free page hit counter
aplikasi administrasi desa berbasis web

Simak Aplikasi Administrasi Desa Berbasis Web Terpercaya

Artikel diperbarui pada 19 September 2022.

Dalam kantor pemerintahan termasuk setingkat pemerintah desa pasti membutuhkan administrasi. Hal ini berfungsi sebagai pencatatan berbagai surat-menyurat dan berbagai keperluan lain yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tetapi ternyata semua hal tersebut dapat dengan mudah dilaksanakan dengan adanya aplikasi administrasi desa berbasis web.

Sekaligus keberadaannya dapat membantu masyarakat, karena jika dibuat secara manual terkadang masyarakat tidak mengetahui informasi jelasnya. Terkait dengan proses pembuatan dari sebuah surat sehingga akan menyita banyak waktu. Tetapi dengan kemudahan teknologi saat ini sangat membantu berbagai masyarakat dalam berbagai aspek.

Terlebih lagi ini pemerintah menyediakan solusi berupa sistem informasi Desa digital. Sebagai solusi yang tepat terutama khususnya untuk pelayanan publik yang ada bagi pemerintah setingkat desa. Maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut ini:

1. Sidedi

Aplikasi administrasi desa berbasis web pertama bernama Sidedi. Atau istilah lainnya merupakan suatu sistem informasi desa digital yang tersedia dalam bentuk aplikasi berbasis website. Ini merupakan suatu pengembangan dari PT Bisma teknologi nusantara dalam hal pengurusan surat-menyurat dan administrasi setingkat desa.

  • Untuk bisa menggunakannya sendiri pengguna harus masuk pada website lalu beranjak pada bagian panel administrator.
  • Nantinya di halaman utama akan ada berbagai menu yang tersedia mulai dari Master surat pengguna hingga pelaporan dan lainnya.
  • Bagi petugas yang ingin melakukan pengecekan surat yang baru masuk bisa melihat pada bagian laporan dan surat baru.
  • Sementara bagi masyarakat yang sedang membuat suatu surat bisa melihat status pekerjaannya. Sebelum nantinya melakukan validasi dengan mengklik tombol konfirmasi yang terdapat dalam sebuah surat yang dibuat oleh petugas.

2. Source Code Aplikasi 

Berikutnya untuk aplikasi administrasi desa berbasis web bernama source code aplikasi. Ini termasuk sistem administrasi bertujuan dalam memudahkan untuk mengelola berbagai data desa. Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik diantaranya terdapat Untuk login admin pengecekan data pelaporan hingga jika perencanaan serta lainnya.

Walau kini fitur dari berbagai keberadaan website tersebut masih terus diperbaharui. Lantaran dirasa kurang maksimal karena juga sering terjadi berbagai bug yang membuat aplikasi atau sistem tersebut berjalan lebih lambat. Tetapi juga cocok untuk digunakan sebagai berbagai keperluan khususnya bidang administrasi.

3. Siskeudes

Selanjutnya untuk aplikasi administrasi desa berbasis web juga terdapat siskeudes. Hal tersebut dikarenakan database untuk aplikasi ini memanfaatkan Microsoft Access yang dikembangkan oleh BPKP. Memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sekaligus juga bagaimana upaya untuk mengatur tata kelola daripada keuangan sebuah desa.

Sementara untuk berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut sangatlah sederhana. Juga pastinya akan bisa diaplikasikan secara mudah oleh para pengguna baru. Sekaligus nantinya output daripada sistem tersebut menghasilkan dokumen sekaligus juga berbagai laporan yang disesuaikan dengan peraturan perundangan.

4. Sistem Informasi Desa

Aplikasi administrasi desa berbasis web berikutnya bernama sistem informasi desa atau juga populer dengan istilah SID. Sebenarnya ini dirancang khusus berdasarkan peraturan UU nomor 14 tahun 2008. Lantaran untuk aplikasi websitenya sendiri mencantumkan berbagai profil desa lengkap dengan berbagai lembaga masyarakatnya.

Sekaligus memberikan informasi yang berkaitan dengan kegiatan yang terdapat pada desa. Serta bagaimana produk usaha dan juga potensi yang dimiliki oleh desa tersebut. Aplikasi ini memiliki bentuk menyerupai website sehingga bisa diakses kapan saja dengan bantuan internet karena hanya membutuhkan Browser.

5. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan

Berikutnya juga terdapat SIAK dengan kepanjangan sistem informasi administrasi kependudukan. Ini juga termasuk dalam aplikasi administrasi desa berbasis web yang begitu banyak digunakan. Karena telah sesuai dengan berbagai prosedur sekaligus juga memanfaatkan teknologi informasi dalam penataan sistem administrasi berkaitan dengan kependudukan.

Berbagai data yang terhimpun dalam website tersebut berupa data pendataan penduduk sekaligus juga pencatatan sipil. Namun juga bermanfaat dalam pencatatan dan pembuatan surat keterangan pindah domisili. Sekaligus juga bermanfaat dan banyak digunakan untuk pencetakan identitas penduduk  dan juga kartu keluarga.

6. Sistem informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation

Jangan lupakan untuk aplikasi administrasi desa berbasis web bernama SIK-NG. Umumnya banyak dipakai dalam hal validasi sekaligus juga untuk verifikasi berbagai basis data terpadu dan KKS. Bermanfaat untuk pelaksanaan daripada program fakir miskin dan juga perlindungan sosial yang terdapat di sebuah desa.

Sementara tujuan daripada proses verifikasi tersebut bermanfaat dalam mendata kesejahteraan sosial. Agar nantinya pemerintah dapat menentukan bagaimana tingkat kesejahteraan dari suatu masyarakat apakah sudah tepat sasaran. Hal tersebut sangatlah penting karena untuk setiap tahunnya saja masyarakat selalu mengalami perubahan.

7. Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah

Kemudian ada aplikasi untuk administrasi desa dengan berbasis website dengan nama sippeda. Aplikasi dikhususkan dalam hal perencanaan pembangunan daripada suatu daerah dengan memanfaatkan Internet Explorer atau juga browser untuk menjelajahinya. Sekaligus juga dapat menginput berbagai hasil usulan berkaitan dengan dokumen musrenbangdes .

Sementara penggunaan daripada aplikasi tersebut memiliki manfaat dan bertujuan jelas yaitu diarahkan pada SKPD penanggung jawab dalam hal tersebut. Dalam sebuah dokumen yang ada di aplikasi ini memanfaatkan berbagai rincian. Terutama berkaitan dengan usulan daripada kegiatan lokasi hingga juga anggaran.

8. Sistem Pengelolaan Aset Negara

Rekomendasi selanjutnya ada suatu sistem berkaitan dengan pengelolaan aset negara. Atau dengan kata lainnya dengan nama sipades ini juga termasuk dalam aplikasi baru yang diluncurkan oleh pemerintah daerah. Berkaitan dengan pengelolaan aset negara sesuai dengan Permendagri pasal terkait.

Misalnya saja berisi keterangan berkaitan dengan pencatatan sekaligus juga pengadaan dan pengelolaan berbagai barang yang jadi aset desa. Hal ini memiliki manfaat dalam membantu proses administrasi. Sehingga jadi sistematis dan  terarah maka dari itu perangkat desa juga dituntut agar dapat menguasainya.

9. Simdesa

Terakhir juga ada sebuah aplikasi dengan bentuk website bernama Simdesa. Memiliki fungsi dalam hal pemberdayaan masyarakat juga untuk pemerintah desa itu sendiri. Terlebih lagi website tersebut menyediakan sebuah ruang yang dijadikan tempat untuk berkomunikasi antar pengguna dan petugas.

Sehingga jika terjadi permasalahan tidak dimengerti bisa langsung ditanyakan. Juga mampu untuk mengurus berbagai surat-menyurat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kabar baiknya lagi berbagai data yang tersimpan dalam website tersebut akan selalu update dan tidak mudah hilang.

Itulah berbagai penjelasan singkat terkait aplikasi administrasi desa berbasis web. Berbagai rekomendasi yang disebutkan di atas pastinya telah teruji coba dan layak untuk diaplikasikan. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai mencoba berbagai rekomendasi ini.

Terutama berkat perkembangan teknologi yang semakin terdepan dapat membuat banyak orang merasa terbantu dengan keberadaannya. Begitu juga halnya dengan petugas yang tidak akan repot melayani satu persatu. Jika dibandingkan masyarakat harus datang ke kantor desa apalagi untuk sistem pengerjaannya sangatlah cepat.

Juga dapat lebih hemat dalam berbagai aspek untuk semua kalangan. Tidak hanya pemerintah yang lebih hemat kertas, tetapi juga untuk masyarakat itu sendiri. Karena mengurus berbagai keperluan bisa lebih cepat dan mudah.