free page hit counter
aplikasi yang cepat menghabiskan baterai

8 Aplikasi yang Cepat Menghabiskan Baterai Di Hp, Wajib Simak!

Artikel diperbarui pada 14 Oktober 2022.

Mendadak penggunaan baterai menjadi boros dan durasi charging menjadi dua kali lebih lama? Bisa jadi, hal ini disebabkan adanya aplikasi yang cepat menghabiskan baterai. Semula aplikasi ini tidak akan menyebabkan masalah karena berfungsi dengan baik.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu aplikasi ini justru menjadi boomerang. Baterai selalu memaksimalkan kinerjanya dengan menyesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna. Segala jenis aplikasi yang dijalankan di ponsel selalu bisa diproses dengan baik.

Namun, sebagai pengguna terkadang abai dan menganggap permasalahan terkait baterai adalah hal sepele. Mengenali jenis aplikasi yang memakan daya tinggi, akan berguna saat ini.

Jangan sampai ponsel menjadi drop, karena penggunaannya yang semakin tidak beraturan. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang sering menghabiskan baterai dan wajib untuk dihindari penggunaannya, diantaranya:

1. Instagram

Aplikasi yang cepat menghabiskan baterai yang pertama adalah Instagram. Perlu diketahui ketika data dalam keadaan menyala, Instagram selalu bekerja dibelakang layar. Hal tersebut tentu menyebabkan penggunaan baterai menjadi lebih boros.

Disamping itu, bisa dipastikan bahwa aplikasi instagram menyerap kuota sehingga membuat hp menjadi panas. Selain boros akan penggunaan baterai, Instagram juga cenderung boros dalam hal penyimpanan.

Aplikasi yang menggabungkan sosial media dan fitur kamera canggih ini, akan membuat baterai dua kali menjadi lebih boros ketika menggunakan kamera Instagram. Meskipun membuat boros baterai, Instagram tetap ramai digunakan karena memiliki potensi besar.

Berbicara masalah Instagram, sekarang ini tidak hanya bisa digunakan untuk memposting video saja. Instagram muncul dalam bentuk reels yang memungkinkan pengguna mendapatkan penonton dengan jumlah lebih banyak dari orang yang mengikuti. Hal ini tentu akan membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros lagi.

2. Facebook

Mendengar kata Facebook sepertinya sudah tidak asing lagi, dengan aplikasi yang familiar ini. Tidak bisa dihindari, Facebook adalah bentuk dari adaptasi masyarakat. Apabila zaman dahulu berkomunikasi hanya melalui teks di SMS, terbantu dengan adanya Facebook.

Jenis komunikasi bisa dilakukan seperti dengan berkirim foto, video call dan lain-lain. Aplikasi yang cepat menghabiskan baterai satu ini, sebenarnya hampir serupa dengan Instagram.

Hanya saja para pengguna Facebook bisa melakukan penghematan baterai dengan cara menghindari penggunaan data berlebih. Fitur di dalam Facebook tersedia layanan akses tanpa kuota, sehingga mampu mengendalikan kinerja ponsel. Melalui cara ini, secara otomatis pengendalian baterai lebih dimudahkan.

Perlu diketahui para pengguna Facebook yang baterainya cepat habis, adalah para pengguna yang rata-rata menggunakan Aplikasi Facebook untuk melihat video. Bahkan, berdasarkan survei dinyatakan para pengguna yang hanya menggunakan Facebook untuk membaca status atau berkirim pesan tidak seboros melihat video.

3. Snapchat

Fitur kamera yang tersedia di HP terkadang memang kurang memuaskan, karena tergantung pada jenis klasifikasi kamera yang menjadi bawaan HP. Tidak jarang para pengguna menginstal Snapchat, untuk memiliki foto-foto dengan kualitas bagus.

Tanpa disadari aplikasi tersebut malah merusak sistem baterai, sehingga membuatnya menjadi lebih cepat habis. Snapchat selain menggunakan akses internet dalam menjalankan programnya, juga membutuhkan kualitas sinyal yang baik.

Di samping itu aplikasi ini juga memerlukan penyimpanan yang besar, sehingga membuat kinerja HP menjadi berlebihan. Solusinya jika ingin melakukan penghematan terhadap baterai, maka hindarilah penggunaan Snapchat.

4. YouTube

Berbicara masalah aplikasi yang cepat menghabiskan baterai, YouTube termasuk dalam salah satu contohnya. Masalahnya aplikasi ini selain menggunakan kualitas gambar yang HD, saat ini juga berfungsi hampir sama seperti Instagram.

Belum lagi ditambah dengan kapasitas memori yang digunakan, otomatis YouTube juga mengambil andil dalam kerusakan baterai HP. Solusinya jika ingin menghemat baterai, namun tetap menggunakan aplikasi YouTube adalah dengan memanfaatkan fitur download. 

Fitur ini tersedia hampir pada semua jenis akun, baik itu yang premium maupun tidak premium. Melalui fitur download ini, kamu bisa menonton video berulang-ulang tanpa harus menyambungkannya melalui koneksi internet.

5. TikTok

Menyusul dua aplikasi sebelumnya seperti Instagram dan Facebook, TikTok menjadi aplikasi yang bisa menghabiskan baterai dalam waktu cepat. Berbicara mengenai alasannya kenapa tiktok puras baterai, bisa jadi karena di dalam aplikasi Tik Tok yang didownload adalah video.

Sehingga, bisa dipastikan kecepatan internetnya dipaksakan untuk mencapai akses tertinggi. Disamping itu, TikTok digunakan langsung untuk mendownload video.

Otomatis dalam aplikasi ini penggunaan baterainya lebih boros karena HP dipaksa bekerja terlalu aktif. Meskipun aplikasi yang digunakan Tik Tok Lite hal ini tetap berlaku hal yang sama, dimana keduanya akan boros dalam hal baterai. 

6. Google Maps

Apakah sebelumnya pernah menyadari bahwa Google Maps juga menjadi salah satu faktor penyebab kenapa baterai menjadi boros? Perlu diketahui bahwa sistem di dalam Google Maps memaksa pengguna untuk mengaktifkan lokasi terkini.

Dalam hal ini, lokasi tersebut dihubungkan melalui akses internet. Keuntungannya memang terlihat jelas yaitu mudah untuk mendeteksi keberadaan seseorang berdasarkan letak Google maps-nya.

Sedangkan untuk kerugiannya sendiri, yaitu baterai ponsel yang menjadi boros. Hal yang demikian itu dapat terjadi, bahkan berakibat lebih parah lagi jika layanan Google maps ini saling dihubungkan dengan aplikasi yang memakan kuota.

7. Aplikasi Berita Online

Aplikasi yang cepat menghabiskan baterai berikutnya adalah aplikasi berita online. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan berita merupakan sesuatu yang tidak boleh ditinggalkan. 

Seseorang yang rajin memantau berita dapat mengasah kemampuan menganalisanya, di samping itu bisa mengetahui trend pasar terkini. Sayangnya aplikasi berita terkadang menuntut HP untuk selalu refresh secara konstan, sehingga hal ini berdampak buruk pada manajemen baterai.

Aplikasi berita ini kebanyakan membuat baterai menjadi boros, karena setiap saat selalu konsisten melakukan pembaruan otomatis. Lebih disarankan jika ingin tetap update berita lebih baik mencarinya lewat web, dibandingkan aplikasi.

8. Tinder 

Kebanyakan aplikasi yang memakan baterai tinggi adalah aplikasi-aplikasi yang membutuhkan akses lokasi. Salah satu aplikasi yang sering mudah menghabiskan baterai adalah tinder. Aplikasi ini menuntut para penggunanya selalu mengaktifkan jaringan Google maps sehingga HP menjadi boros baterai.

Basicnya Tinder adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menemukan teman dalam jarak dekat. Secara tidak langsung hal ini mengharuskan para pengguna selalu stand by dengan Google maps-nya.

Jika penggunanya tidak jeli dan sering teledor, hal ini pasti akan berdampak pada penurunan kinerja baterai. Mengingat ponsel itu merupakan barang penting yang tidak boleh dibawa dalam keadaan baterai kosong, maka rajin-rajinlah untuk memeriksa keadaanya. 

Segala jenis aplikasi yang dimungkinkan menjadi penyebab baterai tersebut menjadi boros, lebih baik dihindari. Pada akhirnya, hal ini berguna karena penyedia aplikasi dan hp tidak terlalu berat.

Jangan memaksakan sesuatu bekerja secara berlebihan, karena dampaknya tidak akan baik. Selain menanggung resiko kerusakan, aplikasi yang cepat menghabiskan baterai justru akan membuat HP menjadi lemot. Ada baiknya menggunakan aplikasi seperlunya saja sehingga tidak akan membebani HP karena aplikasinya yang berat.