free page hit counter
aplikasi trading saham ojk
aplikasi trading saham ojk

Pilih Aplikasi Trading Saham OJK yang Terbaik Agar Tidak Mudah Ditipu

Berkembangnya teknologi yang semakin pesat, tidak terlepas dari yang namanya aplikasi trading saham OJK di kalangan para investor. Terbukti saat ini pasar saham dijadikan lahan investasi yang layak serta dibantu dengan kemudahan membuka akun secara online melalui aplikasi.

Selain itu ditambah dengan banyaknya orang yang berminat untuk berinvestasi melalui aplikasi sehingga dibutuhkan pengetahuan mengenai trading saham berbasis OJK. Oleh karenanya pengguna perlu memilih aplikasi yang tepat agar tidak mudah ditipu bahkan banyak yang berbau bodong.

Dengan adanya hal tersebut maka dapat mengurangi angka penipuan di kalangan investor dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing di setiap aplikasi. Pertimbangan saat memilih aplikasi dapat dilihat dari segi fitur yang ada di dalam aplikasi, biaya transaksi hingga keamanannya.

Cara Melakukan Investasi dengan Aplikasi Trading Saham

Perihal yang perlu dipersiapkan untuk melakukan investasi atau trading saham secara online adalah dokumen pribadi. Dokumen yang perlu dipersiapkan diantaranya berupa KTP, NPWP hingga cover buku tabungan.

Setelah menyiapkan seluruh dokumen pribadi langkah selanjutnya adalah menentukan jenis trading saham OJK yang akan dipilih. Kemudian mengisi formulir dan membuka RDI atau rekening dana investor yang dilanjut dengan menunggu proses pembukaan rekening selesai dalam seminggu.

Ketahui Ciri-ciri Aplikasi Trading Saham Bodong

Dalam memilih aplikasi trading saham OJK yang terbaik maka pengguna perlu memahami ciri-ciri dari aplikasi yang palsu alias bodong. Untuk itulah berikut ini ciri-ciri aplikasi bodong yang sering dijumpai oleh para penggunanya.

  • Aplikasi yang tidak memiliki izin dan tidak diawasi oleh badan OJK.
  • Berkedok arisan yang notabene berasal dari media sosial Instagram hingga Facebook.
  • Iming-iming koperasi bodong agar dapat menarik simpati para masyarakat untuk berinvestasi di aplikasi tersebut.
  • Menawarkan keuntungan yang dapat dicairkan dengan jangka waktu yang cepat dengan keuntungan yang tidak masuk akal.
  • Keuntungan yang didapatkan oleh pengguna adalah lebih dari 15 persen hingga 20 persen.
  • Terlihat cara berjualan yang tidak beres atau tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.
  • Aplikasi yang meminta nasabah baru dengan mewajibkan link tersebut dibagikan ke orang lain.
  • Tidak transparan atau terbuka pada pengelolaan sumber uang.

5 Rekomendasi Aplikasi Trading Saham yang Diawasi OJK

Setelah mengetahui cara melakukan pendaftaran akun dan mengetahui ciri-ciri aplikasi bodong maka perlu tahu aplikasi trading saham OJK. Beberapa aplikasi yang sangat direkomendasikan bahkan tidak merugikan penggunanya ada 5 yang diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Stockbit

Aplikasi trading saham OJK yang pertama dan sangat direkomendasikan adalah stockbit yang dimana bermula dari forum diskusi investor. Forum tersebut semakin lama semakin berkembang dan cukup besar hingga mengakibatkan pasar modal terpengaruh.

Selain itu aplikasi ini juga mulai merambah ke arah kerjasama dengan perusahaan terkait yaitu PT Sinarmas Sekuritas sehingga keamanannya terjamin. Kemudian Stockbit sendiri sudah bisa diakses, diunduh serta dipasang di HP Android melalui Google Playstore atau App Store.

Kelebihan yang dapat dilakukan sebagai aplikasi trading saham adalah bisa simulasi transaksi saham dengan mudah. Selain itu adanya fitur belajar mengenai investasi saham hingga terdapat forum bagi pemula untuk menganalisis diskusi investor dengan trader.

2. IPOT

Aplikasi yang selanjutnya dan tak kalah menarik adalah IPOT yang merupakan singkatan dari Indo Premier Online Technology. Kemudian aplikasi tersebut berasal dari Indo Premier Sekuritas ini memiliki keunggulan berupa tidak adanya minimal untuk melakukan deposit.

Hal tersebut sangat menguntungkan bagi para investor yang memiliki modal kecil baik fee jual maupun beli saham per transaksi. Fee jual saham dipatok sebesar 0,29 persen dan beli sahamnya dibayar dengan harga 0,19 persen.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh IPOT sendiri adalah adanya fitur yang berupa Robo Trading untuk melakukan automatisasi jual beli saham. Selain itu adanya Fund Evaluator yang berfungsi untuk membantu investasi pertama pada reksadana.

Selain dua fitur tersebut juga terdapat fitur-fitur lainnya berupa Charting Stock dan Fund yang sangat membantu para penggunanya. Apalagi IPOT juga memiliki fitur yang informatif kepada para penggunanya berupa artikel yang berisi berita dan riset terkini.

3. Bibit

Rekomendasi yang selanjutnya adalah aplikasi Bibit yang berasal dari PT. Bibit Tumbuh Bersama yang dapat dibeli dalam bentuk reksadana. Selain berupa saham, aplikasi bibit juga menawarkan dalam bentuk reksadana berupa obligasi serta pasar uang terjamin keamanannya.

Otomatisasi yang dilakukan oleh aplikasi bibit adalah rekomendasi kepada pengguna dalam berinvestasi sesuai dengan umur, penghasilan hingga resiko dan target. Terakhir bibit sendiri memiliki nilai minimal untuk investasi sebesar Rp10.000 dan bisa bertransaksi dengan e-wallet.

4. Bareksa

Aplikasi yang menjadi marketplace yang dapat melakukan investasi dan finansial secara terintegrasi yang pertama kali di indonesia adalah Bareksa. Apalagi dijadikan sebagai salah satu mitra distribusi yang terpercaya oleh Kementerian Keuangan untuk menjual SBN secara online.

Kelebihan aplikasi Bareksa yang sudah terdaftar resmi di OJK adalah registrasi bisa dilakukan secara online serta tersedia varias metode pembayaran. Terdapat pula lebih dari 150 produk reksadana yang disediakan oleh Bareksa dengan 50 manajer investasi agar mudah dan cepat.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Bareksa adalah terdapat fitur Robo Advisor dengan AI sebagai konsultan atau diskusi keuangan pada Bareksa Community. Selain itu di dalam aplikasi tersebut tersedia artikel berita terkait dengan pasar saham secara up to date dan terkini.

5. Motion Trade

Aplikasi trading saham OJK yang dapat dijadikan rekomendasi bagi para pemula adalah Motion Trade yang dulunya bernama MNC Trade New. Sebagai aplikasi yang berasal dari MNC Sekuritas memiliki kelebihan berupa dapat diunduh pada mobile, smartwatch hingga desktop serta Mac.

Hal yang perlu diperhatikan pada aplikasi ini adalah nilai investasi saham awal sebesar 100 ribu saat awal pembukaan rekening. Setelah itu untuk dapat melakukan transaksi saham maka perlu diketahui fee jual dan beli dengan masing-masing sebesar 0,28% dan 0,18%.

Masih banyak lagi yang perlu dijelaskan terkait dengan aplikasi trading saham yang resmi dan sudah terawasi oleh OJK. Aplikasi yang belum disebutkan seperti Ajaib sudah lama berdiri sejak 1989. Peluang yang diberikan akses untuk melakukan investasi hingga ke pasar saham AS.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui saat melakukan investasi pada aplikasi trading saham OJK dari mulai prosedur hingga jenis aplikasinya. Namun yang harus diperhatikan adalah bagaimana caranya supaya dalam menentukan aplikasi tidak salah kaprah dan merugikan.

Oleh karenanya pintar-pintar dalam mengambil keputusan untuk menentukan aplikasi apa yang dapat digunakan agar mendapatkan keuntungan. Jangan terpengaruh dengan iming-iming keuntungan maka perlu melihat kredibilitas aplikasi agar selamat dari modus kejahatan cyber.

Hal ini dikarenakan bahwa aplikasi-aplikasi yang tersedia untuk trading saham sangat banyak dan membuat tertipu pengguna. Sehingga perlu diwaspadai mengenai kelayakan aplikasi yang ada dengan melihat terawasinya oleh OJK.