free page hit counter

5 Ide Bisnis Digital Tahun 2021 yang Masih Jadi Primadona

Artikel diperbarui pada 8 April 2021.

Semakin majunya era Internet membuat pelaku usaha harus bisa menemukan berbagai ide baru untuk menyambut era bisnis digital. Berikut ini adalah 5 ide bisnis yang bisa berkembang di jaman digital dan terbukti mampu bertahan di era pandemi.

Ide Bisnis Tahan Lama
Ide bisnis ini masih jadi primadona karena banyaknya kebutuhan dan terbukti tahan pandemi. | goodscoop.id

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sepadan dengan keberhasilan dunia dalam modernisasi. Buktinya, banyak bisnis digital yang semakin berkembang saat ini, terutama di bidang IT.

Semuanya berangkat dari ide bisnis yang kemudian merajai dunia digital, terutama dengan semakin berkembangnya internet.

Kecepatan praktisi teknologi informasi dalam menyediakan layanan untuk memudahkan kebutuhan masyarakat pun membuat permintaan meningkat.

Apalagi jika mengingat sepanjang tahun 2020, pandemi membuat hampir seluruh kegiatan luar ruangan lumpuh. Terpaksa, masyarakat melakukan aktivitas apapun di rumah, mulai dari bekerja, belajar, sampai belanja.

Bahkan, kelulusan universitas pun dilaksanakan secara online seiring dengan pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dilakukan pemerintah pada sejumlah daerah di Indonesia.

Karena alasan inilah merintis usaha digital yang bisa dikerjakan dimana saja salah satu hal yang patut kamu pertimbangkan.

Mungkin, gaya hidup nomaden yang biasa disebut orang-orang sebagai digital nomad ternyata cocok buat kamu.

So, di bawah ini ada beberapa pembahasan peluang dan ide bisnis digital yang sudah terbukti mampu bertahan menghadapi pandemi, dan malah semakin meroket di tahun 2021.

Tak pelak lagi, bisnis-bisnis di bawah ini cukup menjanjikan jika digeluti sungguh-sungguh karena potensinya yang masih besar untuk beberapa puluh tahun ke depan, selama teknologi masih ada.

Lihat pembahasannya yuk!

Baca Juga: 25+ Peluang Usaha 2021 yang Gurih & Bisa Kamu Mulai Segera

Bisnis Toko Online Nggak Ada Matinya di Era Digital Ini

Binis-Toko-Online
Bisnis toko online. | FREEPIK

Toko online akan terus ada selama masyarakat masih menggunakan media sosial dan internet. Artinya, bisnis ini tidak akan basi setidaknya sampai teknologi berkembang pesat dan manusia tinggal di mars.

Toko online adalah marketplace yang bisa kamu akses dengan membuat website atau platform online shop sebagai sarana transaksi pembelian produk secara online

Karena potensi bisnis e-commerce yang besar di Indonesia dan seluruh dunia, jualan online termasuk salah satu ide bisnis digital terbaik yang bisa kamu mulai di tahun 2021. Biaya membangun toko online lebih murah. Cukup dengan Rp 5.000.000, kamu sudah punya toko untuk jualan selama satu tahun!

Yap, buka toko online menggunakan website memang butuh modal. Kalau modal kamu tipis atau bahkan modal dengkul (seperti saya dulu, hehehe…) mulailah jualan online di marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, atau bahkan eBay, Amazon, dan Etsy.

Kalau kamu ingin jualan yang perputaran uangnya lebih cepat, jualan online saja di media sosial. Segera setelah kamu posting jualan, akan ada orang yang beli, tanya, atau minimal, memberi komentar.

Masih belum punya produk untuk dijual? Jangan khawatir!

Jual saja produk orang lain dengan jadi reseller.

Baca Juga: 11 Ide Bisnis Online Mantap Tahun Ini (Updated 2021)

Jadi Reseller Masih Membuka Peluang Cuan

Bisnis-Dropshipping
Reseller. | FREEPIK

Keunggulan sistem dropshipping adalah kamu sebagai penjual tidak perlu memikirkan produksi, penyediaan gudang, atau pengiriman barang.

Kamu hanya menjual sesuatu yang disediakan produsen kepada kamu sebagai dropship, dan keuntungan kamu berasal dari selisih uang yang kamu terima dari pembeli dengan jumlah uang yang dibayarkan kepada produsen barang.

Dropship berbeda dengan afiliasi.

Di bisnis afiliasi, tugas kamu adalah menjadi seorang marketing yang menawarkan suatu produk. Sedangkan di bisnis dropship, kamu menjual barang tersebut tapi kamu tidak memiliki barang tersebut namun sudah menerima uang dari pembeli.

Ada perbedaan pendapat ulama mengenai halal haram dropshipping. Salah satu yang mengharamkan sistem dropshipping adalah Ustadz Erwandi Tarmidzi.

Alasannya, karena dropshipper (pelaku dropshipping) menjual barang yang belum jadi miliknya dan tidak bisa menjamin kehadiran barang tersebut meskipun uang sudah diterima.

Baca Juga: Jualan Mukena Bisa Cuan Lebar, Ini Caranya

Reseller produk berarti kamu sudah memiliki stok sendiri di mana kamu mengelola persediaan barang sehingga bisa menjamin keberadaan barang yang dibeli oleh pelanggan.

Selain itu, jadi reseller hukumnya halal karena kamu sudah membeli barang lebih dulu dari supplier atau distributor. Memang modal jadi reseller cukup besar. Kalau kamu belum punya modal untuk mulai bisnis reseller, coba cek skill kamu.

Mungkin kamu bisa nulis konten digital?

Baca Juga: Ide Bisnis Rumahan Kuliner: Ini Analisa dan Perkiraan Modalnya

Menulis Konten Digital, Jasa Digital Paling Dicari

Bisnis-Jasa-Tulis-Konten
Bisnis jasa tulis konten. | FREEPIK

Kamu yang punya skill keahlian menulis, bersyukurlah. Era internet membuat penulis kebanjiran order!

Ide bisnis satu ini paling cocok di era digital karena semua orang mau tak mau harus membaca.

Konten digital saat ini bisa menghasilkan uang fantastis, terutama penulis konten berkualitas.

Banyak sekali website yang bersedia membayar kamu untuk sebuah tulisan berkualitas, riset mendatam, dan enak dibaca.

Selain website atau blog milik orang Indonesia (atau bahkan milik bule), kamu bisa menulis di platform kepenulisan yang menyediakan layanan berbayar.

Baca Juga: Ingin Buka Jasa Tulis? Ini 3 Hal yang Harus Kamu Perhatikan

Di level global, yang menerima tulisan berkualitas dengan menggunakan bahasa Inggris adalah Writers Weekly. Di Indonesia, KBM App cukup populer di kalangan penulis.

Tapi, lihat lagi persona pengguna masing-masing platform.

Di KBM App misalnya, kebanyakan pengguna adalah ibu rumah tangga yang menyukai kisah roman rumah tangga, kisah Islami, dan kisah-kisah inspiratif tentang kehidupan sehari-hari lainnya.

Tentunya kisah fantasi kurang cocok dipromosikan di KBM.

Selain itu, kamu bisa menulis untuk diri sendiri dengan membuat blog. Ketika blog kamu memiliki pengunjung cukup banyak, kamu bisa mulai mendapat uang.

Caranya dengan content marketing, pasang iklan, atau bahkan menerima permintaan menulis untuk blog lain.

Baca Juga: 5 Komunitas Bisnis di Indonesia Paling Mantap Buat Belajar

Konsultan SEO, Ide Bisnis Digital Paling Gurih

Ide-Bisnis-SEO
SEO. | FREEPIK

Search Engine Optimization (SEO) merupakan metode untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari seperti Google dan Bing.

Konsultan adalah seseorang yang membantu pelanggan dalam mempelajari sistem SEO tersebut agar paham mengenai apa yang ingin kamu raih dengan mesin pencari.

Bagi website bisnis, peran SEO sangat penting. Hampir jadi jantung utama jualan online.

Alasan utamanya, hampir setiap orang mengandalkan mesin pencari sebelum membeli suatu produk. Selain itu, SEO juga efektif untuk mendatangkan pengunjung website tanpa mengeluarkan biaya iklan.

Karena alasan inilah, jasa SEO jadi ide bisnis digital paling gurih tahun ini.

Sayangnya, teknik SEO lumayan perlu waktu untuk memahami learning curve dan mencari praktek-praktek SEO terbaik.

Kalau kamu tertarik di dunia marketing, kamu bisa menawarkan layanan sebagai konsultan SEO untuk membantu website klien merajai mesin pencari.

Baca Juga: 5 Produk yang Bisa Kamu Jual Langsung dari Rumah

Walaupun konsultan SEO di Indonesia sudah cukup banyak, peluang bisnisnya hingga saat ini masih terbuka lebar. Alasannya, karena setiap orang punya cara dan metode masing-masing dalam menerapkan teknik SEO.

Tidak ada ilmu pasti dalam teknik ini. Hanya sedikit panduan di sana sini, lalu sisanya praktek dan jam terbang.

Kalau kamu bisa menyediakan banyak studi kasus berkaitan tentang SEO dan membuktikkan metode kamu lebih efektif dibanding jasa konsultan SEO lain, maka saya jamin, kamu pasti bakal diburu banyak orang!

Baca Juga: Bisnis Wedding Organizer Islami: Ini Panduan Syari yang Perlu Diperhatikan

Membuka Jasa Pembuatan Website

Jasa Buat Website
Jasa buat website. | ODUA – FREEPIK

Jika kamu seorang Web Developer dan bisa menciptakan website yang responsif, mudah digunakan, dan menarik, pilih jasa satu ini.

Bisnis satu ini termasuk potensial sebab kebutuhan website semakin meningkat dari tahun ke tahun. Baik website untuk instansi pemerintah, perusahaan, individu, toko online, maupun organisasi.

Baca Juga: Ide Bisnis Mahasiswa: Ini 5 Usaha Buat Kamu yang Masih Kuliah

Memang, banyak cara membuat website dengan mudah, tetapi untuk kustomisasi yang lebih rumit, diperlukan keahlian pemrograman tingkat lanjut yang hanya dimiliki oleh seorang Web Developer.

Selain potensial, ide bisnis digital ini memungkinkan kamu bekerja dari rumah atau dari tempat manapun yang disukai dengan efisien efektif.

Kalau kamu belum punya skill web programming, kamu masih bisa belajar. Ada berbagai platform penyedia kursus online untuk belajar pemrograman.

Nah, setelah kamu merintis bisnis digital dari beberapa ide di atas, mulailah berinvestasi untuk menyiapkan dana darurat. Kalau bicara soal investasi digital, kamu bisa coba membangun aset digital yang berkaitan dengan bisnis yang kamu geluti.

Baca Juga: Kekurangan & Kelebihan Bisnis Frozen Food: Kamu Harus Tahu

Tinggalkan Balasan