kredibilitasnya. Gunakan aplikasi yang sudah memiliki lisensi atau sifatnya resmi. Dengan begitu, pengguna dapat berinvestasi dengan aman dan terlindungi.