free page hit counter
aplikasi trading saham tanpa modal

Aplikasi Trading Saham Tanpa Modal, Strategi dan Tips Bagi Pemula

Artikel diperbarui pada 20 September 2022.

Aplikasi trading saham tanpa modal biasanya dibutuhkan bagi trader yang baru saja memulai investasi di pasar dunia. Alasannya karena perdagangan yang melibatkan surat berharga memerlukan deposit agar dapat terus mengikuti perkembangan didalamnya.

Mungkin untuk trader ahli atau profesional, modal bukanlah suatu kendala berarti yang mampu menghambat aktivitas trading. Berbeda, pemula tentu modal menjadi penghalang yang dapat membuat trader tidak ingin menggeluti trading terlebih belum sempat merasakan profit.

Hanya hingga saat ini jarang sekali aplikasi yang menawarkan secara cuma-cuma aktivitas trading saham. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir berikut akan dijabarkan bagaimana cara agar dapat melakukan investasi tanpa mengeluarkan dana sedikit pun. 

Panduan Bermain Trading Saham yang Tidak Membutuhkan Modal

Ada sejumlah cara yang bisa digunakan oleh trader terlebih pemula namun memiliki kendala dari segi modal. Di bawah ini telah dirangkum beberapa cara terkait, silahkan simak dengan seksama: 

1. Gunakan Virtual Account

Pertama sekali bagi trader yang ingin mencoba investasi saham dengan tidak memakai deposit adalah menggunakan virtual account. Umumnya akun tersebut tersedia di beberapa broker yang memberikan modal untuk trader agar mengetahui bermain saham versi online.

Satu diantaranya, Stockbit yang menyuguhkan market atau pasar secara nyata, bukan sebatas simulasi dan bisa mendapatkan profit dari saham terbaik. Trader dapat membeli saham saat harga penawaran sedang berada di angka bawah.

Apabila harga nantinya berada di kisaran atas (sesuai perkiraan) maka trader bisa melepas lalu menjualnya. Tetapi sebelum melakukan investasi saham, lakukan pendaftaran dengan mengisi nama akun, email, dan alamat sebagai syarat yang ditentukan.

2. Melalui Reward atau Penghargaan

Selanjutnya trader bisa menggunakan penghargaan dengan mengundang teman atau keluarga terdekat bermain saham di broker yang sama. Pasalnya ada sebagian broker yang menghadiahkan trader sejumlah modal melalui reward.

Penghargaan yang diberikan sangat tergantung dengan besaran deposit invitasi pada situs broker. Selain mengundang, trader juga dapat memasang tautan afiliasi yang mana link itu berguna sebagai tambahan komisi.

Komisi dari hasil afiliasi bisa digunakan untuk kembali bermain saham atau mengikuti kegiatan trading saham. Namun terlebih dahulu baca persyaratan yang mengacu pada reward atau komisi di situs broker agar tidak salah memahami.

3. Gunakan Broker dengan Nilai Pembelian Rendah

Walaupun cara terakhir membutuhkan sedikit modal, tetapi trader jangan cemas karena bisa mencari broker dengan nilai pembelian saham rendah. Dimana trader dapat melakukan setoran awal sebesar 10 ribu rupiah saja, tidak sampai menembus angka jutaan.

Modal tersebut digunakan untuk membuka akun sehingga trader yang ingin memulai aktivitas trading bisa segera bermain saham. Seperti salah satu layanan penyedia yang bernama Bibit, dimana pihak manajemen menawarkan investor senilai sepuluh ribu rupiah.

Tentunya nilai deposit cukup terjangkau bagi kalangan yang baru belajar memahami pasar modal dan tidak perlu takut mengalami kerugian. Meskipun membutuhkan deposit namun kebanyakan trader menganggap Bibit dapat menjadi aplikasi trading saham tanpa modal sebagai alternatif lain.

Strategi Trading Saham yang Tidak Perlu Modal

Setelah melihat sejumlah panduan bermain saham tanpa modal di atas alangkah baiknya mengetahui bagaimana strategi yang mendukung kesuksesan trader. Awal sekali dan paling penting adalah trader harus benar-benar mengerti mengenai analisis saham baik itu teknik yang digunakan serta bentukan order.

Analisis saham biasanya berupa analisis fundamental dan teknikal, dimana fundamental memiliki kaitan dengan kondisi ekonomi, politik, dan tren yang berkembang. Sementara analisis teknikal dilakukan dengan melihat fluktuasi saham, rentang harga, angka tinggi dan rendahnya nilai.

Merujuk pada fluktuasi saham, informasi yang diberikan bisa dibilang cukup utama karena berguna dalam penjualan dan pembelian saham. Saat melihat pergerakan saham disarankan trader lebih fokus demi mengetahui arah mana yang perlu diambil sehingga tidak rugi waktu menentukan keputusan.

Berikutnya trader wajib paham mengenai sekuritas atau broker sebelum kemudian dijadikan pilihan tempat investasi saham. Mulai dari latar belakang, track record, dan apakah legal atau tidak lewat perizinan agar mencegah hal-hal buruk di masa mendatang.

Di samping itu, integritas dan likuiditas penyedia jasa pun perlu diperhatikan secara teliti untuk menghindari kemerosotan nilai saham. Pastinya trader tidak ingin saham yang sudah diinvestasikan mengalami penurunan dan tidak menunjukkan profit sesuai perkiraan.

Lalu untuk trader yang kira-kira tertarik mengikuti event trading dengan ketiadaan deposit maka harus menguasai teknik jual-beli saham dengan jeli. Tetapi jangan lupa membaca setiap syarat termasuk keberhasilan mencetak profit dan tidak boleh melakukan pencairan.

Begitu pula dengan risiko-risiko kemungkinan yang akan mempengaruhi aktivitas perdagangan saham, bersifat merugikan. Seperti kesalahan menginterpretasikan atau membaca pergerakan saham dan analisis fundamental berdasarkan keadaan global yang berjalan.

Kiat-kiat Trading Saham bagi Pemula Agar Aman

Atas alasan aplikasi trading saham tanpa modal yang sangat jarang ditemukan, pemula wajib mengetahui kiat-kiat supaya lebih aman saat bermain. Lantas apa-apa saja tips yang kiranya dapat dilakukan trader pemula menyiasati ketersediaan piranti? Untuk menjawabnya ikuti ringkasan poin-poin berikut: 

  • Tanamkan niat yang benar. Bagi siapapun yang tertarik melakukan aktivitas trading saham, niat sungguh-sungguh merupakan aspek penting pertama dalam mendukung kesuksesan.
  • Tentukan target. Setelah niat yang benar, penentuan target tidak boleh sampai ketinggalan demi penyesuaian instrumen investasi termasuk prediksi langkah.
  • Siapkan segala keperluan. Kemudian, pelajari hal-hal yang berkenaan dengan trading saham  (analisis fundamental dan teknikal) disusul risiko buruk melalui berita atau referensi lain.
  • Perhatikan broker penyedia. Pemula pasti belum terlalu hafal dengan broker-broker penyedia saham, oleh karenanya diharapkan trader memperhatikan secara baik-baik agar tidak menyesal nantinya.
  • Jangan terlalu ambisius. Karena baru mulai masuk ke industri saham alangkah baiknya kurangi sifat ambisius yang dapat membawa trader pada kesalahan-kesalahan.
  • Gabung komunitas trader saham. Apabila telah yakin dengan kegiatan trading saham maka mulailah mencari komunitas trader saham online yang terpercaya untuk saling sharing.
  • dan Jangan mudah menyerah. Seandainya di tengah aktivitas transaksi saham mengalami kebuntuan, istirahat sejenak sembari menenangkan pikiran supaya mengembalikan energi jangan terus langsung menyerah.

Demikian informasi seputar metode  bermain saham tanpa deposit sebagai alternatif aplikasi trading saham tanpa modal yang minim ketersediaannya. Tak terbatas pada pembahasan panduan lengkap, informasi juga memuat strategi dan tips yang dapat dilakukan oleh para trader.

Termasuk trader pemula yang tentu belum mengetahui cukup banyak hal dalam aktivitas trading saham versi online. Kemudahan akses digital jangan membuat seseorang yang memiliki ketertarikan dengan investasi meredup hingga hilang hasrat.

Justru jadikan ini momentum untuk berinvestasi saham dengan baik walaupun tidak menggunakan deposit waktu melaksanakan trading. Namun, tetap ingat agar selalu bersikap ingin tahu, tidak ambisius, dan giat belajar sehingga kesuksesan di bidang terkait bisa diraih.