free page hit counter
aplikasi trading saham syariah

8 Aplikasi Trading Saham Syariah, Cocok Untuk Trading Syariah

Artikel diperbarui pada 17 September 2022.

Aplikasi saham syariah atau dikenal Shariah Online Trading System merupakan jenis transaksi saham online berkonsep syariah di pasar modal. Setidaknya, terdapat 8 aplikasi trading saham syariah yang patut diketahui terutama bagi masyarakat yang tertarik pada bisnis ini.

Sistem saham ini cukup banyak diminati sebab masyarakat tidak lagi khawatir adanya riba. Aplikasi saham berbasis syariah pun memiliki keunggulan lain yaitu bebas biaya transaksi dan dijamin aman dalam penggunaannya.

Saham-saham serta fitur yang terdapat pada aplikasi saham syariah ini di bawah pengawasan DSN MUI. Maka penanaman modalnya pun sudah terjamin aman. Simak ulasan mengenai 8 aplikasi trading saham syariah di bawah ini:

1. IPOD

IPOD merupakan salah satu aplikasi trading saham syariah. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para profesional serta pemula yang baru saja terjun dalam bidang ini. Selain memfasilitasi jual beli saham, ternyata IPOD pun menyediakan menu edukasi saham.

Tidak hanya itu, IPOD juga memberi kesempatan pengguna untuk dapat melakukan personal chat dengan pengguna lain. Tentu saja dengan adanya ini, seorang pemula dapat mudah berinteraksi bahkan menggali informasi ke sumber-sumber yang sudah professional.

Aplikasi IPOD dapat diunduh gratis pada PlayStore maupun Appstore. Hal ini sedikitnya mengurangi beban pengguna yang biasanya protes sebab harus mengeluarkan dana. Biaya transaksi serta withdrawal nya pun cukup terjangkau. Dengan banyaknya keuntungan yang dimilikinya, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan.

2. MOST (Mandiri Online Securities Trade)

Seiring waktu berjalan, investasi saham mulai berbasis aplikasi. Selain saham konvensional, ada pula saham dengan konsep syariah. Satu dari 8 aplikasi trading saham syariah adalah MOST (Mandiri Online Securities Trade), milik PT Mandiri Sekuritas.

Mandiri Online Securities Trade, aplikasi saham berbasis syariah yang dapat digunakan oleh perseorangan sekalipun. MOST dikembangkan dengan konsep syariah, karena itulah sangat tepat digunakan di negara yang mayoritas beragama Islam termasuk Indonesia.

Sebelum mengakses aplikasi ini, calon pengguna diharuskan mendaftarkan diri lewat website resmi MOST itu sendiri. Setelah terdaftar, pengguna dapat langsung log in pada aplikasi untuk kemudian mengakses fitur-fitur di dalamnya. Aplikasi MOST menyediakan fitur lain seperti analisis ahli.

3. POEMS

Selanjutnya, ada aplikasi POEMS yang dikenal dengan reksadana syariah terkemuka. POEMS sudah terdaftar resmi di OJK. Selain itu, aplikasi POEMS sudah mendapat lisensi syariah dari lembaga MUI.

Beberapa keuntungan yang didapat dari aplikasi POEMS yaitu, investasi awal hanya Rp50.000,-, adanya fitur cerdas investor, didukung chart professional serta terdapat dua akun dalam satu platform. Keuntungan tersebut menjadikan POEMS sangat layak digunakan oleh pemula sampai profesional.

Selain yang telah disebutkan di atas, keunikan lain dari POEMS adalah, menyediakan ruang komunitas trading pada Telegram. Dengan ini, antar pengguna dapat saling berkomunikasi serta sharing pengalaman mengenai perdagangan saham syariah. Menarik, bukan?

4. Hissa

Yang keempat, aplikasi saham syariah bernama Hissa. Aplikasi yang dikembangkan PT. Syariah Saham Indonesia dimana perusahaan tersebut dikhususkan untuk membuka perdagangan saham berkonsep Syariah.

Fitur yang disediakan aplikasi Hissa terbilang cukup lengkap. Edukasi saham syariah, pasar saham real time, rekomendasi saham syariah terbaik pun disediakan di sana. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa Hissa mengemas brandingnya dengan sangat baik.

Selain menyediakan konsep syariah di dalamnya, aplikasi Hissa dikemas sebaik mungkin sebagai aplikasi jual beli saham. Tidak perlu khawatir mengenai keamanan serta legalitas dari aplikasi Hissa, sebab sudah diawasi OJK dan mendapatkan lisensi syariah, tentunya dari lembaga keagamaan.

5. MNC Motion Trade

Aplikasi MNC Motion Trade adalah trading saham berbasis syariah yang terbilang paling mudah dari aplikasi lain. Pengguna dapat mempelajari konsep saham syariah secara online, copy trade dari pakar trading, serta follow trader syariah yang sukses.

Dengan sekian banyak keuntungan yang didapat, pengguna masih tetap diuntungkan sebab prosesnya tidak rumit. Penggunaan MNC Motion Trade sangat fleksibel, minimum depositnya hanya di angka Rp50.000,- serta mendapat withdrawal selama 24 jam.

Hal inilah yang menjadikan MNC Motion Trade digemari banyak orang sebagai aplikasi trading saham berbasis syariah. MNC Motion Trade hadir untuk memastikan investasi saham berjalan mudah meskipun dengan biaya terjangkau.

6. Maybank Trade

Selanjutnya, Maybank Trade. Platform Maybank Trade sudah terkenal apalagi bagi seseorang yang sudah banyak berpetualang di dunia trading saham. Aplikasi trading saham ini sudah berkonsep syariah meskipun belum dilegalisasi lembaga syariah.

Maybank Trade ini sudah bertaraf internasional, sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk bertransaksi dari luar negeri sekalipun. Oleh sebab itulah banyak saham yang bisa dipilih yang tentu saja lebih menguntungkan.

Untuk dapat mengakses aplikasi ini, pengguna harus mengconvert mata uang rupiah untuk kemudian dijadikan dollar. Sebab, transaksi-transaksi pada Maybank memakai dollar AS. Namun, kendati demikian, tidak perlu khawatir. Maybank sudah menyediakan fitur convert untuk memudahkan pengguna melewati proses ini.

7. D’One Syariah

PT Danareksa Sekuritas, anak perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) (BBRI) telah membuka sistem transaksi saham dengan konsep syariah. Ia dinamai Danareksa Online Sharia Online Trading System atau disingkat menjadi D’ONE SOTS.

Produk ini diluncurkan sebab manajer perusahaan mengklaim bahwa produk ini akan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Di mana mereka mayoritas beragama Islam. Dalam hal ini, komoditas investasi berbasis syariah berpotensi sangat menjanjikan.

Selain perdagangan saham, D’One Syariah pun menawarkan fitur lain seperti obligasi, emas, reksadana syariah, dan lain sebagainya. Dengan banyaknya fitur ini, pengguna tidak hanya bermain trade saham saja mengakses instrument trade berbasis syariah lainnya juga.

8. RHB Trade Smart Syariah ID

Aplikasi terakhir dalam pembahasan ini yaitu RHB Trade Smart Syariah ID. Perusahaan RHB Sekuritas Indonesia ini merupakan salah satu perusahaan yang menjalankan transaksi jual beli surat berharga. RHB TradeSmart ID memudahkan penggunanya dalam melakukan trading sebab bisa dilakukan lewat ponsel.

Kendati perusahaan ini berada di naungan perusahaan perdagangan saham konvensional, RHB Trade Smart Syariah ID dipisahkan dari perusahaan utama. Dengan ini, seluruh transaksi yang dilakukan di dalamnya dijamin menggunakan syariah Islam.

Selain itu, RHB Trade Smart Syariah ID sendiri sudah resmi diawasi oleh OJK serta mendapatkan lisensi syariah dari MUI. Jadi, semua transaksi dalam aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, sebab keamanan dan legalitasnya dipastikan aman dan terjamin.

Aplikasi saham berbasis syariah saat ini memang sedang populer di berbagai lapisan masyarakat. Termasuk 8 aplikasi trading saham syariah sebagaimana dijelaskan di atas yang terjamin keamanan serta legalitasnya. Lebih dari itu, konsep perdagangan ini pas untuk negara yang mayoritas masyarakatnya adalah muslim.

Setiap aplikasi tak terkecuali aplikasi trading, tentu memiliki kelebihan juga kekurangannya masing-masing. Sebab, aplikasi adalah buatan manusia yang tentu saja tidak akan sempurna. Maka, diperlukan sikap bijak dari calon pengguna platform ini ketika hendak memilih aplikasi mana yang akan digunakan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa aplikasi trading saham syariah. Alangkah baiknya siapa pun yang hendak mengakses platform ini mengenal lebih dalam dahulu agar meminimalisir kesalahan pengambilan langkah.