free page hit counter
aplikasi administrasi desa terbaik

6 Aplikasi Administrasi Desa Terbaik yang Pernah Ada

Artikel diperbarui pada 18 September 2022.

Pencatatan administrasi untuk sebuah desa juga sangat diperlukan demi berbagai keperluan. Tapi terkadang sejumlah desa telah memanfaatkan teknologi dalam pencatatan administrasi ini sehingga tidak lagi diperlukan tenaga manusia yang terforsir banyak. Sehingga banyak yang bertanya apa aplikasi administrasi desa terbaik.

Sejumlah aplikasi juga menjadi pilihan banyak orang. Terlebih lagi hal ini akan membuat sebuah data menjadi lebih akurat untuk segi kualitas dan efektivitas dalam peningkatan pelayanan. Sekaligus pencatatan dalam hal pelayanan masyarakat di suatu desa mencari lebih tepat dan lebih rapi.

Serta saat ini telah terdapat sejumlah software aplikasi untuk pencatatan ini secara gratis. Pastinya juga begitu mudah untuk dilakukan bahkan untuk pemula yang baru mencoba dalam hal tersebut. Maka dari itu simak berbagai rekomendasi selengkapnya seperti berikut:

Aplikasi Administrasi Desa

Pembahasan pertama tentu saja berkaitan apa saja sejumah aplikasi administrasi untuk desa. Mengingat banyak aplikasi yang bertebaran di sejumlah situs. Namun belum tentu semua bisa digunakan agar efektif.

1. Panduk

Aplikasi administrasi desa terbaik urutan pertama ada sebuah software dengan nama panduk. Juga telah begitu banyak digunakan oleh berbagai kalangan dikarenakan lebih simple dan mudah. Serta juga memiliki manfaat dalam hal memonitor berbagai data kependudukan yang bisa disusun secara sistematis.

Nyatanya keberadaan dari aplikasi bernama Pandu ini mampu menampilkan rincian data kependudukan. Bisa digunakan untuk pengecekan identitas pada KTP hingga juga kartu keluarga. Bahkan untuk mengurus terkait dengan pelaporan dari anggota keluarga sekaligus desa bisa diurus dengan bantuan software tersebut.

2. Simdesa

Berikutnya aplikasi administrasi desa terbaik bernama Simdesa yang berfungsi dalam pemberdayaan masyarakat dan juga pemerintahan desa. Tapi dengan bantuan instansi atau dinas terkait. Nantinya juga tersedia sebuah fitur untuk ruang komunikasi dengan pengguna sistem sehingga akan lebih transparan ketika mengalami permasalahan.

Dilengkapi juga dengan keberadaan sebuah fitur manajemen berita. Masyarakat bisa mengurus surat menyurat yang diperlukan, berbagai data yang telah disimpan bisa langsung update setiap waktu. Juga tidak mudah hilang sekaligus mampu menampilkan sejumlah grafik monografi dalam hal penunjang informasi secara gratis.

3. Siskeudes

Rekomendasi aplikasi administrasi desa terbaik berikutnya siskeudes. Termasuk dalam suatu sistem yang berhubungan dengan keuangan desa untuk meningkatkan mutu dalam hal administrasi keuangan. Menariknya aplikasi tersebut bersifat terbuka untuk pencatatan berbagai sumber keuangan dari sebuah pemerintah yang ada di tingkat desa.

Sementara untuk berbagai pengaturannya juga bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dari masing-masing penggunanya. Terlebih lagi dalam sistem tersebut juga telah dilengkapi dengan adanya pengendalian internal dan selalu diperbaharui. Sekaligus juga aplikasi ini didesain untuk dapat mengelola berbagai APBD dana desa.

4. Sipede 

Aplikasi administrasi desa terbaik selanjutnya bernama sipede, bisa mengatur begitu banyak bidang. Tentunya jika dibandingkan data manual, menggunakan software lebih cepat terutama dalam hal pengecekan dan untuk analisis sebuah data yang ada. Sekaligus juga memiliki fungsi dalam memperkuat sistem pemerintahan.

Sementara untuk penggunaannya sendiri masyarakat hanya diminta untuk mengisi sejumlah formulir baru. Kemudian untuk langsung mendatangi kantor untuk keperluan di tahap selanjutnya. Jadi dengan kata lain keberadaan dari berbagai aplikasi ini pasti akan lebih membantu sejumlah keperluan urusan pemerintahan.

5. Sipades 

Berikutnya sebagai aplikasi administrasi desa terbaik bernama sipades. Secara umum aplikasi tersebut memiliki fungsi dalam hal pengelolaan berbagai aset yang terdapat dalam sebuah desa, misalnya berkaitan pengadaan laporan,penyajian. Menariknya berbagai pengelolaan atas pencatatan aset ini dilakukan secara transparan juga akuntabel.

  • Dalam hal penggunaannya sendiri sangatlah mudah dan begitu sederhana. Apalagi memanfaatkan sistem desktop base tanpa perlu koneksi internet.
  • Jadi tidak masalah jika terjadinya gangguan sinyal karena hal ini tidak akan mempengaruhi data yang sedang dikerjakan.
  • Sehingga sangat direkomendasikan untuk pemula dalam hal perangkat desa untuk bisa langsung terkoneksi dengan data pemerintahan yang berada di pusat.

6. Digides 

Berikutnya juga ada suatu administrasi desa lewat aplikasi bernama digides. Sangat bermanfaat bila dipakai terkhusus dalam pencatatan administrasi kependudukan untuk tingkat desa. Sekaligus juga bisa untuk merencanakan dan membuat laporan terkait dengan berbagai hal tersebut dengan berbagai fitur unggulannya.

Menariknya lagi aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan dalam pengelolaan anggaran sekaligus juga aplikasi dalam pelayanan desa. Serta juga biasa dipakai dalam hal surat-menyurat yang dibutuhkan dalam suatu instansi. Khususnya pada tingkat desa serta pastinya masih banyak fitur lain.

Manfaat Aplikasi Administrasi Desa

Kemudian juga akan dijelaskan secara singkat terkait dengan manfaat yang bisa dirasakan dari keberadaan aplikasi dari administrasi desa terbaik. Tentunya untuk hal tersebut sudah dirasakan langsung manfaatnya oleh berbagai kalangan. Terutama petugas setempat terutama dalam hal meringankan pekerjaan.

Karena nyatanya berbagai aplikasi yang ada sengaja dibuat atau diciptakan untuk memudahkan manusia. Terkhususnya untuk mempersingkat waktu dan membuat seseorang tidak lagi ribet jika harus menggunakan cara manual. Apalagi cara manual pasti lagi membutuhkan konsentrasi juga berbagai kesulitan lainnya.

1. Efektif dan Cepat

Manfaat pertama dari keberadaan sejumlah aplikasi ini adalah waktu yang lebih efektif. Sekaligus juga merasa jauh lebih cepat karena berbagai dokumen bisa diselenggarakan secara singkat dalam tempo yang bersamaan. Dengan hal tersebut tidak perlu menunggu lama dokumen bisa langsung diselesaikan.

Jadi tidak akan ada sistem antri atau harus menunggu beberapa hari. Hingga pencatatan dan laporan ini selesai dibuat oleh seorang petugas. Karena dengan bantuan aplikasi bisa langsung dengan hitungan menit saja dokumen yang diperlukan bisa segera diselesaikan.

2. Jauh Lebih Hemat

Manfaat berikut yang bisa dirasakan terkait dengan aplikasi ini adalah dari segi biaya. Karena membeli software cukup satu kali saja sementara jika cara manual pastinya akan lebih membutuhkan kertas. Juga peralatan menulis, tentu biaya yang dikeluarkan pun akan jauh lebih banyak.

Dengan bantuan aplikasi ini juga berarti anggaran yang sebelumnya dipakai untuk membeli berbagai peralatan bisa dialihfungsikan. Contohnya saja untuk perawatan komputer atau juga aplikasi itu sendiri. Atau juga bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang dirasa jauh lebih penting.

2. Data Lebih Akurat

Tidak ditutupi, memang penggunaan mesin atau aplikasi bisa menjamin sebuah data jadi lebih akurat. Karena minim kesalahan jika dikerjakan oleh sistem, berbeda terbalik jika dikerjakan oleh manusia. Karena mungkin saja ada kesalahan pencatatan dan lainnya yang malah berakibat fatal.

Sehingga dengan penggunaan mesin ini akan lebih memudahkan dari berbagai aspek. Kinerja mesin telah terbukti lebih baik. Namun tentu tetap butuh manusia sebagai operatornya.

Demikianlah berbagai rekomendasi berkaitan dengan aplikasi administrasi desa terbaik. Jadi beberapa rekomendasi yang telah diberikan ini pastinya terbukti dan juga banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Terutama khususnya untuk sejumlah kantor desa di berbagai wilayah.

Ditambah lagi beberapa aplikasi memiliki fitur unggulan atau juga spesifikasi khusus. Sehingga berbagai dokumen yang butuh tenaga ekstra bisa dikerjakan secara mudah. Sekaligus juga beberapa sistem bisa dipakai atau digunakan gratis.

Lewat berbagai fitur yang tersedia sederhana maka bisa mudah dimengerti. Jadi bagi pengguna yang baru memakai aplikasi ini. Juga tidak akan kesulitan karena semuanya bisa langsung dicoba dengan.